Panduan Pengisian Absensi Guru di SIM Kehadiran Guru Tahun Pelajaran 2017/2018

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Panduan cara mudah mengisi absensi / data kehadiran guru di SIM Data Kehadiran Guru ini saya sajikan khusus bagi sahabat Operator Dapodik di manapun Anda berada. Tugas baru Rekan-rekan Operator Sekolah di semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 ini adalah untuk mengisi data kehadiran guru / absensi guru secara online yang terdiri dari beberapa keterangan kehadiran diantaranya: Hadir, Bolos, Kosong, Izin/Cuti, Tugas Luar, Sakit, Libur, Minggu.

Adapun data guru yang terakomodir di SIM Kehadiran Guru adalah data guru yang berasal dari hasil sinkronisasi aplikasi Dapodik dari sekolah masing-masing. Berikut panduan cara mudah untuk mengisi data kehadiran guru atau absensi guru dari aplikasi Dapodik tersebut, selengkapnya di bawah ini:

1.   Silahkan kunjungi links SIM Data Kehadiran Guru.

2.   Login menggunakan Username dan Password yang Anda gunakan di aplikasi Dapodik, lalu ketik kode chapta yang tampil dengan benar selanjutnya klik tombol "Login".

3.   Setelah tampil halaman utama SIM Kehadiran Guru di tahun pelajaran 2017/2018 semester 1 (ganjil) ini, silahkan klik pada menu “Kehadiran”.

4.   Sesuaikan bulan berjalan yang akan Anda input daftar hadir ataupun absensi dari masing-masing guru.

5.   Jika ketidakhadiran guru karena ada alasan maka perlu dimasukkan data terkait surat tugas / surat izin / surat keterangan sakit maupun dinas luar. Adapun dalam surat tersebut dimasukkan beberapa isian sebagai berikut: Nomor Surat Izin, Perihal Surat, Tanggal Surat, Ditanda Tangani (isi dengan Nama pejabat yang menandatangani surat), NIP Penanda Tangan (isi dengan NIP pejabat yang menandatangani surat), Jabatan (isi dengan Jabatan pejabat yang menandatangani surat), Jenis Izin, Mulai Tgl, Selesai Tgl, dan Keterangan.

6.   Selanjutnya klik pada tombol “Simpan” atau “OK”.

7.   Jika sudah tersimpan berhasil diproses maka akan tampil keterangan sebagai berikut: “Simpan Daftar Kehadiran. Simpan data dan perbaikan data kehadiran selesai diproses..!!, silahkan refresh untuk memastikan data sudah tersimpan dengan benar”.

8.   Silahkan cek kembali data kehadiran / absensi guru yang sudah tersimpan tersebut. Jika sudah Anda pastikan kebenarannya, silahkan keluar aplikasi dengan klik pada menu “Keluar Aplikasi”.

Demikian panduan cara mengisi daftar hadir guru di SIM Data Kehadiran Guru secara online di tahun pelajaran 2017/2018. Apabila terdapat fitur baru ataupun tips seputar cara mengisi data kehadiran guru ini, insya Allah jika ada kesempatan segera saya update dan informasikan melalui postingan ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Satu Data Berkualitas...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Panduan Pengisian Absensi Guru di SIM Kehadiran Guru Tahun Pelajaran 2017/2018"

Post a Comment