Cara Mudah Menyelamatkan Data dan Amankan Database Aplikasi Dapodikdas 2013/2014 Dengan Copy Prefill (Prefilled)

Sahabat Operator Dapodik yang berbahagia...

Selamat berjumpa lagi kawan-kawan OPS semua dengan artikel update di blog personal www.salamedukasi.com pada momen penting dalam rangkaian proses pengembangan manajemen pendidikan tingkat sekolah dasar (SD – SMP, ataupun yang sederajat) untuk mewujudkan satu data yang berkualitas melalui aplikasi Dapodikdas 2013/2014 kali ini.

Sebagian besar dari kita, telah melewati beberapa proses yang terbilang tidak mudah, yakni mulai dari instalasi aplikasi, memperbaiki data-data sekolah bawaan prefill (database Dapodikdas 2013/2014) daftar “Validasi” yang masih dinyatakan “invalid”, kemudian proses input data-data terkait sekolah, peserta didik, hingga data-data dari seluruh PTK pada sekolah kita, proses pemetaan data-data, dan selanjutnya adanya masalah-masalah terkait proses sinkronisasi yang untuk sementara ini masih belum ada solusi yang pasti (kecuali menunggu patch versi terbaru setelah v.2.0.3) yang sedang kita gunakan sekarang.

Namun melalui artikel ini pula, saya pribadi ikut berempati pada sebagian Rekan-rekan OPS, yang kebetulan hingga saat ini belum mendapatkan kembali prefill / kode registrasi sekolahnya ke dalam aplikasi Dapodikdas 2013 yang mayoritas disebabkan adanya prefilled / kode registrasi yang ditelah diterima sekolah sebelumnya ternyata belum dapat digunakan untuk registrasi pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014.

Oleh karenanya, tentu rekan-rekan OPS harus sabar menunggu untuk beberapa waktu hingga mendapatkan prefill terbarunya yang saat ini sedang "ditangani" oleh Tim Pengembang Aplikasi Dapodikdas 2013/2014 di tingkat pusat.

Semoga saja prefilled / kode registrasi baru yang akan didapat sekolah nantinya yang diperoleh melalui instansi induk yakni Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat tersebut benar-benar dapat digunakan untuk registrasi pada aplikasi Dapodikdas 2013 dan untuk selanjutnya dapat segera input data-data serta memetakan berbagai hal yang berkaitan dengan peserta didik maupun PTK-nya, mengingat deadline/batas akhir pada tanggal 30 November 2013 yang tinggal sekitar 22 hari lagi ke depan.

Kemudian juga bagi rekan-rekan OPS yang kebetulan belum berhasil backup lokal database dari aplikasi Dapodikdas 2013 dengan tips backup lokal database aplikasi Dapodikdas 2013/2014 yang juga telah saya publikasikan juga pada blog ini sebelumnya. Berikut saya share bagaimana alternatif lain yang lebih mudah proses backup database aplikasi Dapodikdas 2013/2014 pada versi 2.0.3. Sebelum pembahasan lebih lanjut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni khusus pada data prefill / prefilled sebelum aplikasi Dapodikdas 2.0.3 ini, untuk ukuran/kapasitas prefill (-------.prf) sebelumnya tetap, walaupun telah ada entri data-data baru yang telah kita entri serta telah tersimpan dalam aplikasi.

Berbeda halnya dengan aplikasi Dapodikdas v.2.0.3 ini, pada setiap perubahan baru, kapasitas dari prefillnya berubah. Oleh karena pentingnya hal ini, saya share pengalaman bahwa untuk backup data pada saat ini cukup dengan copy paste prefill (pada folder “prefill_dapodik” di drive “C”) pada komputer/laptopnya yang baru (pada folder “prefill_dapodik” di drive “C”).

Selanjutnya, silahkan kembali install aplikasi Dapodikdas v.2.0.3 dengan seluruh isian yang sama mulai dariUsername/email, Password, Nama Operator, dan seterusnya dengan data-data registrasi pada saat pertama kali kita telah berhasil registrasi dan Login pada aplikasi yang sudah berhasil menyimpan entri-entri baru yang telah kita input/masukkan sebelumnya. Semoga bermanfaat dan berhasil… Amin… Salam satu data berkualitas...!

0 Response to "Cara Mudah Menyelamatkan Data dan Amankan Database Aplikasi Dapodikdas 2013/2014 Dengan Copy Prefill (Prefilled)"

Post a Comment