Juknis Kemitraan Sekolah Dasar (SD) Dengan Keluarga dan Masyarakat

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Berdasarkan Petunjuk Teknis Kemitraan Sekolah Dasar (SD) dengan Keluarga dan Masyarakat bahwasannya orang tua adalah pendidik utama dan terpenting, namun juga yang paling tak tersiapkan. Pasalnya, mereka harus mencari sendiri informasi dan pengetahuan tentang bagaimana menumbuhkan dan mendukung pendidikan anak-anak mereka dalam kondisi positif. Selama ini, jika berbicara pendidikan maka fokus pembicaraan hanya kerap jatuh kepada siswa dan guru. Sementara orangtua seperti diabaikan dalam pendidikan.

Padahal, orang tua memiliki peran sangat besar dalam pendidikan anak. Keberhasilan pendidikan anak bergantung kepada keterlibatan keluarga. Banyak penelitian menunjukan bahwa keterlibatan orang tua di sekolah bermanfaat, antara lain:

(1)  bagi peserta didik mendukung prestasi akademik, meningkatkan kehadiran, kesadaran terhadap kehidupan yang sehat, dan meningkatkan perilaku positif;
(2)  bagi orang tua memperbaiki pandangan terhadap sekolah, meningkatkan kepuasan terhadap guru, dan mempererat hubungan dengan anak; dan
(3)  bagi sekolah memperbaiki iklim sekolah, meningkatkan kualitas sekolah, dan mengurangi masalah kedisiplinan.

Sekolah tidak dapat memberikan semua kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan peserta didiknya, sehingga diperlukan keterlibatan bermakna dari orangtua/keluarga dan anggota masyarakat. Anak-anak belajar dengan lebih baik jika lingkungan sekitarnya mendukung, yakni orang tua, guru, dan anggota keluarga lainnya serta masyarakat sekitar. Artinya, sekolah, keluarga, dan masyarakat merupakan “tri sentra pendidikan” yang sangat penting untuk dapat menjamin pertumbuhan anak secara optimal. Untuk itu, perlu dibangun kemitraan antara sekolah, keluarga, dan masyarakat.


Kemitraan antara sekolah dengan keluarga dan masyarakat dalam membangun ekosistem pendidikan sejalan dengan visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu “Terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong”. Oleh karena itu, diharapkan kemitraan antar tri sentra pendidikan tersebut dapat berjalan dengan baik dan bermakna.

Sebagai unsur dalam ekosistem yang terdekat dengan anak, keluarga mempunyai banyak kesempatan melalui interaksi dan komunikasi sehari-hari. Bentuk dan cara-cara interaksi dengan anak di dalam keluarga akan memengaruhi pertumbuhan karakter anak. Proses interaksi yang diterima anak dari keluarga inilah yang akan digunakan oleh anak sebagai dasar untuk proses perkembangan selanjutnya di luar rumah, termasuk di sekolah dan masyarakat.

Adapun daftar isi dalam buku panduan / Juknis Kemitraan Sekolah Dasar / SD Dengan Keluarga dan Masyarakat adalah sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Dasar Hukum
C. Tujuan
D. Sasaran

BAB II KONSEP DAN BENTUK KEMITRAAN
A. Pengertian
B. Tujuan Program Kemitraan
C. Model Kemitraan
D. Prinsip Kemitraan
E. Bentuk Kemitraan
F. Peran Pelaku Kemitraan

BAB III STRATEGI PELAKSANAAN KEMITRAAN
A. Perencanaan Program Kemitraan
B. Pengorganisasian Program Kemitraan
C. Pelaksanaan Program Kemitraan
D. Supervisi dan Evaluasi Program Kemitraan

BAB IV PEMBINAAN KEMITRAAN
A. Pembinaan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
B. Pembinaan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

BAB V PENUTUP

DAFTAR TABEL
Tabel 3.1 Program Kegiatan
Tabel 3.2 Agenda Pertemuan Wali Kelas dengan Orang Tua Pada Hari Pertama Masuk Sekolah
Tabel 3.3 Daftar Hadir Pertemuan Wali Kelas dengan Orang tua/Wali
Tabel 3.4 Data Orang tua/Wali
Tabel 3.5 Kegiatan yang Dilakukan di Rumah
Tabel 3.6 Agenda Pertemuan Ke...Wali Kelas dengan Orang tua/Wali
Tabel 3.7 Indikator Pelibatan Keluarga di Sekolah
Tabel 3.8 Indikator Penumbuhan Budi Pekerti

DAFTAR INFOGRAFIS
Infografis 1.1 Sasaran Pendidikan Keluarga
Infografis 2.1 Model Operasional Kemitraan Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat
Infografis 3.1 Contoh Jadwal Pelibatan Orang Tua/Wali (Keluarga) di Sekolah

Download/unduh selengkapnya Juknis Kemitraan SD Dengan Keluarga dan Masyarakat, silahkan klik pada tautan yang tersedia di bawah ini:

0 Response to "Juknis Kemitraan Sekolah Dasar (SD) Dengan Keluarga dan Masyarakat"

Post a comment