Cara Cek Integrasi Data Peserta Didik di Dapodik dan Dukcapil Tahun Pelajaran 2019/2020

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Saat ini integrasi data Dapodik (Data Pokok Pendidikan) dan Dukcapil (Kependudukan dan Pencatatan Sipil) sudah mulai dapat digunakan oleh Rekan-rekan Operator Dapodik pada jenjang pendidikan dasar,  untuk cek validasi data peserta didik yakni antara data dalam Dapodik dan data dalam SIAK.

Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif, sedangkan SIAK (Informasi Administrasi Kependudukan) adalah suatu sistem informasi yang ditumbuh-kembangkan berdasarkan prosedur-prosedur pelayanan administrasi kependudukan dengan menerapkan sistem teknologi informasi dan komunikasi guna menata sistem administrasi kependudukan di Indonesia.


Adapun beberapa rincian data peserta didik yang ditampilkan dari adanya Integrasi Data Peserta Didik Dapodik dan Dukcapil di antaranya adalah :
a.   NIK (Nomor Induk Kependudukan),
b.   Nama Lengkap,
c.   Tempat Lahir,
d.   Tanggal Lahir,
e.   Ibu Kandung, dan
f.    Jenis Kelamin.

Lalu bagaimana cara cek kesamaan atau perbedaan data untuk perbandingan validasi data peserta didik Integrasi Data Peserta Didik Dapodik dan Dukcapil, berikut langkah-langkahnya:

1.   Kunjungi tautan pada laman pd.data.kemdikbud.go.id

2.   Login menggunakan Username dan Password operator Dapodik

3.   Klik pada menu “Dukcapil” pada bagian pojok atas.

4.   Selanjutnya akan tampil data-data terkait peserta didik hasil dari Integrasi Data Peserta Didik antara Dapodik & Dukcapil (NIK, Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Ibu Kandung dan Jenis Kelamin).
.
Selanjutnya setelah kawan-kawan operator mengetahui yang benar, maka bisa dicek kembali pada data fisik Peserta Didik apakah ada yang kurang benar, misalnya NIK cek pada Kartu Keluarga, Nama, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir, serta nama ibu kandung dari Akta Lahir. Selanjutnya diperbaiki lagi baik dari aplikasi Dapodikdasmen maupun melalui Verval PD sesuai dengan rincian data yang akan diperbaiki sehingga data-data peserta didik dalam aplikasi Dapodikdasmen benar-benar berkualitas. Semoga bermanfaat dan salam satu data...!

0 Response to "Cara Cek Integrasi Data Peserta Didik di Dapodik dan Dukcapil Tahun Pelajaran 2019/2020"

Post a comment