Cara Export Import Excel Bio Siswa Aplikasi Pendataan Ujian Nasional (UN) Tahun 2014

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Dalam kesempatan kali ini saya akan share tips dan triks ataupun tutorial singkat bagaimana cara mudah dan efektif menggunakan export maupun import file excel pada aplikasi pendataan UN. 

Saya sendiripun pada awalnya agak kesulitan menggunakan aplikasi ini, khususnya saat akan memasukkan biodata siswa ke tabel "Siswa" pada aplikasi pendataan UN yang dapat digunakan untuk verifikasi data bagi dinas pendidikan kabupaten/kota di tahun pelajaran 2014/2015 ini.

Okey Sahabat…, langsung saja. Berikut langkah-langkah untuk menggunakan fasilitas export / import aplikasi pendataan Ujian Nasional :

1.         Login ke aplikasi pendataan UN.

2.         Klik pada menu “Export/Import”.


3.         Pilih “Buat Format Excell”.

4.         Sesaat kemudian akan muncul keterangan “File format biodata dalam excel P.xls, sudah terbentuk”, klik “OK”.

5.         Buka pada folder UN pada drive komputer.



6.         Lalu ubah (rename) file Excel tersebut sama persis dengan nama yang file yang diminta dalam menu import, untuk mengetahui nama file sekolah Anda, silahkan klik menu “Export/Import”. Pilih sekolah Anda, lalu “Import Excel”, selanjutnya klik “Proses”.


7.         Setelah itu perhatikan nama yang muncul pada validasi, nama file .xls yang muncul ini yang kita gunakan mengganti nama pada no. 6 tadi.



8.         Setelah input data selesai pada file excel ini, simpan dalam format “Microsoft Excel 5.0/95 Workbook”.


9.         Setelah itu, pindahkan file BIO ini ke dalam folder Biodata.

10.       Kemudian klik menu “Export/Import”. Pilih sekolah Anda, lalu “Import Excel”, selanjutnya klik “Proses”.


11.       Perhatikan keterangan data yang berhasil tersimpan maupun peringatan karena adanya kesalahan lain, misalnya NIS ganda, nama ganda, dan sebagainya. Mengenai hal ini, menurut saya lebih baik kita edit dari BIO excel lalu diulang importnya, hingga data benar-benar valid.

Demikian panduan singkat mengenai cara memasukkan siswa melalui fitur “Export/Import” Aplikasi Pendataan Ujian Nasional. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi...!

0 Response to "Cara Export Import Excel Bio Siswa Aplikasi Pendataan Ujian Nasional (UN) Tahun 2014"

Post a Comment