Buku Guru Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA Materi Pelajaran Informatika

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Buku Guru Kurikulum Merdeka Kelas X SMA Materi Pelajaran Informatika. Kurikulum Merdeka merupakan penyederhanaan dari Kurikulum K-13 yang disederhanakandan berfokus pada Capaian Pembelajaran Siswa per Fase, tidak lagi dirumuskan per jenjang (kelas) pendidikan. Dalam konsep capaian pembelajaran per fase ini, sekolah dapat menerapkan alur pembelajaran dan mengatur kegiatan yang sesuai dengan kondisi sekolah agar siswa dapat belajar sesuai dengan tingkatan kemampuannya (teaching at the right level) dalam mencapai capaian minimal.

Mata pelajaran Informatika diharapkan menjadi salah satu mata pelajaran yang berkontribusi pada terwujudnya Profil Pelajar Pancasila, khususnya dalam hal menumbuhkan daya nalar kritis dan kreatif siswa, serta bergotong royong dalam kebhinekaan global di dunia nyata maupun dunia maya.Mata pelajaran Informatika akan dapat menyumbangkan kemampuan berpikir komputasional yang dilandasi oleh logika. Kemampuan berpikir komputasional ini merupakan elemen penting dalam tes PISA untuk literasi, numerasi, dan sains. Melalui kemampuan berpikir komputasional, mata pelajaran Informatika dapat menyumbangkan cara berpikir untuk penyelesaian persoalan secara efektif, efisien dan optimal dalam berbagai bidang kehidupan yang saat ini tak dapat dipisahkan dari pemakaian komputer. 

Selain itu, mata pelajaran Informatika juga menyumbangkan keterampilan berteknologi, khususnya dalam penggunaan perkakas (tools) TIK untuk mendukung analisis dan interpretasi data, serta penyelesaian persoalan. Dengan demikian, mata pelajaran Informatika juga dapat menyumbangkan kemampuan untuk mengambil keputusan secara cepat dan adaptif, agar SDM Indonesia dapat bertahan di dunia yang VUCA (Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous).



Sesuai dengan konsep Kurikulum Merdeka, buku ini disusun mengacu pada capaian pembelajaran Informatika Fase E untuk Kelas X. Diharapkan, siswa SMA terampil berpikir, berkarya dan berteknologi, menjadi computationally literate, sebagai anggota masyarakat dan sekaligus warga digital yang berakhlak baik di dalam masyarakat baik di alam nyata maupun di alam digital. Beberapa prinsip yang perlu dipahami oleh guru pengajar Informatika: (1) Informatika didasari Computational Thinking sebagai landasan berpikir, (2) Informatika bukan hanya TIK, dan TIK bukan hanya penggunaan alat, melainkan menjadikan siswa digital citizen, (3) Informatika terdiri atas konsepdan praktik, yang dikemas dalam unit pembelajaran, (4) Informatika ialah ilmu  yang berinteraksi dengan semua bidang lain, karena pada hakikatnya,tools informatika dibuat untuk memudahkan berbagai bidang kehidupan, membantu menyelesaikan permasalahan kompleks yang timbul pada dunia Industri 4.0 dan Society 5.0, di dunia VUCA, (5) Pembelajaran Informatika mendidik siswa untuk menjadi kreator di alam digital, bukan hanya sebagai pengguna teknologi. Guru perlu untuk memahami semua prinsip tersebut, selain memahami kurikulum Informatika. Komponen utama dalam sebuah sistem pengajaran ialah: kurikulum (capaian pembelajaran), materi (apa yang harus diajarkan), dan aktivitas yang dirancang untuk dijalankan oleh siswa bersama guru. Dalam sebuah konteks yang berpusat ke siswa, aktivitas bukan hanya guru mengajar dan siswa mendengarkan, tetapi perlu dirancang aktivitas-aktivitas yang melibatkan siswa dalam proses belajarsehingga siswa termotivasi dan belajar bermakna.

Buku ini merupakan buku informatika pertama yang diterbitkan. Diharapkan, buku ini dapat memberikan gambaran keserbacukupan elemen pengetahuan dan kedalaman pengetahuan yang sesuai dengan yang diharapkan perancang kurikulum.

Bab 1 Informatika dan Kemampuan Umum

Bab 2 Berpikir Komputasional

Bab 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi

Bab 4 Sistem Komputer

Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet

Bab 6 Analisis Data

Bab 7 Algoritma dan Pemrograman

Bab 8 Dampak Sosial Informatika

Bab 9 Praktika Lintas Bidang


0 Response to "Buku Guru Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA Materi Pelajaran Informatika"

Post a Comment