Penambahan Tanggal Mulai dan Selesai, Penonaktifan Kurikulum 2006, dan Perubahan Proses Pada Rombongan Belajar (Rombel) SMK di Aplikasi Dapodik Versi 2021

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Berikut deskripsi pembaruan dan perbaikan Rombongan Belajar (Rombel) pada Aplikasi Dapodik Versi 2021 berdasarkan Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021 yang digunakan untuk input data pendidikan jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan PKBM di semester I tahun pelajaran 2020/2021 sebagai berikut:

a.  Penambahan Atribut Tanggal Mulai dan Tanggal Selesai pada Isian Rombongan Belajar untuk PKBM dan SKB

Khusus untuk bentuk pendidikan PKBM dan SKB terkait dengan rombongan belajar terdapat fitur Tanggal Mulai dan Tanggal Selesai. Fitur ini digunakan karena adanya layanan yang hanya mengadakan pembelajaran berjangka pendek dan tidak mengikuti tahun ajaran sekolah.

Gambar 58 Penambahan Atribut Tanggal Mulai dan Tanggal Selesai

b.  Penonaktifan Kurikulum 2006 (KTSP) dan Wajib Menggunakan Kurikulum 2013. Bagi SMK Wajib Menggunakan Kurikulum 2013 REV

Di tahun ajaran baru 2020/2021 ini penonaktifan kurikulum 2006 sudah berlaku. Hal ini berdampak bahwa tidak lagi ada satuan pendidikan yang menggunakan kurikulum 2006. Khusus bagi jenjang SMK wajib menggunakan kurikulum 2013 REV.

c.  Perubahan Proses Bisnis Bagi SMK Tingkat 10 Wajib Memilih Jurusan Kompetensi Keahlian

Perubahan ini menyesuaikan dengan pilihan jurusan dan kurikulum di jenjang SMK untuk tingkat 10 tidak lagi mengisi program keahlian, melainkan langsung memilih kompetensi keahlian.

d.  Perubahan Proses Bisnis Bagi SMK yang Diperkenankan Membuka Kelas Terbuka Hanya pada Tingkat 12 Saja

Perbaikan ini dilakukan sesuai dengan peraturan pemerintah yang masih membuka kelas terbuka di jenjang SMK. Khusus di Aplikasi Dapodik versi 2021 ini, kelas terbuka hanya dibuka untuk tingkat 12 saja.

Gambar 59 Kelas Terbuka di Jenjang SMK Hanya untuk Tingkat 12

Jika ada pengisian jenis rombel terbuka yang diisi di bawah tingkat 12 akan tampil peringatan seperti gambar berikut.

Gambar 60 Peringatan Kelas Terbuka di Jenjang SMK

e.  Perbaikan Pengisian Rombongan Belajar Praktik pada Jenjang SMK

Perbaikan ini tidak terlalu berpengaruh terhadap tampilan front-end aplikasi, melainkan hanya perbaikan dari bugs yang ditemukan pada aplikasi versi sebelumnya. Saat ada perbaikan di rombel utama, maka rombel praktiknya akan otomatis menyesuaikan dengan isian rombel utama tersebut.



0 Response to "Penambahan Tanggal Mulai dan Selesai, Penonaktifan Kurikulum 2006, dan Perubahan Proses Pada Rombongan Belajar (Rombel) SMK di Aplikasi Dapodik Versi 2021"

Post a comment