Penjelasan Masalah Tidak Lolos Verval GTK Dalam Verifikasi Data Tunjangan Profesi di Lembar Info GTK

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia…

Pada akhir-akhir ini, khususnya setelah Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan dibentuk yang salah satu agendanya adalah menyatukan program Padamu Negeri dengan Dapodik dengan hasil akhir diintegrasikannya sistem pendataan pendidikan naungan Kemdikbud menggunakan aplikasi Dapodik sebagai acuan beberapa program yang terkait dengan guru salah satunya mengenai penerbitan SK tunjangan sertifikasi profesi Guru.

Terkait dengan hal tersebut Bpk. Nazaruddin Kompetan telah memberikan pencerahan informasi terkait adanya permasalahan yakni muncul keterangan “Tidak Lolos Verval GTK” pada lembar hasil cek data verfikasi tunjangan profesi guru pada lembar info GTK pada beberapa PTK yang telah bersertifikat pendidik, padahal pada periode semester sebelumnya tidak ada masalah.

Permasalahan ini sebenarnya sifatnya hanya sementara ini yang sempat menimbulkan banyak pertanyaan yang masuk pada akun Facebook beliau.


Penjelasan dari Pak Nazar, hal tersebut berkaitan erat dengan status NUPTK, NRG dan Nomor Peserta yakni pada bulan Juli saat Dirjen GTK terbentuk, maka data guru dari jenjang PAUD, Dikdas dan Dikmen disatukan. Dari hasil penyatuan tersebut, tidak semulus yang dibayangkan. Ternyata banyak sekali NUPTK yang digunakan lebih dari satu jenjang dengan data guru yang berbeda.

Ada NUPTK sama tapi NRG beda, NRG sama namun NUPTK-nya berbeda, dan ada NUPTK dan NRG sama akan tetapi No. Peserta berbeda. Data sumber dari masing-masing jenjang masing-masing unik, namun jadi tidak unik saat datanya digabungkan.

Selanjutnya timbul pertanyaan.. Bagaimana dengan status sertifikasinya sah ataukah tidak?, S.O.P sedang kita tunggu.

Beliau juga berpesan, sambil menunggu S.O.P, tidak ada salahnya jika PTK yang mengalami permasalahan tersebut menyiapkan beberapa berkas, yang mungkin saja nantinya akan diperlukan di antaranya :

1.   Form A1.
2.   Sertifikat.
3.   Ijazah terakhir.
4.   Pengantar dinas.
5.   NUPTK

Demikian info mengenai penyebab Tidak Lolos Verval GTK Pada Lembar Info GTK yang admin share dari fans page Bpk. Nazaruddin Kompetan. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Salam Edukasi…!

0 Response to "Penjelasan Masalah Tidak Lolos Verval GTK Dalam Verifikasi Data Tunjangan Profesi di Lembar Info GTK"

Post a Comment