Kupas Tuntas Arti dan Makna Angka 2021 Sebagai Resolusi Terbaik di Tahun 2021

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Saat ini, waktu demi waktu berlalu terasa lebih cepat saja, tahun 2020 M sudah usai, dan mulai hari ini telah memasuki tahun 2021 M. Tahun 2020 merupakan tahun di mana akan menjadi sejarah baru di dunia nantinya akibat pandemi Covid-19, tahun di mana terdapat banyak ujian untuk sebagian besar manusia di muka bumi, dan pada awal tahun 2021 ini pun Covid-19 masih menjadi ujian bagi kita semua. Semoga semua tenaga kesehatan, para pasien, dan semua korban yang sudah meninggal dunia akibat Covid-19 ini diterima di sisi Allah SWT serta diberikan ketabahan bagi seluruh keluarga yang ditinggalkan. Selain itu, bagi kita semua yang terdampak adanya Covid-19 semoga senantiasa diberikan kesabaran dan jalan terbaik untuk dapat melewati ujian ini dengan sebaik-baiknya. Ingat dan laksanakan terus protokol kesehatan yaitu dengan selalu melaksanakan 3 M yakni memakai masker yang baik dan aman, mencuci tangan yang bersih, serta menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

Resolusi tahun 2021 bagi setiap orang tentu berbeda-beda, namun di sini saya secara pribadi akan menyampaikan secara umum apa saja hal-hal yang secara kebetulan dapat dimaknai secara logis dan berdasar dalam menyikapi tahun 2021 dengan optimis bukan pesimis, dengan keyakinan bukan keraguan, bukan ketakutan tapi keberanian melakukan yang terbaik bukan hanya untuk diri-sendiri namun juga untuk orang lainnya.

Inilah daftar 5 (lima) hal unik dan menarik dalam angka yang terkandung dalam tahun 2021 yang sekaligus dapat menjadi resolusi yang baik di tahun 2021 ini, selengkapnya sebagai berikut:


1.   Tanggal 1 Januari 2020 bertepatan pada hari Jumat.


Seperti yang sudah terjadi pada 2016 atau 4 tahun lalu, tanggal 1 Januari 2016 juga bertepatan dengan hari Jumat. Tentu bagi kita hari Jumat merupakan hari yang istimewa. Di dalam Jumat terdapat beberapa keutamaan, satu diantaranya adalah sebagaimana sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang saya rilis dari https://islam.nu.or.id, Al-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad meriwayatkan dari Sa’ad bin ‘Ubadah sebuah hadits yang artinya sebagai berikut:

 

“Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung dari pada hari raya kurban dan hari raya Fithri. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali shilaturrahim. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat”.

 

Selanjutnya, hari Jumat merupakan hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, yang mana pada hari Jumat, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan di kediaman Ir Sukarno, Jalan Pegangsaan Timur 56 tepatnya pada hari Jumat 17 Agustus 1945 yang juga bertepatan dengan tanggal 9 Ramadhan 1364 H. Oleh karena itu, pada tahun 2021 hendaknya kita semakin bersemangat dalam mengabdikan diri dalam rangka mengisi kemerdekaan bangsa dan Negara Indonesia tercinta ini.

 

2.   Tanggal 1 Januari 2021 bertepatan dengan tanggal 17 dalam kalender Islam


Tanggal 1 Januari 2021 kali ini juga bertepatan dengan tanggal 17 dalam penanggalan atau kalender Islam yakni bersamaan dengan tanggal 17 Jumadal Awwal 1442 H. Angka 17 (tujuh belas) di sini menjadi penting bagi saya sebagai umat Islam, karena ini merupakan jumlah roka’at sholat wajib 5 waktu yaitu : Subuh = 2 roka’at, Zuhur = 4 roka’at, Ashar = 4 roka’at, Magrib = 3 roka’at, dan Isya = 4 roka’at. Dari jumlah roka’at secara keseluruhannya jika dijumlahkan : 2 + 4 + 4 + 3 + 4 = 17 roka'at

 

Selanjutnya, angka 17 juga berarti penting sebagai tanggal bersejarah di mana teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan langsung oleh Bapak Proklamator sekaligus Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno didampingi oleh Drs. Moh. Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945.

 

Selain angka 17 sebagai jumlah angka roka’at dalam sholat wajib 5 waktu dan sekaligus sebagai tanggal penting yakni tanggal di mana bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaanya, kebetulan angka 17 juga merupakan tanggal kelahiran saya J (maaf, tidak perlu diuraikan di sini).

 

3.   Jumlah bilangan angka 2021 sama dengan 5


Angka 2021 jika dijumlahkan setiap bilangannya berjumlah 5 (2+0+2+1). Secara pribadi ini, angka 5 (lima) saya maknai sebagai jumlah kewajiban saya sebagai umat muslim untuk melaksanakan kewajiban sholat 5 waktu dan dilaksanakan tepat waktu (Subuh, Zuhur, Asar, Maghrib dan Isya). 


Selain itu, sebagai warga Negara Indonesia yang berlandaskan Pancasila  Angka 5 juga merupakan Pancasila yang terdiri dari 5 sila. Pancasila sebagai pedoman masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Semua nilai-nilai dalam Pancasila menjadi acuan untuk bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila juga menjadi pandangan hidup sekaligus kepribadian bangsa Indonesia.

Sumber gambar : Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI - https://bpip.go.id/bpip/  

4.   Angka 2021 terdapat elemen angka 20 dan 21


Tahun 2021, jika angkanya dipisahkan menjadi dua bagian, dalam 2 angka pertama dan 2 angka terakhir yakni angka 2021 = 20 dan 21 (selisih satu angka), ini saya maknai harus ada peningkatan kualitas hidup dari tahun sebelumnya walaupun sedang berada dalam situasi dan kondisi seperti sekarang ini. Makna lain, angka 21 merupakan angka yang terdekat tepat berurutan setelah angka 20 juga berarti melanjutkan langkah secara berurutan sesuai dengan proses serta aturan kebenaran dan kebaikan yang berlaku. Selain itu, sedikit namun lebih baik lebih baik daripada tidak sama sekali bukan? Ayo terus kita meningkatkan nilai kualitas hidup kita yang dapat diukur dari kemanfaatan hidup itu sendiri.


5.   Makna angka 2, 0, 2, dan 1


Nomor 2 sebagai usaha dan doa, angka 0 setelah 2 artinya semua usaha dan do’a sudah dilakukan dengan maksimal. kemudian angka 2 selanjutnya akan terdapat 2 pilihan yakni gagal dan berhasil, dan yang terakhir angka yang mengikuti adalah angka 1 yang menggambarkan Tuhan Yang Maha Esa, yakni kembali kepada Allah SWT. Apapun hasilnya jika sudah diupayakan dengan optimal sekaligus diiringi pengharapan dan do’a yang baik, apapun hasilnya, gagal maupun sukses hendaknya diterima dengan ikhlas karena semua pada hakekatnya adalah kekuasaan Allah SWT. Pelajaran dan hikmah dapat diambil dari kegagalan untuk perbaikan selanjutnya. Bersabar ketika diuji, dan bersyukur ketika mendapatkan kesuksesan.

Demikianlah ulasan singkat saya untuk membahas khusus terkait angka 2021. Tidak ada yang gagal jika kita hidup ini kita maknai sebagai perjalanan proses dan pembelajaran. Perbaikan yang terbaik dimulai dari diri-sendiri, mulai dari hal-hal terkecil, dan dimulai saat ini. Hilangkan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Ayo kita tingkatkan terus kualitas dalam memanfaatkan waktu sebagai sumber daya yang yang paling berharga ini dari hari demi harinya. Berusaha dengan sebaik mungkin apa yang sudah dimulai diusahakan. Semoga semua yang berlalu dapat menjadi pelajaran berharga dalam memperbaiki langkah-langkah baru di tahun 2021 yang terus akan semakin lebih baik dan berkualitas.. aamiin... Semoga bermanfaat dan terimakasih. Salam Edukasi..!

0 Response to "Kupas Tuntas Arti dan Makna Angka 2021 Sebagai Resolusi Terbaik di Tahun 2021"

Post a comment