Kumpulan Kata-Kata Motivasi, Nasehat Bijak dan Hikmah Bagian 1

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia… Dalam beberapa kesempatan, dalam sebuah situasi dan keadaan adakalanya terbesit sesuatu kalimat bijak yang terlintas dalam hidup saya yang sebagian besar telah saya jadikan status di Facebook saya. 

Sengaja saya share di sini, semoga bermanfaat bagi kita semua… Aamiin…

Berikut kata-kata motivasi, nasehat bijak dan hikmah bagian I (kesatu / pertama) :


1.      Murid yang hebat akan selalu memperhatikan kelebihan-kelebihan gurunya, dan guru yang hebat akan selalu memperhatikan kekurangan-kekurangan muridnya. (DJSN)

2.      Guru yang mengakui kekurangannya pada murid-muridnya berarti ia telah mengajarkan kejujuran serta kebijaksanaan yang "membumi" pada saat itu juga. (DJSN)

3.      Guru yang paling disukai murid-muridnya adalah guru yang selalu mampu menjawab segala pertanyaan-pertanyaan muridnya dengan jawaban sekaligus tindakan yang baik, benar, dan memuaskan pikiran serta hati murid-muridnya. (DJSN)

4.      Guru yg paling berhasil mendidik murid-muridnya adalah guru yg paling inspiratif. Ilmu dari seorang guru inspiratif akan dipahami murid-muridnya sebelum ia menyampaikannya. (DJSN)

5.      PELAJAR HEBAT itu tidak takut salah mencoba, tidak takut salah bicara, tidak takut atas segala atribut SALAH. Kalau masih takut salah, “SANG GURU KEHIDUPAN” TIDAK AKAN MEMBERIKAN HIKMAH DAN PENGALAMAN DI BALIK SEMUA PELAJARAN. (DJSN)

6.      Adakalanya orang pintar kalah dengan orang bodoh yang beruntung, tapi orang pintar sering beruntung daripada orang yang bodoh. (DJSN)

7.      Jangan bilang wanita itu "racun dunia" ataupun dgn sebutan kalimat-kalimat negatif lainnya. Setiap dilahirkan dari setiap wanita yaitu ibu kita, dialah satu-satunya wanita yg rela mengorbankan hidupnya untuk kita dan perhiasan terbaik dunia adalah istri sholehah, tentu wanita juga bukan...?? (DJSN)

8.      Setiap perpisahan yg menyesakkan akan selalu diikuti dgn rindu yg syahdu, untuk itu aku tidak pernah menyesali akan setiap pertemuan. (DJSN)

9.      PUTUS CINTA pada hakikatnya mengajak kita mengalihkan hubungan dari percintaan yang egois dan mistis ini menjadi hubungan persaudaraan yang manis dan realistis. (DJSN)

10.    Konskwensi mayoritas dari idealisme akan selalu membawa ke alam kesendirian, namun orang-orang hebat dan terdepan pada setiap masanya mayoritas berasal dari kaum idealis sejati. (DJSN)

11.    Jadikan proses pencapaian sukses besarmu kelak dengan rangkaian-rangkaian sukses-sukses kecil yang telah anda bangun saat ini. (DJSN)

12.    Pertemuan yang dilanjulkan dengan perkenalan perkenalan, persahabatan, dan persaudaraan akan selalu menghasilkan yang terikat dalam tali silaturahmi. (DJSN)

13.    Butuh NASIONALISME oleh seluruh elemen bangsa dalam MEMPERJUANGKAN KEMERDEKAAN, selanjutnya NASIONALISME tetap dibutuhkan untuk MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN yang telah diraihnya itu. (DJSN)

14.    Terbukalah kepada semua, maka tabir dunia akan menyingkap rahasia-rahasia besar untuk Anda. (DJSN)

15.    Putus asa dan putus usaha akan mengakhiri setiap perjuangan, dan ini adalah salah satu paket istimewa dari syetan. (DJSN)

16.    Fokus pada tindakan selalu akan menghasilkan, sedang terlalu fokus pada resiko bisa menggagalkan rencana."Beranilah untuk bertindak dan belajar banyak. RESIKO itu akan selalu melahirkan PELAJARAN-PELAJARAN BARU, dan ia hanya ada di tengah-tengah TINDAKAN. (DJSN)

17.    Tetap RAMAH meskipun lagi MARAH untuk membuktikan bahwa kita tak terlalu lemah. (DJSN)

18.    Dengan membaca Al-qur'an serta berusaha memahami artinya insya Allaah dalam waktu instan mampu menetralisir segala warna kesedihan, kekecewaan, penyesalan, kecemasan, dan kekhawatiran menjadi satu warna KEDAMAIAN. (DJSN)

19.    Tidak ada presepsi yang sama persis bagi setiap manusia dalam menyikapi segalanya kecuali dibumbui dengan rasa saling menghargai dan menghormati di antara mereka. (DJSN)

20.    Hidup ini sangat indah untuk dijalani dengan penuh kesadaran, jadi sayang kalau setiap momennya kita biarkan begitu saja tanpa pelajaran dan pengalaman. Life is the best ways for anyone to do anything. (DJSN)

21.    Tingkat wawasan ilmu pengetahuan dan karakter seseorang tidak mutlak dipengaruhi oleh status tingkat pendidikannya, tapi mutlak karena efektifitas BELAJAR-nya. Lalu jadilah “Sarjana-Sarjana Sejati”, Profesor-Profesor Ahli” produk dari "Universitas Alam Semesta" ini. (DJSN)

22.    Saat ini aku kembali sangat rindu kepada ketiadaan, kehampaan, tanpa rasa, tanpa karsa, tanpa cita dan tanpa cinta, kembali larut dalam kuasa Sang Sumber Kehidupan, seperti dulu ketika aku belum dilahirkan. (DJSN)

23.    Hampir setiap kerusakan manusia berakar dari ketidakpuasan akan segala keadaan hidupnya. (DJSN)

24.    Yang paling kubenci adalah kebodohan-kebodohanku dan yang paling kusuka adalah keberuntungan-keberuntunganku. (DJSN)

25.    Bayang-bayang akan selalu berlawanan dengan arah datangnya cahaya. Dekatilah cahaya itu, semakin dekat engkau dengan sumber cahaya, semakin berkurang bayanganmu, jika engkau berhasil berada tepat di bawah sumber cahaya itu, bayanganmu pasti sirna.

26.    Semakin dekat ketaqwaan kita kepada allaah swt, semakin jauh kita meninggalkan kegelisahan. (DJSN)

27.    Segala tindakan diri yang tidak mau diketahui oleh orang yang baik menjadi pertanda bahwa tindakan itu berkemungkinan besar tidak baik. (DJSN)

28.    Bingung dan sesak sesaat itu BIASA sebagai pertanda bahwa otak dan hati kita masih BEKERJA. (DJSN)

29.    Aku sangat menghargai semua pendapat teman yang menyertakan alasan, dan aku akan lebih menghormati pendapat sahabat yang bernuansa nasehat. (DJSN)

30.    Saat ini mungkin kita bukan siapa-siapa, justru inilah alasan tepat untuk menciptakan identitas diri dengan segera. (DJSN)

31.    Tetap TENANG ketika problem datang dan tetap SENANG walau hati terguncang, pada mulanya ini adalah PAKSAAN, selanjutnya menjadi KEBIASAAN. (DJSN)

32.    Selalu bersyukur atas segala hasil dan usaha bukan hanya menjadi auto sugesti dan pemancar aura positif pribadi kita, ia juga menjadi salah satu sebab "bonus dan surprise Allaah" yang tiada pernah kita sangka akan menghampiri kita. (DJSN)

33.    Batas dari kesabaran adalah KETEGASAN. (DJSN)

34.    JADIKAN HIDUP SELALU BERNILAI IBADAH. Pada setiap kejadian yang menimpa serta terjadi dalam setiap kehidupan kita, terkadang kita sulit bahkan gagal dalam membedakan “maksud Tuhan”; antara pujian dan teguran, antara cobaan dan peringatan, antara hadiah dan hukuman, namun yang pasti, semua itu adalah "ajakan sekaligus panggilan Tuhan" untuk kita semua agar senantiasa memperbaiki kualitas hidup kita yang senantiasa berorientasi kepada pemikiran-pemikiran, perasaan-perasaan, dan tindakan-tindakan penuh kebaikan serta kemanfaatan yang semakin dekat dengan kehendak-Nya. (DJSN)

35.    Waktu ini sungguh terlalu singkat untuk memahami setiap ilmu dan hikmah di dalamnya, namun belum terlambat untuk mulai mempelajarinya. (DJSN)

36.    Adanya kesalahan-kesalahan diri yang sudah terjadi dan tidak bisa dihindari sering menjadi motivasi untuk melakukan kebaikan-kebaikan diri di lain sisi. (DJSN)

37.    Kesombongan seseorang sama sekali tidak dapat mempengaruhi kehidupan seseorang yang terbiasa rendah hati. Justru di hadapan mereka, kesombongan ini adalah indikasi rendah dan lemahnya diri dengan semua yang ada pada dirinya. (DJSN)

38.    Untuk sekedar ingin tahu saja, maka belajar dan latihannya cukup satu kali. Tapi jika berambisi paham hingga menjadi profesional dan ahli, maka belajar dan latihannya perlu berkali-kali. (DJSN)

39.    Setiap orang yang dapat bertindak berdasarkan priotas serta kualitas bukan hanya karena rutinitas maupun formalitas semata adalah CERDAS. (DJSN)

40.    Semakin tinggi VISI semakin kuat MOTIVASI. (DJSN)

41.    Rasa senang yang masuk di akal itu namanya SUKA dan rasa senang yang masuk ke hati itu namanya CINTA. (DJSN)

42.    Berhati-hatilah dalam membenci dan mencintai seseorang, benci bisa berubah cinta, cinta pun bisa berubah benci, karena untuk keduanya kita menggunakan SATU HATI YANG SAMA. (DJSN)

43.    Ide itu hadiah Tuhan melalui otak kita, feeling itu hadiah Tuhan melalui hati kita, gerak reflek itu hadiah Tuhan melalui indera kita. (DJSN)

44.    Kebanggaan atas segala kelebihan tanpa melibatkan nama Tuhan adalah kesombongan. (DJSN)

45.    Kemuliaan kaum Adam ada pada pikiran dan tanggung jawabnya, sedang kemuliaan kaum Hawa ada pada perasaan dan kelembutan kasih sayangnya. (DJSN)

46.    Untuk yakin perlu alasan, alasan akan selalu sebanding dengan keyakinan. (DJSN)

47.    Ciptakan alasan-alasan di setiap area iman dan logismu, hingga TIADA LAGI ALASAN UNTUK GAGAL, gagal menjadi manusia seutuhnya, gagal menjalani hidup yang berkualitas baik. (DJSN)

48.    Konsentrasi serta fokus dalam setiap tindakan itu menghemat waktu. (DJSN)

49.    Seringkali kesedihan-kesedihan itu menjadi sinyal akan adanya kesalahan-kesalahan. (DJSN)

50.    Di dalam jiwa yang sehat terdapat iman yang kuat. (DJSN)

0 Response to "Kumpulan Kata-Kata Motivasi, Nasehat Bijak dan Hikmah Bagian 1"

Post a Comment