Download Buku Siswa Kurikulum 2013 IPS SMP/MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Pada semester 2 (genap) di tahun pelajaran 2017/2018 ini, saya akan share links download / unduh gratis Buku Kurikulum 2013 mata pelajaran IPS untuk Guru SMP/MTs Kelas VII revisi 2017 lengkap. Sebagaimana disampaikan dalam kata pengantar dalam buku tersebut bahwasannya Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi peserta didik secara utuh, tidak hanya aspek pengetahuannya tetapi juga sikap dan keterampilannya. Diharapkan tidak hanya memiliki wawasan ilmu pengetahuan yang luas melalui berbagai proses saintifik dalam pembelajarannya tetapi juga memiliki sikap spriritual dan sosial yang baik. Disamping itu, mereka mampu menyajikan atau mengkomunikasikan berbagai gagasan yang diperoleh selama dalam kegiatan pembelajaran.


Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai salah satu matapelajaran dalam kurikulum 2013 juga berorientasi pada kompetensi yang utuh tersebut. Pelajaran IPS merupakan integrasi dari empat mata pelajaran yaitu geografi, ekonomi, sosiologi dan sejarah. Keempat mata pelajaran tersebut dIPSdukan oleh konsep ruang dan interaksi antar ruang serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.

Dalam pembahasannya, peserta didik dikenalkan dengan konsep ruang yang diwujudkan dalam materi tentang letak Indonesia, potensi sumberdaya alam, kemaritiman, kependudukan, kondisi alam, flora dan fauna Indonesia. Kondisi dan potensi yang berbeda antar ruang kemudian mengakibatkan adanya interaksi antar ruang di Indonesia. Interaksi antar ruang kemudian mempengaruhi kehidupan ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.

Pengenalan dan pemahaman terhadap ruang dalam bentuk kondisi dan potensi sumberdaya Indonesia diharapkan mampu memperkuat rasa percaya diri, kecintaan dan kebanggaan siswa atas keunggulan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sehingga tumbuh kesadaran untuk mengelola, memanfaatkan dan melestarikan modal-modal tersebut secara bertanggung jawab demi kemakmuran dan kemajuan bersama.

Buku ini disusun untuk mendukung implementasi kurikulum 2013 yang mengedepankan aktivitas belajar peserta didik. Karena itu, buku ini dilengkapi dengan aktivitas individu dan kelompok sebagai panduan bagi peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Guru dapat memodifikasi dan
mengembangkan aktivitas tersebut sesuai dengan kondisi dan kebutuhan lokal daerahnya masing-masing. Intinya, peserta didik diberi ruang untuk melakukan eksplorasi permasalahan dan alternatif pemecahannya sesuai dengan kemampuannya melalui langkah-langkah ilmiah.

Adapun untuk mengunduh / download selengkapnya Buku Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 untuk Guru SMP/MTs Kelas 7 (Tujuh) untuk semester 1 dan semester 2 selengkapnya silahkan klik pada link  berikut : Download/Unduh Buku Guru SMP/MTs Kelas VII IPS Edisi Revisi Tahun 2017.

Demikian buku kurikulum 2013 edisi revisi 2017 mata pelajaran IPS untuk Guru SMP/MTs Kelas VII edisi revisi tahun 2017 ini saya bagikan. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

0 Response to "Download Buku Siswa Kurikulum 2013 IPS SMP/MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017"

Post a Comment