Cara Menyimpan Seluruh Tampilan Dari Layar Monitor Laptop / Komputer PC Dalam Bentuk Pdf Maupun Webpage Ke Dalam Drive / Memori Komputer

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Kembali di sini saya share bagaimana menyimpan tampilan pada pada layar monitor ke dalam memori komputer / laptop, sehingga pada waktu lain ketika ketika tidak offline (tidak tersambung dengan internet), kita akan tetap bisa buka dari web browser kita.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan coba bagikan 2 tips mudah dan praktis, bagaimana cara menyimpan seluruh halaman dalam memori komputer dan bagaimana cara menyimpan halaman yang tampil dari layar monitor dalam bentuk / format PDF. Berikut langkah-langkahnya :

1.   Cara menyimpan seluruh tampilan halaman online dalam memory komputer / laptop, sehingga pada saat offline pun kita masih dapat melihat tampilan halaman yang kita anggap penting tersebut, sebagai berikut :

  • Setelah loading halaman selesai (tampilan sempurna) pada web browser Anda, silahkan klik “CTRL + S”.

  • Kemudian akan muncul pilihan pada sesi penyimpanan, beri nama sesuai dengan keinginan Anda (ingat pada bagian bawah pemberian nama file tersebut yakni Save as type ==> “Webpage, Complete). 

  • Untuk selanjutnya, Anda tinggal klik saja pada file hasil penyimpanan kita sewaktu-waktu (saat offline), seperti tampilan di atas (dalam contoh ini, saya menggunakan web browser default "Chrome").

2.   Cara menyimpan halaman dalam bentuk PDF (Portable Document Format) :

  • Setelah seluruh tampilan sempurna pada web browser Anda, klik perintah untuk cetak/print “CTRL + P”, pada langkah ini, kita hanya memanfaatkan fasilitas yang ada pada program printing, bukan untuk dicetak, melainkan kita cukup simpan tampilan tersebut dalam format PDF.

  • Selanjutnya, akan muncul pilihan pada sesi penyimpanan, beri nama sesuai dengan keinginan Anda (ingat pada bagian bawah pemberian nama file tersebut yakni Save as type ==> “Adobe Acrobat Document).

  • Untuk membuka / cetak file PDF tersebut, di lain waktu atau bahkan saat offline, tinggal klik pada file tersebut pada media penyimpanan di drive komputer.

Demikian tips dan triks singkat lagi mudah tentang cara menyimpan halaman web / situs online (bisa juga untuk menyimpan aplikasi offline) secara penuh serta cara menyimpan seluruh tampilan halaman web penuh dalam bentuk / format PDF. 

Bagi Rekan-rekan yang ingin mengambil gambar pada bagian tertentu saja untuk disimpan atau dicetak (print out), silahkan klik di links ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi...!

1 Response to "Cara Menyimpan Seluruh Tampilan Dari Layar Monitor Laptop / Komputer PC Dalam Bentuk Pdf Maupun Webpage Ke Dalam Drive / Memori Komputer"