Cara Mengembalikan Data Dapodikdas 2013 Yang Tidak Ada Data Backup Database Sebelumnya Dan Cara Mengganti Nama Operator Sekolah

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Alhamdulillah batas akhir / deadline pengiriman aplikasi Dapodikdas 2013 saat ini diperpanjang kembali hingga akhir Februari 2014 seperti yang sudah disebutkan pada artikel sebelumnya. Dalam kesempatan ini saya akan share pengalaman pribadi (16 Februari 2014) yakni tentang cara mengembalikan data terakhir pada aplikasi Dapodikdas 2013 yang kebetulan sebelumnya kita tidak mempunyai data backup Dapodikdas 2013 yang mana file backup ini berasal dari hasil copy paste dari 1 (satu) folder “database”dari folder Dapodikdas pada “Program Files”.

Artikel khusus ini saya persembahkan bagi seluruh Rekan-rekan OPS yang sampai hari ini masih mengalami permasalahan hilang data-data yang pernah di

Selain dapat mengembalikan data terakhir dari aplikasi yang sebelumnya tidak ada file backup database dari aplikasi Dapodikdas 2013, tips ini juga dapat digunakan sebagai cara mengganti nama Operator Sekolah Dapodik Dikdas melalui registrasi yang telah terintegrasi dalam tutorial pada artikel ini.

Saya akan sedikit ceritakan alur kejadian hingga berhasil mengembalikan data terakhir aplikasi Dapodikdas 2013 yang berhasil dikembalikan datanya walaupun tanpa data backup sebelumnya. Data aplikasi dari salah satu Rekan OPS saya kebetulan telah mengganti OS (Operation System) Windows laptopnya, namun kebetulan belum pernah database dari aplikasi Dapodikdas-nya.

Namun dalam tips kali ini, proses restore tanpa “database” tersebut dapat efektif / berhasil, asal kita SUDAH PERNAH BERHASIL SYNC / SINKRONISASI DENGAN SERVER PUSAT.

Oke langsung ke hal-hal yang perlu diperhatikan dan langkah-langkah mengembalikan data terakhir aplikasi Dapodikdas 2013, sebagai berikut :

1.   Cek pada “tabel log sinkronisasi” dan cek juga pada laman sinkronisasi online “Sinkronisasi terakhir dilakukan pada ………………. (pastikan waktu yang tertera di atas sama). Data-data dari aplikasi terakhir yang telah berhasil disinkronisasikan dengan server pusat inilah yang akan dibangkitkan kembali dari aplikasi Dapodikdas 2013 di komputer PC / laptop dengan instalasi aplikasi terbaru nantinya.




2.   Apabila sudah ada aplikasi Dapodikdas 2013, uninstall dan install kembali aplikasi Dapodikdas 2013 pada komputer PC / laptop Anda.

3.   Unduh prefill sekolah Anda seperti biasanya, kunjungi laman "Unduh Database Prefill" pada situs web Info Pendataan Ditjen Dikdas, lalu download prefill sekolah Anda dengan kode registrasi sekolah yang benar.



4.   Pindahkan / hapus prefill lama ganti dengan prefill baru hasil download prefill baru tadi.

5.   Registrasi ulang dengan Username/email serta termasuk juga mengganti nama Operator Sekolah password yang sama dengan sebelumnya. Apabila ada ganti OPS / perubahan data Operator Sekolah, pada saat registrasi ini dapat menjadi kesempatan mengganti nama Operator Sekolah serta mengganti data-data operator sekolah lainnya dengan data yang baru di aplikasi Dapodikdas 2013 (khusus bagi Anda yang akan merubah nama Operator Sekolahnya saja, jangan lupa backup dulu database-nya).  

6.   Buka aplikasi Dapodikdas 2013, login dengan Username (Email) serta Password yang sama dengan yang sudah Anda registrasikan sebelumnya (pada nomor 5).

7.   Cek data pada aplikasi, lalu pastikan lagi data-datanya sama persis dengan nomor 1 di atas.

8.   Selesai.

Demikian tips singkat yang dapat saya share hari ini tentang cara membangkitkan / mengembalikan data terakhir aplikasi Dapodikdas 2013 yang tidak ada / belum pernah backup database aplikasi sebelumnya sekaligus cara / solusi untuk mengganti nama Operator Sekolah serta data-data Operator Sekolah lainnya dengan data OPS yang baru. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

6 Responses to "Cara Mengembalikan Data Dapodikdas 2013 Yang Tidak Ada Data Backup Database Sebelumnya Dan Cara Mengganti Nama Operator Sekolah"

  1. APA YANG DIMAKSUD DENGAN MOVING CLASS..? DAN DAN MANA YG HRS KITA PILIH YA /TIDAK

    ReplyDelete
  2. bagaimana memindahkan data dapodik dari laptop yang satu (rusak) (data sudah lengkap tinggal di sinkronisasi) ke laptop yang lain bagi yang belum penah sinkronisasi pak, terima kasih.

    ReplyDelete
  3. bagaimana memindahkan data dapodik dari laptop yang satu (rusak) (data sudah lengkap tinggal di sinkronisasi) ke laptop yang lain bagi yang belum penah sinkronisasi pak, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Copy file database dan dataweb-nya yang ada di drive c program file > dapodikdas. Tapi matikan dulu program dapodikdasnya dengan cara masuk ke view local services. cari file dapodikdasDB dan Dapodikdaswebsrv kemudian diklik kanan klik stop

      Delete
  4. gak bisaaaaaaaaa pak,, wesss litak ,,, hasilnya, sama waae...

    ReplyDelete
  5. gag bisa data yg habis aq perbaiki malah ilang smua,,huff
    kerja ulang

    ReplyDelete