Panduan Penggunaan Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA, dan SMK.

Sahabat Operator Dapodik yang berbahagia... Mulai pada semester 2 (genap) Tahun Pelajaran 2017/2018 ini, aplikasi DHGTK (Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan) mulai dapat digunakan dengan menggunakan User ID Kepala Sekolah dan User ID Operator Sekolah. Sehubungan dengan adanya aplikasi DHGTK ini, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah merilis panduan Panduan Penggunaan Aplikasi Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) Untuk Tingkat Sekolah PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA, dan SMK.

Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan merupakan aplikasi pencatatan kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri dan sekolah swasta seluruh Indonesia. Proses pencatatan data kehadiran dilakukan oleh sekolah yang terhubung dengan internet secara langsung. Proses pencatatan kehadiran untuk versi awal dapat dilakukan secara harian dan bisa juga dilakukan mingguan atau bulanan.  


Untuk dapat mencatatkan kekadiran guru kedalam sistem, ada dua user yang dapat digunakan sebagai akses kedalam sistem :

1. Login dengan User Id kepala sekolah
2. Login dengan User Id operator dapodik

Kedua userid tersebut terupdate datanya secara langsung dari data Dapodik (baik Dapodikdasmen maupun Dapodikpaud.)

Perubahan userid dan password dilakukan melalui aplikasi dapodik disekolah masing-masing. Perubahan userid dan password yang dilakukan di aplikasi dapodik akan terakomodir di Sistem Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan setelah dilakukan syncron. Data pengguna akan terupdate di sistem DHGTK setelah 2 (dua) hari berhasil syncron.

Adapun dalam Panduan Penggunaan DHGTK Versi ver.1.1 di tahun 2018 ini terdiri dari beberapa petunjuk penggunaan penting dalam aplikasi DHGTK yakni:

BAB 1 :  INFORMASI UMUM

1.1  Penjelasan Aplikasi
1.2  Peran dan Tanggung Jawab
1.3  Spesifikasi Minimum Browser

BAB 2 :  PANDUAN PENGGUNAAN

2.1  LOGIN KEPALA SEKOLAH
2.1.1 Alamat DHGTK
2.1.2 Login Kepala Sekolah
2.1.3 Mengisi/membuat Kalender Sekolah
2.1.4 Mengisi kehadiran
2.1.5 Mencetak SPJTM

2.2  LOGIN OPERATOR/PETUGAS ABSEN SEKOLAH
2.2.1 Alamat DHGTK
2.2.2 Login Operator
2.2.3 Mengisi/Membuat Kalender Sekolah
2.2.4 Mengisi Kehadiran
2.2.5 Mencetak/Mengisi Surat Izin

2.3 LOGIN GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (TENDIK)

Silahkan download/unduh Panduan Penggunaan Aplikasi DHGTK Versi ver.1.1 untuk semester 2 (genap) tahun pelajaran 2017/2018 dengan klik pada tautan yang tersedia pada tampilan di bawah ini:


Demikian share informasi tentang Panduan Pengunaan Aplikasi DHGTK (Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan) untuk Tingkat PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA, dan SMK yang saya bagikan dari laman resmi DHGTK http://223.27.144.195:2017. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

0 Response to "Panduan Penggunaan Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA, dan SMK."

Post a Comment