Buku Guru Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD Materi Pelajaran Seni Rupa

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Buku Guru Kurikulum Merdeka Kelas IV SD Materi Pelajaran Seni Rupa. Seni rupa merupakan mata pelajaran yang akan mengajak para peserta didik untuk menjelajahi berbagai kemungkinan teknik dan keterampilan, media/alat yang digunakan serta cerita dan gagasan yang hendak disampaikan. Tujuannya adalah untuk menggali dan mengembangkan potensi dan kualitas para peserta didik baik dalam bidang seni rupa maupun bidang-bidang yang lain.

Jadi, dalam pelajaran seni rupa kita tidak semata mempelajari tentang seni rupa (learning about art) melainkan melihat hubungan bidang-bidang lain dengan seni rupa (learning with art) dan mempelajarinya melalui seni rupa (learning through art). Dengan demikian seni rupa menjadi wahana yang menjembatani seni rupa dengan mata pelajaran yang lain dan menghubungan para perserta didik dengan lingkungan alam serta sosial budaya di sekitar sekolah dan tempat tinggal para peserta didik.



Mengingat fungsi dan tujuannya, seni rupa dipandang sebagai mata pelajaran universal yang membantu mengembangkan berbagai potensi para peserta didik serta meningkatkan kualitas kemanusiaan mereka agar tumbuh sebagai pribadi yang peka terhadap lingkungan alam dan sosial, kreatif dan inovatif dalam mengerjakan suatu hal dan bertanggung jawab terhadap sikap yang dilakukan. Penekanan utama dalam pembelajaran akan terletak pada dimensi praktik yang memperkaya pengalaman di mana para peserta didik akan diajak mengenali dan menjelajahi benda-benda, keluarga dan teman, serta lingkungan alam dan pengetahuan mereka sebagai sumber inspirasi dan bahan mentah untuk menghasilkan “karya seni”.

Dengan demikian, seni rupa bukan semata terdapat di galeri dan museum, melainkan terdapat di manapun kita berada dan dalam keseharian kita. Bunga dan kucing, aritmatika dan buah apel, ayah dan ibu, teman sebangku dan sepatu yang dikenakan, segala sesuatu (benda, alam, manusia dan pengetahuan) merupakan harta karun visual yang dapat digunakan oleh para peserta didik untuk mengembangkan gagasan, keterampilan, pergaulan dan kepribadian yang baik, manusiawi dan bermutu tinggi. Selamat datang di mata pelajaran seni rupa, temukanlah dunia dan jati dirimu di sana.

Unit 1 Menggambar Rumah Tetangga

Unit 2 Daur Ulang Kerajinan dari Plastik

Unit 3 Bereksperimen dengan Tekstur

Unit 4 Membuat Bendera Hias dari Kertas

Unit 5 Seni Dekoratif : Menggambar Taplak Meja dan Teralis

Unit 6 Membuat Stempel dari Kentang dan Ketela

Unit 7 Komik Sederhana Tentang Sahabat dan Keluarga

Unit 8 Menabung Pada Celengan Indah Buatan Sendiri

Unit 9 Membuat dan Menghias Layang-layang

Unit 10 Membuat Shadow Puppet (Wayang) yang Menakjubkan

Unit 11 Menghias Jadwal Pelajaran

Unit 12 Kelas Apresiasi : Bertemu Seniman dan Pengrajin Setempat


0 Response to "Buku Guru Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD Materi Pelajaran Seni Rupa"

Post a Comment