Daripada Waktu Dihabiskan Untuk Mengeluh, Sebaiknya Digunakan Untuk Beristirahat

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Secara manusiawi, mengeluh menjadi hal lumrah yang terjadi pada kita, hal tersebut terjadi karena adanya reaksi  untuk menyatakan susah (karena penderitaan, kesakitan, kekecewaan, dan sebagainya) dalam kehidupan ini.

Beberapa sebab mengeluh ini terjadi karena beberapa hal di antaranya karena adanya beban tugas dan pekerjaan yang berat, sakit, kehilangan, kerugian, dan kekecewaan, maupun beberapa kejadian yang kita anggap merugikan diri-sendiri tersebut.

Namun, dalam meraih kualitas hidup yang lebih baik, tentu mengeluh merupakan sesuatu penyikapan diri yang kurang bijak, di mana bersyukur, sabar, ikhlas menjadi sifat-sifat baik untuk mengatasi aneka ragam keluhan ini.




Selain hal tersebut di atas, jika pun pada saat kondisi lelah, sebagai pejuang tangguh kehidupan, hendaknya kita lebih bisa dewasa dalam menimalisir atau bahkan menghilangkan keluhan. Berbagai keluhan biasanya terluapkan melalui pembicaraan / curhat dengan teman dekat atau bahkan disampaikan ke khalayak umum (publik) melalui media sosial kita. Apakah ini akan mengurangi rasa keluh dan kesah tersebut? Tentu tidak, namun justru akan semakin mengorek rasa sakit pada luka yang sedang kita dera.

Lalu apa sih saja baik untuk kita lakukan untuk mengatasi ketika kita ingin mengeluh, yang pertama tentu saja hal baik yang perlu dilakukan saat kita ingin mengeluh adalah introspeksi diri, evaluasi diri, lalu sampaikanlah kepada Allah SWT bukan keluhannya namun permohonan ampun atas segala dosa dan kesalahan, lalu panjatkan do’a kepada-Nya dengan ketulusan, penerimaan, dan keikhlasan atas segala yang terjadi pada kita saat ini, dan mohonkan kekuatan, kesabaran, perlindungan, sehingga kita dapat terbebas dari jeratan rasa berkeluh-kesah ini.

Selain itu, daripada kita menghabiskan waktu untuk mengeluh lebih baik digunakan waktu tersebut untuk beristirahat, setelah itu lakukan usaha, do’a, dan lanjutkan hidup dengan lebih dewasa dan bijak... Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

0 Response to "Daripada Waktu Dihabiskan Untuk Mengeluh, Sebaiknya Digunakan Untuk Beristirahat"

Post a Comment