Solusi Mengatasi Gagal Sinkronisasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020

Sahabat Operator Dapodikdasmen Versi 2020 yang berbahagia... Berikut ini akan saya rangkum berbagai solusi terkait aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 yang digunakan untuk entri data semua entitas pendidikan yakni dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB di semester 1 (ganjil) tahun pelajaran 2019/2020 ini. Dari berbagai permasalahan yang ada hingga hari ini, Rabu (12 September 2019) ada salah satu masalah yang timbul yakni saat akan melakukan sinkronisasi.

Oleh karena itu, dalam kesempatan ini saya akan uraikan langkah-langkah untuk solusi mengatasi permasalah tersebut yang mana ada beberapa masalah, namun sebelum melakukan langkah-langkah dalam mengatasi setiap permasalahan yang ada untuk persiapan awal saya sarankan Rekan-rekan melakukan bebeberapa langkah di bawah ini, namun jika sudah dipastikan melakukannya silahkan langsung menuju pada masalah dan solusi di bawahnya:

Berikut langkah-langkah persiapan awal dalam mengatasi permasalahan yang terjadi pada aplikasi Dapodikdasmen versi 2020:

1.   Web browser Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru
2.   Delete all time historis web browser untuk jalankan aplikasi Dapodikdasmen versi 2020
3.   Pastikan koneksi internet Anda berjalan dengan lancar

Setelah itu, silahkan lakukan langkah-langkah di bawah ini sesuai dengan masalah yang terjadi pada komputer Anda:

1. Masalah muncul notifikasi Silahkan update aplikasi sinkronisasi Anda dengan versi terbaru

Solusi :

Setelah klik pada menu Sinkronisasi lalu validasi 0, klik tombol Update Versi Sinkronisasi sebelum klik tombol Sinkronisasi.

2. Muncul notifikasi sebagaimana gambar berikut:


Solusi :

1. Download/unduh file di sini kemudian extract file

2. Buka DapodikWebSrv dan klik Stop DapodikDB dan Stop terlebih dahulu kedualnya pada service manager dengan cara pada ketikkan tulisan Services di Start Menu kemudian Services à Services (Lokal) à Klik kanan pada DapodikWebSrv lalu klik Stop à Klik kanan pada DapodikDB lalu klik Stop. 

Lalu klik Start kembali pada DapodikDB jika proses replace file pada nomor 3 di bawah ini selesai.

3. Copy file tersebut dan replace/timpakan:
    - untuk Windows 32bit ke C:\Program Files\Dapodik\dataweb\synch_dikdas
    - untuk Windows 64bit ke C:\Program Files (x86)\Dapodik\dataweb\synch_dikdas

3. Masalah muncul masalah Proses Sinkronisasi dihentikan karena masih terdapat data Invalid Untuk lebih detail, silahkan cek di halaman validasi Front End.

Solusi :

1. Download/unduh file di sini kemudian extract file kemudian 

2. Buka DapodikWebSrv dan klik Stop DapodikDB dan Stop terlebih dahulu kedualnya pada service manager dengan cara pada ketikkan tulisan Services di Start Menu kemudian Services à Services (Lokal) à Klik kanan pada DapodikWebSrv lalu klik Stop à Klik kanan pada DapodikDB lalu klik Stop. Lalu klik Start kembali pada DapodikDB jika proses replace file pada nomor 3 di bawah ini selesai.

3. Copy file tersebut dan replace/timpakan:
    - untuk Windows 32bit ke C:\Program Files\Dapodik\dataweb\synch_dikdas
    - untuk Windows 64bit ke C:\Program Files (x86)\Dapodik\dataweb\synch_dikdas

Dalam waktu dekat dimungkinkan akan ada versi terupdate aplikasi Dapodikdasmen versi 2020.a, semoga akan mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi di atas. Jika ada solusi terbaru nanti saya usahakan akan saya update lagi di laman ini. Terimakasih. Salam Satu Data..!


0 Response to "Solusi Mengatasi Gagal Sinkronisasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020"

Post a comment