Hal-hal Penting Seputar Pelaksanaan PLS Tahun Pelajaran 2019/2020 TK, SD, SMP, SMA/SMK, SLB

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Di awal tahun pelajaran baru 2019/2020, di sekolah dilaksanakan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang untuk pelaksanaan mengacu pada Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.

Adapun beberapa poin penting terkait dengan pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru di tahun pelajaran 2019/2020 yang saya rangkum dari Kemendikbud adalah sebagai berikut:

Kapan Pelaksanaan Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah?

Kegiatan dilakukan di hari dan jam pelajaran sekolah. Dalam jangka paling lama 3 (tiga) hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran. Sekolah berasrama diperbolehkan menyesuaikan jangka waktu yang diperlukan dengan terlebih dahulu melapor pada dinas pendidikan setempat.


Yang Wajib dilakukan dalam PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) :

1.   Guru merencanakan dan menyelenggarakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah.
2.   Kegiatan dilakukan dilingkungan sekolah, kecuali jika sekolah kekurangan fasilitas.
3.   Kegiatan yang dilakukan bersifat edukatif, kreatif, dan menyenangkan.
4.   Siswa baru memakai seragam dan atribut resmi dari sekolah.
5.   Sekolah waib meminta izin tertulis dengan menyertakan rincian kegiatan dan mendapatkan izin tertulis dari orang tua calon peserta pengenalan anggota baru ekstrakurikuler.
6.   Sekolah wajib menugaskan paling sedikit 2 (dua) orang guru untuk mendampingi kegiatan pengenalan anggota baru ekstrakurikuler.


Yang Dilarang Dilakukan dalam PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) :

1.   Siswa senior dan/atau alumni dilibatkan sebagai penyelenggara.
2.   Melecehkan, memberikan hukuman fisik dan/atau tidak mendidik.
3.   Pembebanan Tugas atau penggunaan atrbut yang tidak masuk akal dan/atau tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran siswa.
4.   Dilakukan di luar jam pelajaran sekolah.
5.   Adanya unsur perpeloncoan dalam kegatan.
6.   Melakukan pungutan baya maupun bentuk pungutan lainnya.


Yang dilakukan selama PLS :

Sekolah wajib menyampaikan perencanaan kegiatan kepada orang tua pada saat lapor sebagai siswa baru Laporkan evaluasi pelaksanaan secara tertulis maupun pertemuan orang tua paling lambat 7 hari setelah pengenalan lingkungan sekolah.


Siswa, orang tua/wali, dan masyarakat dapat melaporkan pelanggaran yang terjadi ke: Unit Layanan Terpadu 021-5790 3030 / 021-570 3303 Inspektorat Jenderal 021-573 6943.


Baca dan download di sini Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru dengan klik di sini. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

0 Response to "Hal-hal Penting Seputar Pelaksanaan PLS Tahun Pelajaran 2019/2020 TK, SD, SMP, SMA/SMK, SLB"

Post a comment