Buku Siswa Kurikulum Prototipe Materi Sejarah SMK Kelas 10

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Mata pelajaran “Sejarah” dalam buku ini mengkaji manusia dalam ruang dan waktu terutama konteks Indonesia. Selaras dengan ujung dari tujuan Capaian Pembelajaran (CP) Sejarah, pembelajaran sejarah yang berorientasi pada keterampilan berpikir secara alamiah akan mendorong pembentukan manusia merdeka yang memiliki kesadaran sejarah dan selaras dengan Profil Pelajar Pancasila. Pembelajaran yang disajikan dalam buku ini melatih peserta didik memahami karakter ilmu sejarah sekaligus membangun pola pikir dan kecakapan sejarah, utamanya sejarah Indonesia. Buku panduan guru ini merupakan bagian dari Buku Panduan Guru IPS kelas X SMA. Beberapa konten dan rekomendasi pembelajaran telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik SMK.

Sebagai ilmu yang mempelajari peristiwa, manusia dan masyarakat di masa lampau, penyajian sejarah diupayakan menarik dan kontekstual dengan masa kini. Harapannya, peserta didik tertarik belajar sejarah bukan karena keharusan dalam struktur kurikulum melainkan kebutuhan untuk mendapatkan pengetahuan demi kebaikan masa kini dan mendatang. Salah satu pesan yang hendak disampaikan dalam buku ini adalah masa lampau selalu aktual dengan harapan peserta didik antusias belajar dan mendapatkan manfaat belajar sejarah.

Buku guru mata pelajaran Sejarah kelas X menyajikan panduan dan rekomendasi bagi guru untuk memandu pembelajaran. Materi yang disajikan telah disesuaikan dengan konten maupun aktivitas yang terdapat di buku teks siswa. Terdapat dua bagian dari buku guru yaitu bagian awal mengenai petunjuk umum yang menyajikan informasi mengenai berbagai metode dan pendekatan pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru.



Bagian kedua merupakan petunjuk khusus yang memaparkan rekomendasi kegiatan pembelajaran, penilaian dan beberapa aspek lain yang dapat dilakukan oleh guru. Bapak/Ibu guru hendaknya mengembangkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan konteks daerah, sekolah, dan peserta didik. Rekomendasi proyek penelitian sejarah disampaikan di akhir buku yang bertujuan untuk mendorong peserta didik memahami suatu fenomena bersejarah secara komprehensif.

Tujuan dari pendidikan sejarah yang disajikan melalui buku ini, baik ranah kognisi, afeksi dan psikomotorik adalah:

      Menumbuhkembangkan perspektif IPS dalam mengkaji fenomenamanusia, masyarakat dan lingkungan.

      Berkontribusi secara positif menjadi warga negara aktif agar berpikir  dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Buku ini disusun berdasarkan capaian pembelajaran dari kurikulum yang mengusung semangat merdeka belajar dan menekankan aspek kompetensi baik sikap, pengetahuan dan keterampilan yang disampaikan secara terpadu baik melalui materi, aktivitas dan proyek pembelajaran. Kegiatan evaluasi, refleksi dan pertanyaan HOTS (Higher Order Thinking Skill) disajikan terpadu melalui materi, lembar aktivitas, pengayaan, rekomendasi proyek, rekomendasi proyek kolaboratif dan evaluasi. Referensi disajikan ditiap akhir tema dengan tujuan menginformasikan kepada pembaca agar dapat melanjutkan studi dari berbagai referensi. Penjelasan konsep disajikan dalam setiap materi yang berkaitan sehingga memudahkan pembaca untuk memahami maksud dari konsep atau teori yang disampaikan.

Sejarah: Manusia, Ruang, dan Waktu

A. Pengantar Ilmu Sejarah

1. Mengapa Perlu Mempelajari Ilmu Sejarah?

2. Manusia, Ruang, dan Waktu dalam Sejarah

B. Penelitian Sejarah

1. Sumber Sejarah Primer

2. Sumber Sejarah Sekunder

C. Penulisan Sejarah (Historiografi)

1. Menghindari Bias sejarah

2. Bagaimana melakukan Penelitian dan Penulisan Sejarah?

D. Sejarah dan Teori Sosial


0 Response to "Buku Siswa Kurikulum Prototipe Materi Sejarah SMK Kelas 10"

Post a Comment