Buku Panduan Guru Kurikulum Merdeka PAUD Pengembangan Pembelajaran

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Buku Panduan Guru Kurikulum Merdeka PAUD Pengembangan Pembelajaran. Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran untuk Satuan PAUD menyajikan kerangka dasar kurikulum dengan paradigma pembelajaran baru. Tujuan hadirnya buku ini adalah untuk membantu para pembaca sasaran dalam memahami karakteristik kurikulum dengan paradigma pembelajaran yang baru. Sasaran pembaca utama buku ini adalah para guru/pendidik PAUD. Namun, buku ini juga perlu dibaca dan dipahami oleh para pengelola/kepala sekolah, para penilik/pengawas PAUD, asesor PAUD, para dosen pendidik guru PAUD, dan para mahasiswa calon guru PAUD.

Buku ini merupakan buku pertama dari serangkaian buku panduan guru lain. Sebagai buku pertama, buku ini memuat konsep dan kerangka besar kurikulum dengan paradigma pembelajaran baru yang mendukung konsep-konsep di buku panduan lain. Jika buku ini diibaratkan seperti cetak biru rumah, maka buku lain diibaratkan dari penggambaran detail bagian-bagian rumah tersebut.


Bab 1 Kerangka Pembelajaran Paradigma Baru

A. Bagan Kerangka Kurikulum

B. Prinsip Pembelajaran pada PAUD

C. Prinsip Asesmen

D. Profil Pelajar Pancasila

E. Jam Belajar

F. Kurikulum Operasional Sekolah

G. Hubungan Capaian Pembelajaran (CP) dan Kurikulum Operasional Sekolah

Bab 2 Merancang Pembelajaran Berdasarkan Elemen Capaian Pembelajaran PAUD

A. Mengenal Karakteristik Capaian Pembelajaran (CP)

B. Mengenal Elemen Capaian Pembelajaran (CP)

C. Menerjemahkan Capaian Pembelajaran ke dalam Kurikulum Operasional Sekolah

D. Contoh Rencana Perencanaan Pembelajaran

Bab 3 Pengalaman Belajar yang Bermakna bagi Anak Usia Dini

A. Nilai Filosofis Guru

B. Penataan Lingkungan Belajar

C. Peran Guru sebagai Fasilitator

Bab 4 Asesmen Otentik dalam Pendidikan Anak Usia Dini

A. Asesmen: Apa Itu?

B. Asesmen: Untuk Apa?

Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran untuk Satuan PAUD merupakan salah satu buku dari enam seri buku Panduan Guru. Buku ini merupakan buku induk dari seri Buku Panduan Guru lainnya. Buku ini berisi kerangka dasar pengembangan pembelajaran yang akan mengantar pembaca untuk memahami buku panduan guru seri lainnya. Buku ini digunakan untuk memandu para pembaca sasaran dalam memahami karakteristik kurikulum dengan paradigma pembelajaran yang baru. Sasaran utama buku ini adalah para guru/pendidik PAUD, namun buku ini perlu juga dibaca dan dipahami oleh para pengelola/kepala sekolah, para penilik/pengawas PAUD, asesor PAUD, para dosen pendidik guru PAUD, dan para mahasiswa calon guru PAUD.

Buku ini dirancang untuk mempermudah guru memahami Capaian Pembelajaran yang ada pada kurikulum dengan paradigma pembelajaran yang baru sehingga para guru dapat merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kurikulum tersebut.

Ada apa saja dalam buku ini?

Di dalam buku ini Bapak/ Ibu guru dapat menemukan gambar ikon yang memiliki arti sebagai berikut.

Jika Anda menemukan ikon dengan tanda seperti ini dalam sebuah paragraf atau dialog, maka ikon tersebut menggambarkan kata kunci dari pembahasan paragraph atau dialog yang Anda baca.

Jika Anda menemukan ikon dengan tanda seperti ini dalam sebuah paragraf atau dialog, maka ikon tersebut menggambarkan bahwa paragraf tersebut perlu mendapat perhatian penting. Anda bisa membaca perlahan dan meresapi pelan-pelan supaya dapat memahaminya.

Ikon ini adalah singkatan dari Prinsip Pembelajaran 1.

Jika ada sebuah paragraf atau dialog dengan kode ikon ini, artinya pembahasan dalam paragraf atau dialog tersebut menggambarkan prinsip pembelajaran ke-1.

Prinsip pembelajaran ke- 1 dapat dilihat pada Bab 1.

Selain Pb1, Anda dapat menemukan ikon dengan kode Pb2, Pb3, Pb4, dan Pb5. Jika ada sebuah paragraf atau dialog dengan kode ikon ini (Pbx), artinya pembahasan dalam paragraf atau dialog tersebut menggambarkan prinsip pembelajaran ke-x.

Ikon ini adalah singkatan dari Prinsip Asesmen 1.

Jika ada sebuah paragraf atau dialog dengan kode ikon ini, artinya pembahasan dalam paragraf atau dialog tersebut menggambarkan prinsip asesmen ke-1. Prinsip asesmen ke-1 dapat dilihat di Bab 1.

Selain As1, Anda dapat menemukan ikon dengan kode As2, As3, As4, dan As5. Jika ada sebuah paragraf atau dialog dengan kode ikon ini (Asx), artinya pembahasan dalam paragraf atau dialog tersebut menggambarkan prinsip asesmen ke-x.

Buku panduan ini ditulis dengan menggunakan pendekatan dialog. Anda akan menemukan dialog antara Bu Aruna dan Bu Odi di sepanjang Bab 1 hingga Bab 4. Dialog ini digunakan untuk mengawali sebuah bab, mengklarifikasi konsep-konsep sulit yang dibahas pada paragraf sebelumnya, memberi ilustrasi sebuah konsep yang dibahas, dan menutup sebuah bab.


0 Response to "Buku Panduan Guru Kurikulum Merdeka PAUD Pengembangan Pembelajaran"

Post a Comment