Panduan Pemetaan SKK Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan tetap mempertahankan bobot Satuan Kredit Kompetensi (SKK) sebagai satuan untuk menghitung beban belajar peserta didik. Pada kurikulum lama pendidikan kesetaraan beban belajar sudah didistribusi pada setiap tingkatan dan mata pelajaran, sedangkan kurikulum 2013 belum terdistribusikan. Jumlah satuan kredit kompetensi dalam struktur kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan disajikan utuh pada kelompok umum dan kelompok khusus.

Gambar 1. Perbedaan Struktur Kurikulum Lama dan Kurikulum 2013 Paket B Setara SMP Penyajian utuh ini diharapkan memberikan ruang dan peluang kepada satuan pendidikan agar luwes dalam menerapkan pembelajaran. Namun demikian pada prakteknya satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam memetakan satuan kredit kompetensi pada setiap mata pelajaran dan tingkatan/setara kelas.

Kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan belum bias dilaksanakan jika satuan pendidikan belum menetapkan beban belajar setiap mata pelajaran pada setiap tingkatan, bahkan pada setiap paket kompetensi (semester). Mengapa bisa terjadi demikian? Karena belum tahu berapa beban belajar setiap mata pelajaran sehingga satuan pendidikan belum bisa membuat jadwal pembelajaran sesuai dengan beban belajar.


BAB I PENDAHULUAN

BAB II PEMETAAN SATUAN KREDIT KOMPETENSI

A.  Persiapan Implementasi Kurikulum 2013

B.  Memetakan Satuan Kredit Kompetensi

BAB III RANCANGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MODUL

A.  Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka dan Tutorial

B.  Pelaksanaan Pembelajaran Kombinasi Tatap Muka/Tutorial dengan Belajar Mandiri

C.  Belajar Mandiri

BAB IV MERANCANG PROGRAM KELOMPOK KHUSUS

A.  Program Muatan Pemberdayaan

B.  Program Muatan Keterampilan

C.  Menyusun Program Mata Pelajaran Pemberdayaan

D.  Menyusun Program Mata Pelajaran Keterampilan Wajib

E.  Menyusun Program Mata Pelajaran Keterampilan Pilihan

BAB V PENUTUP

Bahan Rujukan

Lampiran

1.   Contoh Pemetaan Satuan Kredit Kompetensi Tiap Paket Kompetensi pada Paket A Setara SD

2.   Contoh Pemetaan Satuan Kredit Kompetensi Tiap Paket Kompetensi pada Paket B Setara SMP

3.   Contoh Pemetaan Satuan Kredit Kompetensi Tiap Paket Kompetensi pada Paket C Setara SMA

4.   Contoh Konversi SKK ke dalam Jam Pelajaran Paket C Setara SMA (Konversi ke Tatap Muka Semua)

5.   Contoh Konversi SKK ke dalam Jam Pelajaran Paket C Setara SMA (Konversi ke Tatap Muka dan Mandiri)

6.   Contoh Konversi SKK ke dalam Jam Pelajaran Paket C Setara SMA (Konversi ke Tatap Muka, Tutorial dan Mandiri)

7.   Contoh Jadwal Pembelajaran Paket C Setara SMA Jadwal Pembelajaran Paket C Ilmu-ilmu Sosial Tingkatan 5 Setara Kelas X Paket Kompetensi 5.1. (Semua Tatap Muka)

8.   Jadwal Pembelajaran Paket C Ilmu-ilmu Sosial Tingkatan 5 Setara Kelas X Paket Kompetensi 5.1. (Tatap Muka dan Mandiri, belajar mandiri tidak ada di jadwal)

Perlu diketahui bahwa beban belajar pada pendidikan kesetaraan berbeda dengan beban belajar pada sekolah. Beban belajar pendidikan formal dinyatakan dalam satuan jam pelajaran per minggu, sehingga lebih mudah dalam menyusun jadwal.

Sedangkan beban belajar pendidikan kesetaraan dinyatakan dalam satuan kredit kompetensi yang belum menggambarkan langsung dalam satuan jam pelajaran per minggu. Beban belajar pendidikan kesetaraan dinyatakan dalam Satuan Kredit Kompetensi (SKK) yang menunjukkan bobot kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik dalam mengikuti program pembelajaran, baik melalui pembelajaran tatap muka, tutorial, dan atau belajar mandiri.

Perlu pembaca ketahui bahwa pada kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan, istilah semester diganti menjadi paket kompetensi. Penjelasan penggunaan istilah paket kompetensi akan dijelaskan lebih lanjut pada Bagian Dua, Rancangan Implementasi Pembelajaran Berbasis Modul.

Panduan ini bermaksud membantu satuan pendidikan dalam melakukan pemetaan satuan kredit kompetensi. Pemetaan satuan kredit kompetensi menjadi penting karena akan membantu mengetahui beban belajar setiap mata pelajaran sehingga satuan pendidikan bisa menyusun jadwal pelajaran mingguan. Hasil pemetaan satuan kredit kompetensi dan jadwal pelajaran akan menjadi salah satu bagian atau lampiran dokumen 1 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP dokumen I).

Download/unduh Panduan Pemetaan Satuan Kredit Kompetensi Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan, silahkan klik pada tautan di bawah ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Salam Edukasi..!


0 Response to "Panduan Pemetaan SKK Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan"

Post a comment