Buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Edisi Revisi 2018 Untuk Siswa Kelas 6 SD

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Belajar bukan sekadar untuk tahu, melainkan dengan belajar seseorang menjadi tumbuh dan berubah. Tidak sekadar belajar lalu berubah, dan menjadi semakin dekat dengan Allah sendiri. Sebagaimana tertulis dalam Mazmur 119:73, “Tangan-Mu telah menjadikan aku dan membentuk aku, berilah aku pengertian, supaya aku dapat belajar perintah-perintah-Mu”. Tidak sekadar belajar lalu berubah, tetapi juga mengubah keadaan. Kurikulum 2013 dirancang agar tahapan pembelajaran memungkinkan siswa berkembang dari proses menyerap pengetahuan dan mengembangkan keterampilan hingga memekarkan sikap serta nilai-nilai luhur kemanusiaan.

Pembelajaran agama diharapkan mampu menambah wawasan keagamaan, mengasah keterampilan beragama dan mewujudkan sikap beragama siswa yang utuh dan berimbang yang mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya, sesama manusia dan manusia dengan lingkungannya. Untuk itu, pendidikan agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan penanaman karakter dalam pembentukan budi pekerti yang luhur. Karakter yang ingin kita tanamkan antara lain: kejujuran, kedisiplinan, cinta kebersihan, kasih sayang, semangat berbagi, optimisme, cinta tanah air, kepenasaran intelektual, dan kreativitas.

Buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas II ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa dalam usaha memahami pengetahuan agamanya dan diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial.


Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Penyesuaian ini antara lain dengan membuka kesempatan luas bagi guru untuk berkreasi dan memperkayanya dengan kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan, yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.

Adapun daftar isi utama dalam Buku Siswa Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas untuk Kelas 6 Sekolah Dasar Edisi Revisi Tahun 2018 ini adalah sebagai berikut:

Pelajaran I Ibadah yang Sejati

Pelajaran II Beribadahlah! Sebab Tuhan itu Baik

Pelajaran III Bernyanyilah dengan Roh dan Akal Budimu

Pelajaran IV Bacalah dan Temukanlah

Pelajaran V Berkomunikasi dengan Tuhan

Pelajaran VI Memberi dengan Rela dan Hati yang Gembira

Pelajaran VII Bersyukurlah Senantiasa

Pelajaran VIII Muliakanlah Tuhan dengan Belajar

Pelajaran IX Bermain sambil Memuliakan Tuhan

Pelajaran X Saling Melayani

Pelajaran XI Pemimpin yang Melayani

Pelajaran XII Melayani dalam Keluarga

Pelajaran XIII Melayani di Gereja

Pelajaran XIV Melayani Masyarakat

Download/unduh Buku Siswa Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas VI SD Edisi Revisi 2018 silahkan klik pada tautan di bawah ini:


0 Response to "Buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Edisi Revisi 2018 Untuk Siswa Kelas 6 SD"

Post a Comment