Buku Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Edisi Revisi 2018 Untuk Siswa Kelas 3 SD

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Pembelajaran agama diharapkan mampu menambah wawasan keagamaan, mengasah keterampilan beragama dan mewujudkan sikap beragama peserta didik yang utuh dan berimbang yang mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya, sesama manusia dengan lingkungannya.

Untuk itu, pendidikan agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan penanaman karakter dalam pembentukan budi pekerti yang luhur. Karakter yang ingin kita tanamkan antara lain: kejujuran, kedisiplinan, cinta kebersihan, cinta kasih, semangat berbagi, optimisme, cinta tanah air, kepenasaran intelektual, dan kreativitas.

Nilai-nilai karakter itu digali dan diserap dari pengetahuan agama yang dipelajari para siswa dan menjadi penggerak dalam pembentukan, pengembangan, peningkatan, pemeliharaan, dan perbaikan perilaku anak didik agar mau dan mampu melaksanakan tugas-tugas hidup mereka secara selaras, serasi, seimbang antara lahir-batin, jasmani-rohani, material spiritual, dan individu-sosial. Sebagai makhluk yang diciptakan seturut gambar Allah, manusia perlu mengembangkan sifat cinta kasih dan takut akan Allah, memiliki kecerdasan, keterampilan, budi pekerti luhur, memelihara lingkungan,serta ikut bertanggung jawab dalam pembangunan masyarakat, bangsa dan negara. [Sigit D.K.: 2013]

Buku pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi-bagi dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa dalam usaha memahami pengetahuan agamanya. Akan tetapi, pengetahuan agama bukanlah hasil akhir yang dituju. Pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Untuk itu, sebagai buku agama yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitas-aktivitas.


Di dalamnya, dirancang urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa. Dengan demikian, buku ini menuntun apa yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk memahami dan menjalankan ajaran iman katolik.

Buku ini bukanlah satu-satunya sumber belajar bagi siswa. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa didorong untuk mempelajari agamanya melalui pengamatan terhadap sumber belajar yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Lebih-lebih untuk usia remaja perlu ditantang untuk kritis sekaligus peka dalammenyikapi fenomena alam, sosial, dan seni budaya. Peran guru sangat penting untuk menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian kegiatan yang ada pada buku ini. Penyesuaian ini antara lain dengan membuka kesempatan luas bagi kreativitas guru untuk memperkayanya dengan kegiatankegiatan lain yang sesuai dan relevan dengan tempat di mana buku ini diajarkan, baik belajar melalui sumber tertulis maupun belajar langsung dari sumber lingkungan sosial dan alam sekitar.

Adapun daftar isi utama dalam Buku Siswa Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas untuk Kelas 3 Sekolah Dasar Edisi Revisi Tahun 2018 ini adalah sebagai berikut:

Pelajaran I Pribadi Peserta Didik dan Lingkungannya
A. Saya Tumbuh dan Berkembang
B. Saya Mampu Membedakan Perbuatan Baik dan Buruk

Pelajaran II Yesus Kristus
A. Kisah Yakub
B. Kisah Yusuf
C. Kisah Musa
D. Yohanes Pembaptis
E. Percakapan dengan Nikodemus
F. Yesus memberi Makan Lima Ribu Orang
G. Perumpamaan tentang Anak yang Hilang

Pelajaran III Gereja
A. Sakramen Baptis
B. Sakramen Ekaristi
C. Sakramen Tobat
D. Iman
E. Harapan
F. Kasih

Pelajaran IV Masyarakat
A. Pemimpin Masyarakat
B. Tradisi Masyarakat
C. Melestarikan Lingkungan Alam

Download/unduh Buku Siswa Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas III SD Edisi Revisi 2018 silahkan klik pada tautan di bawah ini:

0 Response to "Buku Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Edisi Revisi 2018 Untuk Siswa Kelas 3 SD"

Post a comment