Penjelasan Teknis Data Peserta Didik Belum Muncul di Laman Verval PD / NISN Setelah Sinkronisasi Aplikasi Dapodikdas V.4.0.0

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia…

Pada beberapa hari ini seringkali muncul pertanyaan kita tentang mengapa data khususnya peserta didik baru di tahun ajaran 2015/2016 yang sudah kita entrykan pada aplikasi Dapodik dan sudah berhasil sinkron akan tetapi pada residu Verval PD belum muncul.

Terkait dengan hal tersebut. Berikut saya share penjelasan dari Bpk. Taufik Lone selengkapnya :

Diingatkan kembali kepada teman-teman OPS Sekolah di seluruh Bumi Nusantara…

Sebelum membuka aplikasi VervalPD online :

·       Pastikan data yang di entry/diinput ke aplikasi DAPODIK sudah betul dan sesuai dengan berkas.
·       Lakukan sinkronisasi dengan benar, artinya :
ü Pastikan koneksi internet lancar dan tidak terganggu
ü Apabila report sinkronisasi menyatakan bahwa sinkronisasi berhasil dengan kecepatan pengiriman data berlangsung di bawah 1 menit, sebaiknya lakukan sinkronisasi ulang, dengan mempertimbangkan : Kecepatan akses komputer terhadap koneksi internet, kecepatan jaringan internet, kemungkinan kesibukan/traffic connection dan yang tak kalah pentingnya. Jumlah data yang bakal dikirim/ transfer.
·       Sinkronisasi antar server di unit-unit pengelola data pendidikan dengan PDSPK setiap 2 jam sekali dan sinkronisasi global terjadi setiap pukul 20:30 s/d 03 dini hari.
·       Estimasi waktu tercepat, data akan kirim/ditransfer kembali ke lokal paling lambat 2 hari dalam kondisi kesibukan/traffic connection sedang/middle.
·       Sistem sinkronisasi antar server unit-unit pengelola data pendidikan dengan PDSPK dilakukan secara otomatis / Automaticly.

Semoga penjelasan yang bersifat teknis ini, bisa memberikan pencerahan dan menjawab kegalauan teman-teman OPS kenapa datanya tidak segera muncul setelah melakukan sinkronisasi.

Catatan :

Kami memiliki catatan waktu sinkronisasi yang dilakukan oleh teman-teman OPS. Sebagai contoh saya lampirkan waktu sinkronisasi yang di lakukan oleh OPS SD NEGERI 1 SLOGOHIMO seperti di bawah ini:

Data Dikdas
Last Update : 2015-08-08 Pukul 07:52:52
NPSN : 20311799
Nama Sekolah : SD NEGERI 1 SLOGOHIMO

Datanya tidak bisa segera muncul hari ini, karena masih dalam antrian sinkronisasi seperti disebutkan di atas. Semoga difahami. Terimakasih…

0 Response to "Penjelasan Teknis Data Peserta Didik Belum Muncul di Laman Verval PD / NISN Setelah Sinkronisasi Aplikasi Dapodikdas V.4.0.0"

Post a Comment