Buku Guru Kurikulum Merdeka SMA/SMK Kelas 10 Materi Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Buku Guru Kurikulum Merdeka SMA/SMK Kelas X Materi Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti. Pendidikan dengan paradigma baru merupakan suatu keniscayaan dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. Salah satu upaya untuk mengimplementasikannya adalah dengan menghadirkan bahan ajar yang mampu menjawab tantangan tersebut.

Hadirnya Buku Teks Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti ini sebagai salah satu bahan ajar diharapkan memberikan warna baru dalam pembelajaran di sekolah. Desain pembelajaran yang mengacu pada kecakapan abad ke-21 dalam buku ini dapat dimanfaatkan oleh para pendidik untuk mengembangkan seluruh potensi peserta didik dalam menyelesaikan capaian pembelajarannya secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

Di samping itu, elaborasi dengan semangat Merdeka Belajar dan Profil Pelajar Pancasila sebagai bintang penuntun pembelajaran yang disajikan dalam buku ini akan mendukung pengembangan sikap dan karakter peserta didik yang memiliki sraddha dan bhakti (bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia), berkebhinnekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri. Ini tentu sejalan dengan visi Kementerian Agama yaitu: Kementerian Agama yang professional dan andal dalam membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas dan unggul untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong-royong.



Selanjutnya muatan Weda, Tattwa/Sraddha, Susila, Acara, dan Sejarah Agama Hindu dalam buku ini akan mengarahkan peserta didik menjadi pribadi yang baik, berbakti kepada Hyang Widhi Wasa, mencintai sesama ciptaan Tuhan, serta mampu menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai keluhuran Weda dan kearifan local yang diwariskan oleh para leluhurnya.

Bab 1 Dharmaśastra Sebagai Sumber Hukum Hindu

Bab 2 Ajaran Punarbhawa Sebagai Wahana Memperbaiki Kualitas Diri

Bab 3 Catur Warna dalam Kehidupan Masyarakat

Bab 4 Nilai-Nilai Yajňa dalam Kitab Ramayana

Bab 5 Peninggalan Sejarah Hindu di Asia


0 Response to "Buku Guru Kurikulum Merdeka SMA/SMK Kelas 10 Materi Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti"

Post a Comment