Download Formulir Aplikasi Dapodik V.2016 SD, SMP, SLB, SMA, dan SMK Tahun Pelajaran 2016/2017

Sahabat Operator Dapodik SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB di tahun pelajaran 2016/2017 yang berbahagia...

Kepastian akan adanya penyatuan aplikasi Dapodikdas yang sebelumnya digunakan untuk input Dapodik jenjang SD, SMP, dan SLB dengan aplikasi Dapodikmen untuk input Dapodik jenjang pendidikan menengah (SMA dan SMK) mulai pada semester 1 (ganjil) tahun pelajaran 2016/2017 ini positif telah diintegrasikan dalam satu aplikasi Dapodik generasi 5 pada versi V.2016.

Seperti halnya yang telah diinformasikan secara resmi melalui portal Data Pokok Pendidikan secara nasional untuk jenjang pendidikan dasar sekaligus menengah yakni SD, SMP, SMA, SMK dan SLB yang ditujukan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Kepala Sekolah, Operator Dapodikdi Seluruh Nusantara bahwasannya Aplikasi Dapodik 2016 merupakan pengembangan dan penggabungan dari Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB dan Aplikasi Dapodik SMA/SMK.

Sehingga, aplikasi Dapodik 2016 dapat digunakan untuk sekolah jenjang SD, SMP, SLB, SMA dan SMK. Secara teknis Aplikasi Dapodik 2016 juga mendapatkan pengembangan dan perubahan yang cukup banyak, baik dari sisi tampilan, pengembangan prosedur Registrasi maupun penambahan fitur dan atribut-atribut data baru lainnya.

Lalu, apa saja penambahan fitur / fungsi baru dan pembaruan di aplikasi dapodik V.2016 SD, SMP, SMA, SMK dan SLB, selengkapnya silahkan baca pada artikel berikut ini.

Pada Aplikasi Dapodik Versi 2016 database nya telah dilakukan upgrade versi untuk mengakomodir perkembangan kebutuhan. Maka untuk menggunakan Aplikasi Dapodik V.2016 sekolah yang sebelumnya menggunakan Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB versi 4.1.1 dan Aplikasi Dapodik SMA/SMK versi 8.4.0 harus melakukan install ulang menggunakan Installer Dapodik 2016 dan melakukan registrasi ulang kembali.


Silahkan dipersiapkan terlebih dahulu formulir isian mulai dari Formulir Sekolah (F-Sek), Formulir Peserta Didik (F-PD), Formulir Sarana dan Prasarana (F-Sarpras), Formulir Rombongan Belajar (F-Rombel), serta Formulir Pembelajaran (F-Pembelajaran) untuk jenjang pendidikan SMA dan SMK baik yang melaksanakan KTSP 2006 maupun Kurikulum 2013 di tahun pelajaran 2016/2017 ini.

Download selengkapnya formulir tersebut di atas, silahkan klik di tautan berikut.

Setelah aplikasi Dapodikdas V.2016 dirilis resmi nantinya, maka installer aplikasi Dapodik V.2016 yang kemungkinan juga akan disertakan juga Panduan Manual Aplikasi Dapodik V.2016 nantinya dapat diunduh langsung dari situs resminya pada URL  http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan.

Selamat mempersiapkan dalam rangkaian tugas mulia dalam proses pendataan ini Sahabat Operator Dapodik jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB se-Nusantara. Semoga senantiasa sehat, bahagia, dan sukses selalu... Salam satu data berkualitas...!

0 Response to "Download Formulir Aplikasi Dapodik V.2016 SD, SMP, SLB, SMA, dan SMK Tahun Pelajaran 2016/2017"

Post a Comment