Buku PJOK Aktif Berolahraga Kurikulum 2013 Untuk Guru Kelas 4 SD/MI

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan bagian integral dari program pendidikan nasional untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak,keterampilan berpikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitasemosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih. Pengembangan aspek-aspek tersebut dilakukan melalui pembekalan pengalaman belajar menggunakan aktivitas jasmani terpilih serta dilakukan secara sistematis dilandasi nilai-nilai keimanan dan ketakwaan.

Pembekalan pengalaman belajar dilakukan dengan menjadikan peserta didik sebagai subjek pembelajaran. Proses dan hasilpembelajaran diukur melalui penilaian kinerja untuk mengetahui ketercapaian kompetensi. Kompetensi PJOK dikembangkan berdasarkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik.

Pengembangan kompetensi ranah fisik dan motorik didasarkan prinsip pertumbuhan serta perkembangan fisik dan gerak. Pembelajaran ranah fisik dan gerak dibedakan sesuai jenjang pendidikan. Pada jenjang pendidikan SD/MI kelas rendah (kelas 1–3) diarahkan mencapai penyempurnaan dan pemantapan pola gerak dasar, pengembangan kebugaran jasmani, serta pola hidup sehat.


Pencapaian kompetensi dilakukan melalui permainan sederhana dan tradisional, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, aktivitas air, dan materi kesehatan. Pada kelas tinggi (4–6) diarahkan untuk pengembangan gerak dasar menuju kesiapan gerak spesifik, pengembangan kebugaran jasmani, serta gaya hidup sehat melalui permainan bola besar, permainan bola kecil, atletik, bela diri, senam, gerak berirama, aktivitas air, dan materi kesehatan.

Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas IV ini disusun untuk memandu guru dalam menyampaikan materi pada buku Aktif Berolahraga – Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas IV. Melalui buku ini, guru dapat melaksanakan pembelajaran PJOK secara lebih menyenangkan mencakup pembelajaran abad XXI dengan 4C, yaitu communication, collaborative, critical thinking and problem solving, serta creativity and innovation. Buku ini diharapkan membantu guru melaksanakan kegiatan pembelajaran yang variatif dan tidak monoton sehingga peserta didik termotivasi mengikuti kegiatan pembelajaran.

Buku Guru Aktif Berolahraga-Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas IV ini memuat cara mengoperasionalkan buku siswa. Tahap-tahap pembelajaran yang disajikan buku ini selaras dengan buku siswa untuk memenuhi tuntutan higher order thinking skills (HOTS) dan menyisipkan nilai penguatan pendidikan karakter (PPK). Guru dapat menerapkan metode pembelajaran variatif sesuai panduan pada buku ini.

Melalui panduan buku ini, guru dapat menerapkan pembelajaran saintifik sebagaimana diamanatkan dalam Kurikulum 2013. Guru akan mampu menciptakan situasi pembelajaran yang menarik bagi peserta didik dan jauh dari kesan membosankan.

Adapun daftar isi utama dalam Buku Guru Aktif Berolahraga Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk Kelas 4 SD/MI ini adalah sebagai berikut:

Pelajaran I Variasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Bola Besar
Pelajaran II Variasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Bola Kasti
Pelajaran III Variasi Gerak Dasar Jalan, Lari, Lompat, dan Lempar
Pelajaran IV Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor dalam Bela Diri Pencak Silat
Pelajaran V Aktivitas Kebugaran Jasmani
Pelajaran VI Variasi dan Kombinasi Berbagai Pola Gerak Dominan dalam Gerakan Senam Lantai
Pelajaran VII Variasi Langkah dan Ayunan Lengan pada Aktivitas Gerak Berirama
Pelajaran VIII Renang Gaya Bebas
Pelajaran IX Jenis-Jenis Cedera dan Cara Penanggulangannya
Pelajaran X Perilaku Terpuji dalam Pergaulan Sehari-hari
Kunci Jawaban Penilaian Akhir Semester
Kunci Jawaban Penilaian Akhir Semester 1
Kunci Jawaban Penilaian Akhir Semester 2

Download/unduh Buku Guru Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Aktif Berolahraga Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan silahkan klik pada tautan di bawah ini:


0 Response to "Buku PJOK Aktif Berolahraga Kurikulum 2013 Untuk Guru Kelas 4 SD/MI"

Post a Comment