Makalah Telaah Filosofis tentang Komponen-Komponen Pendidikan Barat dan Islam I oleh Sugiarti STIT NU Sakinah Dharmasraya

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Berbicara tentang manusia tidak lepas dari pendidikan, begitu pula sebaliknya, bicara tentang pendidikan tidak lepas dari manusia, karena manusia adalah pelaku pendidikan. Manusia tidak berkembang dan hidup dengan baik tanpa pendidikan. Pendidikan diselenggarakan oleh manusia, antarmanusia dan untuk manusia. Pendidikan dilakukan untuk mengembangkan seluruh potensi pemberian Tuhan kepadanya sehingga menjadi manusia yang lebih baik.

Pendidikan berlaku sepanjang hidup manusia, tidak dibatasi oleh umur, karena itulah pendidikan nonformal seperti pesantren, dan majelis ilmu, diikuti oleh segala tingkatan umur. Pendidikan berlaku sepanjang hidup manusia, sebagaimana Rasulullah saw bersabda “Tuntutlah ilmu dari buaian sampai liang lahat”(HR.).Hadist ini bermakna bahwa pada hakekatnya manusia tidak pernah berhenti belajar, sejak dari buaian (dari sejak dilahirkan) yaitu sejak awal kehidupan sampai menjelang akhir kehidupan.


ElizabethBHurlock mengemukakan bahwa hakekat perkembangan manusia berlangsung sejak konsepsi sampai akhir hayat. Sedangkan Jhon Locke dengan teori tabula rasanya, manusia ibarat kertas putih yang kosong, baru melalui pengalamanlah kertas itu terisi. Pendapat Jhon Locke ini seirama dengan hadist Nabi yang artinya “Tiap bayi dilahirkan dalam keadaan suci (fitrah islami). Ayah dan ibunyalah kelak yang menjadikannya Yahudi, Nasrani atau Majusi”. (HR. AlBukhari).

Anak yang mendapatkan pendidikan baik dari kedua orangtuanya, akan tumbuh menjadi anak yang baik pula, begitu pula sebaliknya. Sejak awal manusia diciptakan yaitu Nabi Adam a.s yang diciptakan dari tanah, Nabi Adam a.s belajar bahasa mengenal nama-nama segala sesuatu.

Pengirim : SUGIARTI Email : artisugi333@gmail.com Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama (STITNU) Sakinah Dharmasraya.

Ingin karya tulis Anda terpublikasi di situs web www.salamedukasi.com GRATIS,  info lebih lanjut silahkan klik di sini.

0 Response to "Makalah Telaah Filosofis tentang Komponen-Komponen Pendidikan Barat dan Islam I oleh Sugiarti STIT NU Sakinah Dharmasraya"

Post a comment