Penjelasan Tentang Data Prefill Aplikasi Dapodikdas Tahun Ajaran 2015/2016 Lengkap

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Berikut definisi dari data prefill selengkapnya. Prefill adalah data sekolah beserta isinya yang telah “compressed” menjadi prf file. Prefill ini adalah database sekolah hasil pengiriman terakhir Dapodikdas 2014/2015 tertanggal 30 Juni 2015. Prefill ini dimaksudkan agar data tahun ajaran sebelumnya dapat berlanjut ke data tahun ajaran berjalan. Selain itu agar operator sekolah tidak melakukan input data untuk kedua kalinya.

Fungsi dari data prefill adalah untuk registrasi dan berisi data-data sekolah yang telah dimasukkan pada aplikasi sebelumnya. Data prefill bisa didapat di alamat dapo.dikdas.kemdikbud.go.id. Pastikan data prefill tersebut yang terbaru (update) melalui generator prefill di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final/generate_prefill.php.

Generate data prefill adalah updating data awal prefill dengan hasil sinkronisasi terakhir ke server. Sehingga data prefill menjadi ter-update dengan data kiriman ke server terakhir.

Generate prefill bisa dilakukan oleh operator tingkat sekolah. Alamat untuk generate prefill adalah: Laman Prefill. Fasilitas ini semacam simpan lokal secara nasional.

Jika komputer bermasalah (hilang, rusak, atau ganti komputer) maka yang harus dilakukan oleh operator sekolah adalah melakukan generate ulang prefill, unduh, lalu lakukan prosedur instalasi seperti prosedur awal instalasi. Dengan demikian, pada aplikasi lokal sekolah akan muncul data hasil kiriman sekolah yang terakhir. Hal ini penting dan perlu dilakukan agar operator tidak menginput data dari awal lagi. Jika prosedur ini tidak dilakukan dikhawatirkan datanya akan ganda/duplikasi, karena data di server sudah pernah ada.

Data prefill tahun ajaran sebelumnya untuk data prefill di tahun ajaran 2015/2016 karena struktur berbeda dan data tahun sebelumnya sudah melalui proses “cleansing”/pembersihan data. Pastikan Anda menggunakan data prefill terbaru untuk melakukan proses input data di tahun ajaran baru.

Demikian penjelasan mengenai data prefill yang admin rangkum dari FAQ Aplikasi Dapodikdas V.4.0.0 Tahun Ajaran 2015/2016. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Satu Data Berkualitas...!

0 Response to "Penjelasan Tentang Data Prefill Aplikasi Dapodikdas Tahun Ajaran 2015/2016 Lengkap"

Post a Comment