Daftar Arti Istilah Penting Pada Dapodikdas (Data Pokok Pendidikan Dasar)

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Untuk mengoptimalkan hasil pelaksanaan tugas sebagai operator sekolah khususnya pada pengerjaan Dapodikdas 2014, beberapa daftar istilah berikut sebaiknya dipahami terlebih dahulu secara cermat. 

Hal ini tentu sangat bermanfaat, salah satunya untuk menghindari kesalahan proses sehingga pekerjaan yang sama tidak harus dilakukan secara berulang-ulang. 


Sehingga pada akhirnya proses entry data pokok pendidikan dasar yang sudah kita lakukan dapat efektif dan efisien untuk pendataan yang benar-benar berkualitas… Amiin…


Berikut daftar istilah berikut artinya terkait Dapodikdas yang diambil dari Manual Aplikasi Dapodikdas 2014:

1.   Backup adalah proses membuat salinan data sebagai cadangan saat terjadi kehilangan atau kerusakan data asli. Salinan data yang dibuat disebut dengan “data backup”. Manfaat dari proses backup diantaranya, mengembalikan kondisi suatu sistem komputer yang mengalami kerusakan atau kehilangan data, mengembalikan suatu file yang tanpa sengaja terhapus atau juga rusak.

2.  Blockgrant adalah pemberian bantuan dana untuk melaksanakan suatu kegiatan tertentu, baik dalam bidang pendidikan, pembangunan sosial politik, hukum atau pembangunan aspek lainnya dengan tujuan untuk mempercepat laju pembangunan.

3.   Dapodikdas (data pokok pendidikan dasar) adalah Aplikasi data pendidikan yang digunakan untuk menjaring data pendidikan tingkat dasar (SD dan SMP).

4.   Data Periodik adalah data menurut periode tertentu; muncul atau terjadi di selang waktu yg tetap; data berkala (contoh pengisian di tabel peserta didik terdapat data periodik siswa yang berisi data tinggi badan, berat badan, jarak rumah ke sekolah, dan lain-lain).

5.     Data Turunan adalah data anak; data-data lain yang mengacu atau menggunakan data induknya.

6.     Drag n Drop adalah gerakan perangkat penunjuk di mana pengguna memilih objek virtual dengan "meraih" dan menyeretnya ke lokasi yang berbeda (dalam hal ini dari tabel satu ke tabel lain). Contoh drag n drop adalah pada saat pengisian anggota rombel.

7.     Generate Prefill adalah sebuah proses yang berguna sebagai back up database dapodik yang diambil dari server dapodik. Hasil generate prefill diambil dari hasil sinkronisasi terakhir dari sekolah yang ditarik ke dalam file database persekolah (bentuk file *.prf).

8.     GTT/PTT : Guru Tidak Tetap/ Pegawai Tidak Tetap.

9.     GTY/PTY : Guru Tetap Yayasan/ Pegawai Tetap Yayasan.

10.  Inpassing adalah proses penyesuaian kepangkatan Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil dengan kepangkatan Guru Pegawai Negeri Sipil.

11.  KGB (Kenaikan Gaji Berkala) adalah gaji yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah mencapai masa kerja golongan yang ditentukan untuk kenaikan gaji berkala yaitu setiap 2 (dua) tahun sekali dan apabila telah memenuhi persyaratan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pengisian KGB dapat ditemukan pada tabel Rincian Data PTK.

12.  Kode Registrasi adalah “kunci” untuk memuat/ mengaktivasi data sekolah. Kode registrasi akan dibagikan oleh KKDATADIK masing-masing daerah. Pastikan Anda menggunakan kode registrasi sekolah Anda sendiri dan tidak membagi/memberitahu kode ini pada pihak yang tidak berkepentingan.Kode Registrasi digunakan pada saat registrasi awal di aplikasi (aktivasi).

13.  KPS (Kartu Perlindungan Sosial) adalah kartu yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dalam rangka Program Percepatan dan Perluasan Sosial (P4S). Dengan memiliki KPS, rumah tangga berhak menerima program-program perlindungan sosial, seperti : Raskin dan Bantuan Siswa Miskin (BSM), sesuai dengan ketentuan yang berlaku hingga tahun 2014. KPS memuat informasi Nama Kepala Rumah Tangga, Nama Pendamping Kepala Rumah Tangga, Nama Anggota Rumah Tangga, Alamat Rumah Tangga, dilengkapi dengan kode batang beserta nomor identitas KPS yang unik. Bagian depan bertuliskan Kartu Perlindungan Sosial dengan logo burung Garuda.

14.  MBS (Manajemen Berbasis Sekolah adalah penyerasian sumber daya yang dilakukan secara mandiri oleh sekolah dengan melibatkan semua kelompok kepentingan (stakeholder) yang terkait dengan sekolah secara langsung dalam proses pengambilan keputusan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan mutu sekolah atau untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

15.  PD (Peserta didik) : siswa; murid.

16.  Prefill adalah data hasil kiriman ke server dari sekolah-sekolah di semester yang lalu yang kemudian data tersebut di package ulang sehingga ketika login di aplikasi yang baru sekolah hanya tinggal mengentri data peserta didik baru, pemetaan rombel, dan melengkapi data yang belum terisi pada aplikasi sebelumnya.

17.  PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) : guru; pengajar.

18. Push Data Sinkronisasi adalah proses memasukkan hasil data balasan dari server pusat melalui sinkronisasi offline ke dalam aplikasi Dapodikdas.

19.  Restore adalah mengembalikan atau menerapkan kembali data yang tersimpan (di backup) di komputer ke dalam aplikasi Dapodikdas.

20.  Rombel (Rombongan belajar) : kelas.

21.  Sinkronisasi adalah fasilitas yang terdapat pada aplikasi Dapodikdas untuk mengirimkan data dari pengguna (operator sekolah) ke server pusat (Dapodikdas).

22.  TMT : Terhitung Mulai Tanggal.

23.  TST : Terhitung Selesai Tanggal.

24.  Validasi  adalah fasilitas di dalam aplikasi Dapodikdas yang bertujuan untuk memberi tanda data yang masuk kriteria invalid (kelengkapan, kewajaran dan kebenaran) data.

0 Response to "Daftar Arti Istilah Penting Pada Dapodikdas (Data Pokok Pendidikan Dasar)"

Post a Comment