Cara Reset Akun Pembelajaran Belajar.id Untuk Akun Admin, Guru, dan Siswa Untuk Membuat Password Akun Yang Belum Tersedia

Sahabat Operator Akun Pembelajaran yang berbahagia… Dikarenakan banyaknya pertanyaan yang terkait dengan akun pembelajaran ini khususnya bagaimana caranya untuk mengatasi masalah akun pembelajaran (belajar.id) yang belum ada tercantum email maupun passwordnya saat file diunduh dari laman pd.data.kemdikbud.go.id.

Namun sebelumnya melakukan ini, harap berhati-hati dan pastikan Anda mengikuti langkah demi langkah ini dengan benar, insya Allah masalah ini akan ada solusinya. Sebelum melakukan langkah ini pastikan akun baik sebagai admin, guru, maupun siswa sudah memiliki email yang valid dengan domain ……@gmail.com yang akan digunakan untuk pengiriman tautan/link reset password akun nantinya.

Ok langsung saja, bagi Rekan-rekan admin, Bapak/Ibu Admin login dengan akun pembelajaran Kepala Sekolah/Admin dengan langkah-langkah sebagai berikut:


1.   Login di https://admin.google.com/.

2.   Masukkan username dan password akun admin ……….@admin.sd.belajar.id

3.   Setelah berhasil masuk, silakan klik pada menu User Add or manage users

4.   Pada bagian Users from all organizational units. Klik pada Add a filter pilih Cost Centre, masukkan NPSN dengan benar, kemudian klik Apply.


5.   Gulir ke bawah, pada nama pemilik akun di kolom last sign in silahkan klik Reset Password

6.   Selanjutnya tampil notifikasi klik Password for …………………, jika sudah benar klik Reset.

7.   Kemudian klik Email Password, kemudian masukkan alamat email dengan domain gmail.com dengan benar).

8.   Masukkan email untuk verifikasi reset password dengan benar dan klik Send.


9.   Buka kotak masuk ……@gmail.com dari The Google Workspace Team, klik pada tombol Reset Password.

10. Pastikan memasukkan password baru dengan benar kombinasi angka, huruf besar dan huruf kecil minimal 8 karakter, kemudian klik tombol Change password.

11. Silahkan coba login kembali dengan akun pembelajaran belajar.id tersebut.

12. Akun pembelajaran (belajar.id) siap digunakan.

Demikian solusi yang dapat saya bagikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Aamiin… Salam Edukasi..!

0 Response to "Cara Reset Akun Pembelajaran Belajar.id Untuk Akun Admin, Guru, dan Siswa Untuk Membuat Password Akun Yang Belum Tersedia"

Post a Comment