Buku Guru Kurikulum Prototipe Materi Pelajaran IPS SMP Kelas 7

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Pembelajaran IPS kelas VII bertujuan untuk memberikan wawasan kepada peserta didik tentang berbagai gejala sosial, pada lingkup lokal melalui pemahaman aktivitas manusia dan interaksi sosial melalui konektivitas ruang dan waktu. Peserta didik dibekali untuk memahami keberadaan diri dan keluarga di tengah lingkungan sosial terdekatnya. Peserta didik juga diharapkan mampu menganalisis hubungan antara kondisi geograis dengan karakteristik masyarakat dan cara mereka beraktivitas di lingkungan terdekat. Bagaimana masyarakat saling berupaya memenuhi kebutuhan hidupnya antara lain melalui aktivitas pemberdayaan masyarakat yang berkontribusi positif terhadap lingkungan sekitarnya. Pada lingkup lebih luas diharapkan berkonstribusi terhadap pembentukan manusia Indonesia yang cinta tanah air berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII ini mengarahkan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, memiliki kemauan serta kemampuan untuk mencari dan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang tersedia baik di sekolah maupun di lingkungan sekitarnya. Fokus kajiannya diarahkan pada capaian pembelajaran dalam kurikulum yaitu pada upaya peserta didik memiliki kebutuhan untuk melakukan interaksi sosial di lingkungan terdekat sampai terjauh, dan menumbuhkan sikap, kesadaran, kepedulian, dan toleransi terhadap keragaman sosial budaya masyarakat.



Buku ini mengarahkan pada proses dari pembelajaran yang berorientasi inkuiri dengan kegiatan saintiik seperti pengamatan atau obervasi, dan mengarahkan untuk berpikir kritis dan kreatif serta membentuk jaringan pengetahuan yang dikuasainya. Guru menjadi sangat penting untuk mengarahkan, sekaligus menjadi pendorong/motivator bagi aktivitas siswa dengan berbagai kegiatan yang dicontohkan dalam buku ini. Guru dapat, bahkan sangat dianjurkan untuk memperkaya secara kreatif dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, maupun budaya yang ada di sekitar siswa. Pembahasan buku ini dibagi dalam dua bagian, yaitu Petunjuk Umum dan Petunjuk Khusus.

Tema 01. Keluarga Awal Kehidupan

Tema 02. Keberagaman Lingkungan Sekitar

Tema 03. Potensi Ekonomi Lingkungan

Tema 04. Pemberdayaan Masyarakat


0 Response to "Buku Guru Kurikulum Prototipe Materi Pelajaran IPS SMP Kelas 7"

Post a Comment