Pertemuan Koordinasi Antar OPS Dikdas Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo Sukses Digelar

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Alhamdulillaah... pada hari ini (Minggu, 04 April 2014), berdasarkan surat undangan resmi Kepala UPTD Dikbudpora Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo nomor 420/100/UPTD-RB/2014, pertemuan dan koordinasi perdana oleh Tim Support Dapodikdas Kabupaten Tebo (Sdr. Saipul Hendra, Sdr. Haryoto, Sdr. Hermansah, dan saya) dengan seluruh Rekan-rekan OPS Dikdas SD – SMP kecamatan Rimbo Bujang Kab. Tebo yang mulai dilaksanakan sekitar pukul 10.00 s.d. 04.00 telah berjalan dengan tertib & lancar.


Beberapa materi yang disampaikan oleh Tim Support pada pertemuan tersebut di antaranya tentang tips aman patch v.2.0.7 aplikasi Dapodikdas 2013 yakni, sebelum melakukan proses patch ke v.2.0.7 sebagai berikut :

1.   Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada aplikasi Dapodikdas 2013 pasca update versi v.2.0.7 final :

a.   Buka drive C ==> Program Files ==> Dapodikdas ==> database.

b.   Copy 1 folder database tersebut, lalu paste-kan ke flash disc (media penyimpanan) / drive D atau E secara sempurna.

2.   Ubah tanggal dan waktu ke sekarang (waktu Indonesia).

3.   Tutup seluruh aplikasi yang sedang aktif pada monitor.

4.   Patch dengan versi terbaru aplikasi Dapodikdas 2013 pada bulan April 2014 menggunakan file patch v.2.0.7c

Selain tentang hal tersebut, ditemukan adanya salah satu SD yang kebetulan kehilangan data-datanya di aplikasi, dan alhamdulillah generate prefill ke pusat yang difasilitasi oleh Sdr. Saipul Hendra yang selanjutnya saya unisntall dan install ulang dengan installer baru dengan prefill baru hasil generate tersebut untuk mengembalikan data-data dari hasil sinkronisasi berhasil terakhir dari sekolah sebelumnya.

Kemudian, disampaikan pula tentang beberapa bagian entry data yang benar sehingga hasil verifikasi PTK pada laman cek Lembar Info PTK 2014 tidak merah (valid) di antaranya :

1.   Untuk jenjang SD jenis PTK dipilih antara Guru Kelas, Guru Agama, atau Guru Penjaskes (disesuaikan dengan sertifikat pendidiknya), termasuk pada Kepala Sekolah yang mengajar bidang studi selain Agama dan Penjasker, maka dipilih jenis PTK-nya juga “Guru Kelas”, hal ini tentu berbeda halnya dengan SMP yang lebih mudah dalam bagian ini, dikarenakan telah mengampu berdasarkan mata pelajaran / bidang studi masing-masing.

2.   Pentingnya entry data pada bagian pangkat/golongan, riwayat kepangkatan, serta riwayat gaji berkala yang akan menentukan nominal penerimaan tunjangan sertifikasi guru terkini yang beracuan pada PP Nomor 22 Tahun 2013.

3.  Pada bagian pembelajaran juga harus benar-benar diperhatikan, seperti adanya penambahan jam tambahan yang wajib maksimal 4 jam, dan lain-lain.

Melalui artikel ini, saya pribadi bersama Tim Support Dapodikdas Kab. Tebo mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala sekolah SDN No. 195/VIII Rimbo Bujang atas perkenannya sebagai tuan rumah dalam acara tersebut.

Ucapan terimakasih juga kami haturkan kepada Rekan kami, Sdr. Yudi, selaku pelaksana Operator Sekolah SDN 195/VIII Rimbo Bujang yang telah sudi meluangkan waktunya untuk sibuk-sibuk dalam menyiapkan tempat, tersedianya mesin genset, koneksi gratis internet wireless, in focus, dan lain sebagainya, sehingga acara pada hari ini dapat berjalan dengan sebaik-baiknya.

Setelah sesi pertemuan dengan Operator Sekolah Dikdas selesai, pada sesi berikutnya diadakan pertemuan khusus antara Tim Support Dapodikdas Kab. Tebo dengan seluruh koordinator/perwakilan per-kecamatan di wilayah Kabupaten Tebo dalam rangka rekapitulasi jumlah pemesan seragam khusus OPS Dikdas Kab. Tebo untuk tahap 1 yang secara keseluruhan berjumlah 124 pemesan. Kemudian order langsung dilakukan pada malam harinya, dan ditargetkan akan selesai paling lambat pada pertengahan bulan Mei 2014.

Untuk rekapitulasi pemesanan seragam Operator Sekolah Dikdas Kab. Tebo selanjutnya dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 5 Mei 2014 mendatang untuk mengakomodir pemesanan yang belum sempat terakomodir hingga tanggal 6 April 2014 ini (hari ini).

Demikian share mengenai kegiatan OPS Dapodikdas Kab. Tebo untuk wilayah kecamatan Rimbo Bujang, semoga dengan adanya acara ini, silaturahmi antar OPS Dikdas semakin bertambah erat seiring dengan SDM dari kita semua yang semakin bertambah pula. Amiin... (djsn).

0 Response to "Pertemuan Koordinasi Antar OPS Dikdas Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo Sukses Digelar"

Post a Comment