Pentingnya Melek Teknologi Digital Di Masa Pandemi Oleh Desy Ratna Sari Sinambela, Mahasiswi Universitas Negeri Medan

Salamedukasi.com, Publikasikaryatulis - Bukan hal yang jarang lagi kita mendengar kata teknologi digital apalagi mengenai teknologi yang berbasis media sosial. Dimana di masa kini merupakan konsumsi terbesar media sosial ini. Banyaknya faktor yang mendukung kita harus melek teknologi salah satunya karena adanya situasi pandemi ini kita diharuskan untuk berjaga jarak satu sama lain, melakukan komunikasi dengan jarak jauh. Dan juga di informasikan untuk melakukan yang tidak  mendesak agar di kerjakan di rumah saja. Itu adalah beberapa contoh yang harus dilakukan manusia pada masa ini, bukan diharuskan lagi namun di paksa oleh keadaan untuk melek teknologi yang telah ada / diciptakan.

Teknologi dimasa ini sudah menjadi kebutuhan sekunder yang dimana itu dapat pula menjadi primer di dalam kehidupan sehari-hari. Seperti di dalam keluarga inti ayah yang memiliki pekerjaan di kantor atau di bagian admintrasi akan sangat membutuhkan dan penting mengetahui tentang teknologi digital untuk memudahkannya dalam melakukan pekerjaan. Ibu yang juga bekerja memiliki pekerjaan yang utama di rumah, karena terbatasnya waktu di dalam melakukan pekerjaan tersebut itulah guna dan manfaat melek teknologi digital jaman sekarang. Seperti untuk menhemat waktu, ibu tidak harus lagi belanja ke pasar untuk belanja kebutuhan dapur, namun kini dengan semakin canggihnya teknologi digital zaman sekarang sehingga terciptalah brand-brand online shop/belanja online. Segala sesuatu dapat dibeli hanya dengan menekan layar di ponsel. Cara membayarnya pun tidak hanya bisa membayar dengar tunai namun secara transfer pun sudah dapat dilakukan melalui ponsel tersebut.


Anak pun demikian, bukan hanya ibu saja yang terbantu akan teknologi digital zaman sekarang. karena kondisi pandemi dengan pembelajaran daring(dalam jaringan) atau belajar di rumah untuk menunjang PTM Terbatas di sekolah. Melalui aplikasi-aplikasi penunjang pembelajaran contoh : goggle classroom, Zoom, goggle meeting, duo, what app group, edmodo, gmail, ruang guru dan lainnya. Karena itu anak  diajarkan bagi yang tidak mengerti cara pengaplikasiannya dan fungsi itu agar si anak tidak buta teknologi zaman sekarang.

Berbicara tentang pengaplikasian dan fungsinya, semakin canggihnya teknologi semakin berkembanglah fungsi teknologi tersebut, seperti pada penggunaan ponsel semakin tahun semakin berkembang pula fungsinya karena para industri terkemuka mengembangkan daya guna ponsel tersebut menjadi lebih baik lagi. Pada masa lalu ponsel yang  hanya digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh. Di tahun kemudian ponsel berkembang menjadi layar  sentuh dan terbentuknya banyaknya aplikasi-aplikasi yang ada di ponsel seperti contohnya facebook. instagram, blog, whatsapp, youtube dan lainya yang digunakan sebagai alat komunikasi juga. Dengan semakin berkembang lagi sampai pada saat ini, ponsel juga sekarang sudah dapat menyimpan uang, melakukan pembelanjaan secara online, hingga pada saat ini ponsel disebut sebagai smartphone.

Teknologi digital tidak hanya berfungsi sebagai mempermudah pekerjaan namun juga dapat sebagai peluang pekerjaan itu sendiri. Peluang pekerjaan itu juga sangat menjanjikan jika kamu adalah seorang yang melek teknologi dan berpikir bijaksana dalam penggunaan teknologi digital. Banyaknya peluang pekerjaan yang di dapat dari teknologi ini adalah bisa kita sebutkan beberapa contohnya youtuber. Youtuber pada masa milenial ini adalah pekerjaan yang menjanjikan karena pengguna aplikasi youtube merupakan masuk dalam jajaran penggunaan aplikasi yang sering digunakan bukan hanya di Indonesia namun di seluruh bagian dunia walaupun ada sebagian negara tidak menggunakan aplikasi ini contohnya China.

Ada juga pekerjaan penjual-beli saham, ini juga merupakan pekerjaan yang sangat mengiurkan. karena tentunya keuntungan bagi seseorang yang paham cara bermain di bidang tersebut. dan yang pekerjaan yang paling diminati yaitu bisnis online. Bisnis online ini dapat menjadi perkerjaan pokok bahkan ada juga sebagai pekerjaan tambahan saja. Di dalam bisnis online jika produk kamu diminati di tengah masyarakat dan berguna bagi masyarakat maka itu merupakan sebuah keuntungan buat kamu yang memiliki bisnis online tersebut. apalagi jika produk yang dimiliki terdapat di dalam pencarian di aplikasi penjualan online yang terdapat di smartphone. Tentu peluang untungnya lebih besar dari penjual produk biasa karena jangkauan penjualan yang meluas tidak hanya di daerah itu saja bahkan dapat mendunia.

Cara yang mudah untuk memasarkan produk itu juga dapat digunakan melalui teknologi juga. Bisa melakukan dengan menyewa selebgram untuk memperkenalkan produkmu kepada masyarakat. itu akan menarik minat penonton atau pengikut seorang selebgram itu tertarik dengan produkmu. Hal ini adalah sebagian fungsi dari kegunaan teknologi digital berdasarkan membuka lapangan perkerjaan.

Seorang yang melek teknologi digital di masa sekarang akan merasakan betapa mudahnya pekerjaan yang dilakukan sebelum mengenal apa itu teknologi digital. Karena semakin berkembangnya zaman dunia ini dapat artikan sangat sepit. maksudnya disini dahulu manusia akan beranggapan bahwa dunia ini sangat luas tidak bisa kita pikirkan sebelumnya bahwa perkembangan teknologi digital ini semakin pesat. contohnya seseorang bisa mengetahui seperti apa bentuk pohon sakura yang ada di jepang tanpa dia harus pergi ke jepang untuk melihatnya.

Di dalam perkembangan teknologi digital ini tidak jauh dari campur tangan pemerintah. pemerintah juga ikut berperan aktif di dalam membantu masyarakat di untuk melek teknologi.

Ada beberapa upaya yang dilakukan pemerintah di dalam pemantaun pemanfaatan teknologi digital, diantaranya:

1.   usaha pertama itu melakukan literasi digital ke masyarakat agar tidak terjebak ketika memilah dan memilih informasi.

2.   usaha kedua yaitu menyaring atau meneliti terlebih dahulu berita yang belum jelas kebenarannya. Kementerian Komunikasi dan Informasi  selama ini telah melakukan tindakan pemblokiran maupun batasan akses yang kontennya merugikan publi.

3.   upaya yang ketika yaitu adalah melakukan tindakan penindaklajuti melalui hukum yang bekerja sama dengan kepolisian hal ini paling mendasar untuk kemajuan dan pengembangan teknologi di Indonesia

Di atas merupakan beberapa contoh upaya pemerintahan di dalam mendorong pemanfaatan teknologi di Indonesia sedangkan untuk pemanfaatan aspek ekonomi di dalam teknologi digital menteri rudiantara menuturkan. masyarakat dapat mengelola teknologi digital yang berkembang sebagai ajang proses bisnis.

Berbicara tentang teknologi digital saja tidak hanya berkesimbung ke dalam perekonimian saja namun juga di dalam sosial. menteri kominfo mengatakan terkait dengan pemanfaatan teknologi untuk proses bisnis contohnya saat ini telah ada seperti profesi pengojek yang awalnya konvensional berubah menjadi berbasis teknologi.

Baru- baru ini Presiden Jokowi meluncurkan Program Literasi Digital Nasional yang digagas oleh Kementerian Komunikasi Informatika. Jokowi memandang literasi teknologi digital sangatlah penting untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi digital. salah satunya adalah untuk meningkatkan ekonomi dengan mengakselerasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Internet harus mampu meningkatkan produktivitas masyarakat. membuat UMKM on boarding ke platform e-commerce sehingga internet bisa memberi nilai tambah ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat” ujar jokowi dalam suatu tanyangan video pada kamis 20 Mei 2021.

Di dalam literasi teknologi digital ini kita diajarkan untuk melek teknologi oleh pemerintah hal ini untuk menghindari konten- konten atau dampak-dampak negatif yang dalam teknologi digital ini. Ada berbagai kejahatan yang terjadi akibat penyalahgunaan teknologi digital ini yang menimbulkan keresahan sehingga pemerintah memberikan arahan dan pembelajaran di dalam penggunaan teknologi literasi yang baik dan benar.

Sebagai manusia yang memiliki akal sehat dan pemikiran tentu kita melakukan sesuatu harus memikirkan akibat dari pekerjaan kita. atau dalam ekonomi dapat dikatakan pekerjaan itu harus ada untung ruginya. marilah budidayakan untuk memanfaatkan teknologi digital sebaik mungkin untuk menunjang perekonomian, pendidikan, dan pembangunan secara umum di Indonesia.

 

Pengirim : Desy Ratna Sari Sinambela (Email : sinambeladesy01@gmail.com), Mahasiswi di Universitas Negeri Medan.

Ingin karya tulis Anda terpublikasi di situs web www.salamedukasi.com GRATIS,  info lebih lanjut silahkan klik di sini.

0 Response to "Pentingnya Melek Teknologi Digital Di Masa Pandemi Oleh Desy Ratna Sari Sinambela, Mahasiswi Universitas Negeri Medan"

Post a Comment