Buku Untuk Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pengalaman Baik Mengajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah merilis Buku Pengalaman Baik Mengajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19 Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

Dalam rangka pelaksanaan program prioritas Presiden Republik Indonesia mengenai Nawa Cita ke-3 yaitu “membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara kesatuan”, Program Kemitraan GTK Dikdas merupakan salah satu program Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar (Direktorat GTK Dikdas) untuk meningkatkan dan memeratakan mutu pendidikan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Program Kemitraan GTK Dikdas bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja guru SMP dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran pada empat mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan Matematika yang bermuara pada mutu lulusan (peserta didik).


Pada saat pandemi COVID-19, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan proses pembelajaran dilakukan dari rumah sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 36962/MPK.A/HK/2020 Tanggal 17 Maret 2020 tentang Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Pengalaman pembelajaran secara daring dari rumah tentu saja menjadi pengalaman baru bagi guru inti maupun kepala sekolah inti Program Kemitraan. Untuk itu, Direktorat GTK Dikdas memfasilitasi para guru inti dan kepala sekolah inti untuk saling berbagi pengalaman melalui tulisan pengalaman baik selama belajar di rumah.

Buku ini merupakan kumpulan tulisan guru inti mata pelajaran Bahasa Indonesia. Harapannya, buku ini bisa menjadi wawasan dan inspirasi bagi guru-guru lain dalam menjalankan pembelajaran secara daring. Akhirnya, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat aktif dalam penyelesaian buku ini. (Kata Pengantar oleh Plt. Direktur GTK Dikdas, Dr. Santi Ambarrukmi, M.E).

Download/unduh selengkapnya Buku Pengalaman Baik Mengajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, silahkan klik pada tautan yang tersedia pada tampilan di bawah ini:

0 Response to "Buku Untuk Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pengalaman Baik Mengajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19"

Post a comment