Buku Guru Kurikulum Prototipe Materi Pelajaran PPKn Kelas 4 SD

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Fokus utama mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) adalah mempersiapkan peserta didikselaku peserta didik untuk dapat berperan sebagai warga negara yang baik, yaitu warga negara yang cerdas, terampil dan berkarakter serta setia kepada bangsa dan negara Republik Indonesia dengan merefleksikannya dalam kebiasaan berfikir dan bertindak sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Selain itu, PPKn dapat mengembangkan kemampuan peserta didik untuk dapat:


1.   berpikir kritis, rasional, dan kreatif dalam menghadapi berbagai masalah kewarganegaraan;

2.   berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, serta bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;

3.   berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan pada karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup secara berdampingan dengan sesama; dan

4.   berinteraksi dengan bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi.



Berkaitan dengan hal tersebut, buku Panduan Guru Mata Pelajaran PPKn Kelas IV ini ditulis untuk mewujudkan pembentukan warga negara yang baik melalui proses pembelajaran di sekolah. Selain itu, buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam penanaman nilai dan moral dalam mengadapi era globalisasi, sehingga identitas kebangsaan dan kepribadian Indonesia tetap melekat dalam diri kalian.

Pembelajaran PPKn lebih menekankan pada penguasaan kompetensi spritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Nah, karakteristik tersebut semuanya terdapat dalam buku ini, sehingga sangatlah tepat jika guru PPKn menjadikannya sebagai salah satu referensi untuk merancang suatu kegiatan pembelajaran yang bermakna.

UNIT 1 Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan

UNIT 2 Konstitusi Dan Norma di Masyarakat

UNIT 3 Membangun Jati Diri Dalam Kebinekaan

UNIT 4 Negaraku Indonesia

UNIT 5 Pola Hidup Bergotong Royong 

0 Response to "Buku Guru Kurikulum Prototipe Materi Pelajaran PPKn Kelas 4 SD"

Post a Comment