Buku Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Edisi Revisi 2018 Untuk Guru Kelas XII SMA/SMK

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Di awal tahun pelajaran tahun pelajaran 2020/2021 ini, saya akan share links download / unduh gratis Buku Kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti untuk Guru SMA/SMK Kelas XII Edisi Revisi 2018.

Kurikulum 2013 dirancang agar peserta didik tidak hanya bertambah pengetahuannya, tetapi meningkat juga keterampilannya dan semakinmulia kepribadiannya. Ada kesatuan utuh antara kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Keutuhan ini perlu tercermin dalam pembelajaran agama. Melalui pembelajaran pengetahuan agama diharapkan akan terbentuk keterampilan beragama dan terwujud sikap beragama siswa. Tentu saja sikap beragama yang berimbang, mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya dan hubungan manusia dengan sekitarnya. Untuk memastikan keseimbangan ini, pelajaran agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan budi pekerti.

Hakikat budi pekerti adalah sikap atau perilaku seseorang dalam hubungannya dengan Tuhan, diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa, serta alam sekitar. Jadi, pendidikan budi pekerti adalah usaha menanamkan nilai-nilai moral ke dalam sikap dan perilaku generasi bangsa agar mereka memiliki kesantunan dalam berinteraksi. Nilai-nilai moral/karakter yang ingin kita bangun antara lain adalah sikap jujur, disiplin, bersih, penuh kasih sayang, punya kepenasaran intelektual, dan kreatif.


Di sini pengetahuan agama yang dipelajari para siswa menjadi sumber nilai dan penggerak perilaku mereka. Sekadar contoh, di antara nilai budi pekerti dalam ajaran Khonghucu dikenal Wu Chang (lima kebijakan lestari), Wu Lun (lima hubungan sosial), dan Ba De (delapan kebajikan). Mengenai Wu Chang, Kongzi menegaskan bahwa siapa dapat memasukan lima hal ke dalam kebiasaan di mana pun di bawah langit akan menjadi orang yang berbudi luhur. Saat ditanya apa saja kelima hal tersebut, ia menjawab, “Cinta kasih, kebenaran, kesusilaan, kebijaksanaan, dan dapat dipercaya. Apabila kamu berlaku sopan, kamu tidak akan dihina; bila kamu murah hati kamu akan memenangkan orang banyak; bila kamu setia, orang lain akan mempercayaimu; bila kamu tekun, kamu akan berhasil; dan bila kamu baik hati, kamu akan memimpin orang lain” (A 17.6). Kata kuncinya, budi pekerti adalah tindakan, bukan sekedar pengetahuan yang harus diingat oleh para siswa, maka proses pembelajarannya mesti mengantar mereka dari pengetahuan tentang kebaikan, lalu menimbulkan komitmen terhadap kebaikan, dan akhirnya benar-benar melakukan kebaikan.

Buku Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas XII ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi-bagi dalam kegiatankegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa dalam usaha memahami pengetahuan agamanya. Tidak berhenti dengan memahami, tapi pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Untuk itu, sebagai buku agama yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitas-aktivitas. Urutan pembelajaran dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa. Dengan demikian, materi buku ini bukan untuk dibaca, didengar, ataupun dihafal oleh siswa maupun guru, melainkan untuk menuntun apa yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya dalam memahami dan menjalankan ajaran agamanya.

Buku ini bukanlah satu-satunya sumber belajar bagi siswa. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diberanikan untuk mempelajari agamanya dengan mengamati sumber belajar yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkayanya secara kreatif dengan kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dengan tempat buku ini diajarkan, baik belajar melalui sumber tertulis maupun belajar langsung dari sumber lingkungan sosial dan alam sekitar.

Adapun daftar isi utama dari Buku Kurikulum 2013 mata pelajaran / bidang studi Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas XII Edisi Revisi 2018 di antaranya adalah sebagai berikut:

Bagian Satu Penjelasan Umum

Bab I Pendidikan dalam Pandangan Khonghucu
Bab II Prinsip dan Pendekatan Pembelajaran
BAB III Penilaian Pembelajaran

Bagian Dua Penjelasan BAB

BAB I Hakikat dan Semangat Belajar
BAB II Filosofi dan Pemetaan Yin Yang
BAB III Zhong Shu Garis Besar Ajaran Khonghucu
BAB IV Makna dan Sejarah Perkembangan Kitab Suci
BAB V Ajaran Tengah Sempurna
BAB VI Sikap dan Perilaku Junzi
BAB VII Makna Tahun Baru Yinli

Download/unduh Buku Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Edisi Revisi 2018 untuk Guru SMA dan SMK Kelas 12 (Dua Belas) untuk semester 1 dan semester 2 selengkapnya silahkan klik pada tautan yang tersedia di bawah ini:


0 Response to "Buku Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Edisi Revisi 2018 Untuk Guru Kelas XII SMA/SMK"

Post a Comment