Download Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 5 Edisi Revisi 2017

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Di tahun pelajaran 2018/2019 ini, saya akan share links download / unduh gratis Buku Kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 5 Edisi Revisi 2017 baik yang untuk Guru maupun Siswa. Sebagaimana disampaikan dalam kata pengantar dalam buku Pendidikan Agama dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 5 Edisi Revisi 2017 bahwasannya Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan pembelajaran aktif berdasarkan nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah telah melakukan penyesuaian beberapa nama mata pelajaran yang antara lain adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Kurikulum 2013 sudah tidak lagi menggunakan standar kompetensi (SK) sebagai acuan dalam mengembangkan kompetensi dasar (KD). Sebagai gantinya, Kurikulum 2013 telah menyusun kompetensi inti (KI). Kompetensi inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap kelas atau program (Permendikbud No. 13 Tahun 2015, pasal 1, ayat 13).

Kompetensi Inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam Kompetensi Dasar (KD). KD adalah tumpuan untuk mencapai kompetensi inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran (Permendikbud No. 13 Tahun 2015, pasal 1, ayat 14).


Perubahan perilaku dalam pengamalan ajaran agama dan budi pekerti menjadi perhatian utama. Tujuan penyusunan Buku Pegangan Guru ini adalah untuk memberikan panduan bagi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam buku ini terdapat lima hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu: proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi guru dengan orangtua peserta didik.

Untuk mewujudkan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang efektif dan budaya Islami di sekolah, perlu adanya sinergi antara guru PAI dan BP dengan guru lainnya, serta perlu adanya dukungan dari kepala sekolah. Penciptaan budaya Islami dapat dilakukan melalui pembelajaran PAI dan Budi Pekerti baik di dalam kelas maupun di luar kelas seperti di musalla, masjid, laboratorium atau lainnya yang berada di lingkungan sekolah.

Penambahan jam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dimaksudkan untuk mengoptimalkan pengamalan agama Islam bagi peserta didik dan membentuk budaya Islami di sekolah. Oleh karena itu, penyerapan metode pembiasaan dan keteladanan mutlak di perlukan seperti: tadarus al-Qur'ān, doa sebelum dan sesudah pembelajaran, salat duha, salat Ẓuhur berjamaah, PHBI, zikir bersama, outbound Islami, dan lain-lain.

Adapun link untuk mengunduh / download selengkapnya Pendidikan Agama dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 5 Edisi Revisi 2017 untuk Guru dan Siswa SMP/MTs Kelas 5 (Lima) selengkapnya silahkan klik pada tombol tersemat dalam tampilan di bawah ini:

1. Download/Unduh Buku Guru SD/MI Kelas V Pendidikan Agama dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 5 Edisi Revisi 2017

2. Download/Unduh Buku Siswa SD/MI Kelas V Pendidikan Agama dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 5 Edisi Revisi 2017

Demikian buku kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 5 Edisi Revisi 2017 untuk Guru dan Siswa ini saya bagikan. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

0 Response to "Download Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 5 Edisi Revisi 2017"

Post a Comment