Panduan Cara Validasi Data Siswa Penerima PIP Tahun Pelajaran 2019/2020

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia... Di awal tahun pelajaran 2019/2020 ini, Rekan-rekan operator Dapodik khususnya pada jenjang SD perlu melakukan validasi data siswa penerima PIP (Program Indonesia Pintar) Tahun 2018 yang mana nantinya ada beberapa data siswa penerima yang dapat dinyatakan tidak layak lagi menerima PIP dengan beberapa pilihan di antaranya: siswa mampu, sudah meninggal, menolak mendapatkan PIP, putus sekolah, sudah lulus/tamat SD, pindah sekolah, siswa ganda, atau tidak diketahui keberadaannya

Adapun cara untuk melakukan Validasi Data Siswa Penerima PIP SD Tahun Pelajaran 2019/2020 adalah dengan cara sebagai berikut:

1.   Login pada link http://pipsd.kemdikbud.go.id/


2.   Masukkan Email dan Password yang digunakan untuk login aplikasi Dapodikdasmen dan input NPSN sekolah Anda lalu Pilih Tipe Login “Login Operator Sekolah” kemudian klik tombol “Login”.

3.   Setelah itu, silahkan klik pada tombol “Validasi Data” dan pilih tahun “2018”.


4.   Kemudian akan ditampilkan daftar siswa calon penerima PIP pada sekolah Anda, jika ternyata Siswa yang tampil benar-benar layak menerima PIP dan merupakan siswa aktif pada sekolah kita pada tahun pelajaran 2019/2020 ini, maka cukup dibiarkan saja dengan status “Layak”.

5.   Namun bagi beberapa siswa yang ternyata di tahun pelajaran 2019/2020 ini masuk pada kategori siswa mampu, sudah meninggal, menolak mendapatkan PIP, putus sekolah, sudah lulus/tamat SD, pindah sekolah, siswa ganda, atau tidak diketahui keberadaannya maka dapat diubah status validasinya menjadi Tidak Layak PIP dengan klik pada tombol “Ubah Jadi Tidak”.


Jika Ada Kesalahan Pembatalan siswa , Silakan Refresh/Reload Halaman kemudian ajukan lagi sebagai siswa Layak PIP dengan klik tombol “Ubah Jadi Layak”. 



Demikian panduan cara mudah validasi data siswa penerima PIP di tahun pelajaran 2019/2020 ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Satu Data Berkualitas...!

0 Response to "Panduan Cara Validasi Data Siswa Penerima PIP Tahun Pelajaran 2019/2020"

Post a comment