Raup Berkah Karena Cinta Rasulullah Muhammad SAW

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Dalam sejarah, istilah “peringatan Maulid Nabi” sudah ada semenjak masa para sahabat. Yang merayakan Maulid Nabi bukan hanya dari kalangan muslimin. Bahkan Abu Lahab yang termasuk golongan musuh Nabi pun ikut merayakan kelahiran baginda Muhammad. Bukti bahwa Abu Lahab ikut merayakan kelahiran Nabi Muhammad adalah budaknya yang bernama Tsuwaibah langsung ia merdekakan  ketika rasulullah baru lahir sebagai bentuk ekspresi rasa senangnya. Tak mau kalah, Rasulullah juga merayakan hari kelahirannya dengan cara puasa rutin di hari senin yang merupakan hari keliharannya.

Akan tetapi yang akan menjadi topik pembahasan kali ini bukanlah mengenai hukum dan dalil memperingati maulid nabi. karena terlalu banyak dalil yang menyatakan kesunnahan memperingati Maulid Nabi. Melainkan, yang akan dibahas kali ini adalah beberapa manfaat atau barokah mencintai, memperingati kelahiran dan membaca selawat untuk Nabi. Diantara sederet manfaat itu adalah:


1)  Hidup Bersama Nabi dan Sahabat di Surga


Dalam beberapa hadis dan perkataan sahabat, diterangkan bahwa orang yang mencintai dan merayakan maulid Nabi akan mendapatkan nikmat berupa hidup bersama Rasulullah dan sahabat di surga kelak. di antara tersebut adalah hadis:

مَنْ عَظَّمَ مَوْلِدِىْ كُنْتُ شَفِيْعًا لَهُ يَـوْمَ الْقِيَا مَةِ. وَمَنْ أَنْفَقَ دِرْهَمًا فِى مَوْلِدِى فَكَأَ نَّمَا اَنْفَقَ جَبَلاً مِنْ ذَ هَبٍ فِى سَبِيْلِ الله

Barang siapa yang mengagungkan kelahiranku maka aku akan memberinya syafa’at di hari kiamat nanti. dan barang siapa yang bersedekah satu dirham di hari kelahiranku maka dia mendapat pahala bersedekah di jalan allah dengan emas sebesar gunung.


2)  Mendatangkan Barokah


Dalam kitab Al- Ajwibah Al- Mardhiyah, Al- Imam Al- Hafidz As- Sakhawi berkata bahwa sahabat merayakan maulid Nabi dengan cara banyak bersedekah, berkumpul bersama guna bersilatur rahmi, mengadakan majlis dzikir, bergembira bersama dan kegiatan-kegiatan baik lainnya. lantas diakhir pernyataan, beliau berkata bahwa semua cara yang dilakukan sahabat untuk menyambut Maulid Nabi dapat mendetangkan barokah dan hal itu termasuk hal yang sudah sering terbukti.


3)   Do’a Mudah Terkabulkan


Dalam kitab An- Nurul Mubin,kiai hasyim asy’ari mengatakan bahwa Sayyidina Umar bin Khattab pernah berkata:

الدعاء و الصلاة معلق بين السماء و الأرض, فلا يصعد الى الله منه شيئ حتى يصلي على النبي صلى الله عليه وسلم

sesungguhnya do’a dan solat digantung diantara langit dan bumi, sehingga tidak akan sampai kepada allah (dikabulkan) sebelum membaca solawat kepada Nabi Muhammad SAW.

selain perkataan Sayyidina Umar RA. Abdullah ibnu Mas’ud juga pernah berkata:

اذا أراد احدكم أن يسأل الله شيأ فليبدأ بمدحه و الثنأ عليه بما هو اهله, ثم ليصل على النبي صلى الله عليه وسلم, ثم ليسأل فانه أجدر أن ينجح

jika di antara kalian ada yang hendak meminta sesuatu kepada allah, selayaknya kalian memuji Allah terlebih dahulu dengan pujian yang pantas untuk-Nya, kemudian bersolawatlah kepada Nabi Muhammad, baru setelah itu kalian minta apa yang menjadi permintaan kalian. sesungguhnya hal tersebut lebih memudahkan untuk dikabulkan.


4) Mendapat Rahmat Dari Allah

Di dalam kitabnya yang berjudul ikmalul muallim lisyarhi shahihi muslim, Al- Allahmah Al- Qadhi Iyadh mencatntumkan sebuah hadis mengenai fadilah membaca solawat kepada nabi muhammad:

من صلى على واحدة صلى الله عليه عشرًا

Barang siapa yang berselawat kepada nabi Muhammad SAW. Sebanyak satu kali maka Allah akan memberi selawat[1] kepadanya sebanyak sepuluh kali.


5)        Menghapus Dosa.

Dalam bentuk lain, ada yang menambahkan keterangan hadis di atas bahwa bukan hanya mendapatkan rahmat dan pahala yang berlipat ganda, melainkan sepuluh dosa yang pernah ia perbuat menjad diampuni oleh Allah sebab bacaan selawatnya.

sebenarnya masih banyak lagi manfaat dan barokah mencintai, merayakan dan berselawat kepada Nabi Muhammad. Namun, semua manfaat itu tidak mungkin ditulis secara keseluruhan dalam karya tulis yang terbatas ini. Sebagai penghujung, akhirnya penulis mengucapkan selamat membaca dan semoga bermanfaat.

[1] Makna selawat allah kepadanya adalah memberi rahmat dan melipat gandakan pahalanya. 

Oleh: Syahrul A’dhom Al- Fajri Salah satu santri Ma’had Aly Marhalah Ula P2S2 Sukorejo Situbondo.

Ingin karya tulis Anda terpublikasi di situs web www.salamedukasi.com GRATIS,  info lebih lanjut silahkan klik di sini.

0 Response to "Raup Berkah Karena Cinta Rasulullah Muhammad SAW"

Post a comment