Panduan Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) SMP Tahun 2015

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Panduan / Juknis LKJS (Lomba Karya Jurnalistik Siswa) untuk jenjang SMP dan sederajat di tahun 2015 saat ini telah diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMP Kemdikbud RI.

Berdasarkan Panduan LKJS 2015, bahwasannya dunia pendidikan di Indonesia sedang berupaya mengembangkan pendidikan karakter sebagai inti pendidikan. Proses pendidikan tanpa pembangunan karakter diyakini sebagai proses yang akan membuat pendidikan kehilangan rohnya dan menjadi sekadar sarana pelatihan otak.

Tanpa pembangunan karakter pendidikan hanya akan membuat peserta didik tumbuh secara parsial, menjadi sosok yang mungkin saja pandai, tapi miskin emosional dan spriritual.

Upaya mengembalikan pendidikan ke dalam proses pendidikan yang berkarakter menjadi hal yang sangat penting dan mendesak. Kegiatan jurnalistik sebagai salah satu sarana untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai kebersamaan, kedisiplinan, kerja keras, empati, kepercayaan diri, kreativitas, kejujuran, inovasi, intelektualitas, dan memperkuat jaringan, merupakan salah satu instrumen untuk mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter.

Selain itu, melalui kegiatan jurnalistik para siswa dapat belajar merencanakan liputan berupa pengumpulan data/riset, wawancara lapangan, menulis, menyunting, dan menyebarkan berita (ataupun informasi) melalui majalah, buletin, koran dinding, dan tabloid.

Dengan demikian, kegiatan jurnalistik secara tidak langsung dapat membentuk kecerdasan siswa baik itu kecerdasan kognitif, afektif, maupun psikomotorik yang mampu menghadapi tantangan zaman di masa kini dan akan datang.

Menyadari pentingnya kegiatan jurnalistik sebagaimana dikemukakan di atas, Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya melakukan pembinaan kegiatan jurnalistik secara bertahap dan berkesinambungan.

Pembinaan tersebut berupa workshop jurnalistik bagi guru-guru SMP seluruh Indonesia, dan kegiatan Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) SMP tingkat nasional yang akan diselenggarakan tahun 2015.

Workshop jurnalistik telah diselenggarakan pada tahun 2011, 2012, 2013, dan 2014. Diharapkan pada tahun 2015 juga akan dilaksanakan kegiatan yang sama. Meskipun belum semua guru SMP terlibat dalam kegiatan tersebut, diharapkan keikutsertaan mereka dalam workshop jurnalistik dapat menularkan tradisi jurnalistik kepada siswanya maupun siswa sekolah lain.

Kegiatan Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) SMP tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada tahun 2015 diharapkan mampu mendorong stakeholder pendidikan, baik Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, kepala sekolah, guru, peserta didik, dan komite sekolah untuk meningkatkan pembinan jurnalistik di sekolah.

Tujuan Kegiatan Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) 2015 :

1.   Meningkatkan pengetahuan jurnalistik di kalangan siswa.
2.   Meningkatkan keterampilan menulis dan mengelola media cetak sekolah.
3.   Membangun cara berpikir kritis, jernih, dan seimbang.
4.   Mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter.

Hasil yang Diharapkan Adanya Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) 2015 :

1.   Siswa memiliki pemahaman jurnalistik yang baik.
2.   Siswa mampu membuat karya jurnalistik di masing-masing sekolah.
3.   Munculnya siswa yang memiliki prestasi jurnalistik yang baik.
4.   Terpetakannya kemampuan jurnalistik siswa SMP.

Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) SMP adalah suatu ajang kompetisi karya jurnalistik tingkat SMP secara nasional melalui penilaian produk jurnalistik untuk memperoleh hasil yang terbaik. Karya jurnalistik yang dilombakan dalam LKJS berupa buletin. Tema LKJS 2015 adalah “Kegiatan Jurnalistik Sebagai Upaya Mempercepat Pengembangan Karakter Siswa”.

Karya jurnalistik yang dilombakan pada rubrik tertentu, memuat tema-tema yang berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan karakter di sekolah masing-masing, seperti: prestasi siswa dan guru, budaya membaca di sekolah, tradisi menghormati yang lebih tua dan menghargai sesama, disiplin sekolah, budaya jujur, kebersihan sekolah, budaya sehat sekolah, budaya ramah lingkungan, organisasi sekolah, dan lain-lain.

Persyaratan Peserta Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) SMP Tahun 2015 :

1. Warga Negara Indonesia.
2. Terdaftar dan aktif sebagai siswa SMP negeri/swasta, SMP Terbuka, dan SD-SMP Satu Atap.

Syarat, Ketentuan, dan Penilaian Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) 2015 adalah sebagai berikut :

1.   Karya jurnalistik berbentuk buletin.
2.   Karya jurnalistik merupakan hasil kerja tim redaksi.
3.   Karya jurnalistik merupakan hasil karya asli (original) siswa.
4.   Karya jurnalistik tidak mengandung SARA, kekerasan, dan pornografi.
5.   Jumlah halaman karya jurnalistik sebanyak 12 atau 16 halaman.
6.   Karya jurnalistik berisi rubrik-rubrik yang bervariasi.
7.   Naskah jurnalistik ditulis dalam tiga jenis yaitu berita (news), karangan khas (feature), dan opini (views).
8.   Berita (news) harus memenuhi unsur 5W+1H, piramida terbalik, dan standar kelayakan berita.
9.   Menggunakan bahasa Indonesia ragam jurnalistik.
10. Karya jurnalistik harus memenuhi unsur artistik.
11. Karya jurnalistik yang dilombakan dikirim ke alamat panitia pusat disertai surat pengantar kepala sekolah dengan lampiran alamat lengkap sekolah (nama sekolah, alamat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, e-mail, laman, telepon/HP, kode pos).
12. Karya jurnalistik harus diterima panitia paling lambat tanggal 31 Agustus 2015.

Karya jurnalistik dikirim ke alamat berikut :

Panitia Pusat LKJS SMP Tahun 2015
Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Dikdas, Kemdikbud
Gedung E Kemdikbud Lantai 17
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270
Telepon (021)-5725683, Fax – 57900459
Email: olimpiade.ditpsmp@gmail.com
Website; http://dikdas.kemdikbud.go.id

Penilaian naskah jurnalistik dilakukan melalui dua tahap. Pada tahap pertama, seleksi terhadap seluruh karya jurnalistik yang masuk ke panitia dievaluasi oleh juri untuk menentukan finalis yang akan diundang sebagai peserta LKJS tingkat nasional. Dan pada tahap kedua, seleksi terhadap presentasi dari semua finalis dan hasil kemas media untuk menentukan juara tingkat nasional.

Download Panduan Lomba Karya Jurnalistik Siswa SMP Tahun 2015 selengkapnya silahkan klik pada links berikut. Demikian informasi mengenai LKJS SMP Tahun 2015 yang admin share dari laman http://dikdas.kemdikbud.go.id. Semoga bermanfaat dan terimakasih…. Salam Edukasi...!

0 Response to "Panduan Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) SMP Tahun 2015"

Post a Comment