Aktualisasi Nilai Pancasila Dalam Kehidupan dari Hannan Arna Fitria

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Saat ini, apakah di Indonesia, dengan pandangan hidup Pancasila, masyarakat sudah benar benar mengaktualisasikan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari?

Memasuki era globalisasi saat ini, di mana terjadi perubahan aspek kehidupan yang cukup tinggi dalam ekonomi, perdagangan, sosial budaya termasuk dalam hal teknologi. Pancasila yang kita jadikan sebagai pandangan hidup bernegara, tentunya juga kita harus pegang erat dalam kita hidup bernegara, jangan ikut luntur oleh derasnya arus globalisasi.

Aktualisasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berasal dari kata “aktual" artinya betul-betul ada, terjadi atau sesungguhnya. Dikaitkan dengan pancasila adalah bagaimana betul betul melaksanakan nilai yang terdapat dalam pancasila yang tercermin dalam sikap dan perilaku sebagai warga negara Indonesia.

Menurut Ustadz Rachmad Risqy Kurniawan, S.E.I., M.M., pada mata kuliah pancasila, pancasila bukanlah dasar negara atau ideologi, karena dasar negara adalah UUD, dan ideologi itu sistem nilai. Jadi pancasila adalah sumber dari segala sumber kehidupan negara dan berbangsa Indonesia yang harus kita aktualisasikan nilainya dalam kehidupan sehari. Pancasila bukan hanya yang tertulis diatas lembaran kertas, dihafal dalam lisan dan ingatan, tetapi diwujudkan nilainya dalam perilaku sehari-hari dalam bermasyarakat, menegakkan hukum serta keadilan dan dalam aspek kehidupan lainnya.

Mengaktualisasikan nilai pancasila merupakan konsekuensi dari hidup berbangsa dan bernegara di Indonesia dan menjadi keharusan setiap warga negara Indonesia agar dapat tercapainya fungsi pancasila, yaitu  mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, yang tercantum didalam pembukaan UUD 1945 alinea ke 4 yang berarti menjadi pedoman dan pemecah atau solusi dari permasalahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam pengaktualisasiannya, dapat dilalui dengan cara aktualisasi pancasila secara obyektif dan aktualisasi pancasila secara subyektif.


Aktualisasi pancasila secara obyektif yaitu melaksanakan pancasila dalam setiap aspek penyelenggaraan negara, meliputi bidang legislatif, eksekutif, yudikatif, dan dalam bidang kehidupan kenegaraan lainnya. Artinya dalam hal penegakan hukum dan tata tertib kenegaraan harus dilandasi pancasila.  Aktualisasi pancasila secara subyektif, yaitu pelaksanaan pancasila dalam setiap pribadi, perseorangan, warga negara, dan penduduk. Artinya penerapan pancasila ini harus diliputi dengan kesadaran, ketaatan dan kesiapan individu untuk mengamalkan pancasila.

Dalam pelaksanaannya, di Indonesia belum sepenuhnya mengaktualisasikan nilai nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena ketika pancasila sudah benar-benar diaktualisasikan, pasti sudah terciptanya keadilan sosial diseluruh rakyat Indonesia. Bahkan saat ini bisa dibilang nilai-nilai pancasila sudah luntur seiring meningkatkannya arus globalisasi.

Bisa dilihat realita saat ini, banyaknya kasus dan konflik tentang terjadinya ketimpangan sosial antara rakyat bawah, menengah dan atas baik dalam persoalan hukum dan ekonomi. Artinya dari pihak pemerintah dan masyarakatnya belum menyadari secara penuh hakikat nilai dari adanya pancasila dan belum adanya kesadaran yang dibentuk dalam diri untuk selalu berperilaku yang baik. Hakikat pancasila yaitu bersifat universal, tetap tidak berubah-ubah.

Jika dilihat dari pendidikan pancasila di Indonesia atau yang biasanya disebut dengan pendidikan kewarganegaraan, sudah diajarkan di lembaga sekolah (pendidikan) mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Namun dalam penerapan perilaku keseharian dari nilai nilai tersebut belum sepenuhnya terwujud bahkan sangat kurang. Hal itu dapat terjadi karena faktor kurang kepeduliannya orang tua yang merupakan pendidik utama dari anaknya. Nilai nilai itu kurang ditumbuhkan dalam perilaku kesehariannya.

Aktualisasi dari Pancasila ini harus dilakukan oleh setiap warga negara Indonesia. Baik itu pemerintah atau masyarakat. Dimulai dari diri masing-masing. Pancasila harus dipahami, diresapi, dan dihayati oleh setiap orang sehingga terwujud moral pancasila dalam perilakunya. Nilai yang terkandung didalam pancasila juga merupakan nilai nilai yang terkandung dalam agama, jadi jangan salah mengartikan bahwa pancasila itu bukan bagian dari agama dan lain sebagainya. Warga negara yang taat beragama pasti juga paham mengenai pancasila dalam kehidupannya.

Pengirim : Hannan Arna Fitria (fitria.hannan@gmail.com)


Ingin karya tulis Anda terpublikasi di situs web www.salamedukasi.com 
GRATIS,  info lebih lanjut silahkan klik di sini.

0 Response to "Aktualisasi Nilai Pancasila Dalam Kehidupan dari Hannan Arna Fitria"

Post a comment