Cara Pengisian Jadwal Pelajaran BK, TIK, dan Agama di Aplikasi Dapodik Versi 2018 Kurikulum 2013

Sahabat Operator Dapodik yang berbahagia... Mulai pada aplikasi Dapodik versi 2018 kita mendapatkan tugas baru dalam rangkaian proses entry data di aplikasi Dapodik yakni mulai pada semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 dengan menu baru di aplikasi Dapodik versi 2018 yakni entry / mengisi jadwal pelajaran di aplikasi Dapodik V.2018 ini tak terkecuali untuk data guru yang mengajar mata pelajaran BK dan TIK.

Berikut langkah-langkah mengisi jadwal pelajaran BK dan TIK tahun pelajaran 2017/2018 di aplikasi Dapodik versi 2018 berdasarkan Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2018, selengkapnya di bawah ini:

1. Pengisian Mata Pelajaran BK dan TIK (Kurikulum 2013)

Ada catatan khusus untuk mata pelajaran BK dan TIK yang mesti operator sekolah perhatikan, yaitu :

- Untuk mata pelajaran Bimbingan Konseling pada semua jenis kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013 yang disimpan pada jenis “jam tambahan”, silakan isikan jjm pada pembelajaran dengan 0 jam.


Gambar. Jjm 0 jam pada mata pelajaran Bimbingan Konseling

- Untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada kurikulum 2013 yang disimpan pada jenis “jam tambahan”, silakan isikan jjm pada pembelajaran sebanyak 0 jam.


Gambar. Jjm 0 jam pada mata pelajaran TIK

Hal ini dikarenakan untuk kedua mata pelajaran tersebut tidak masuk ke dalam menu jadwal, apabila terisi jjm nya maka nantinya masuk ke validasi aplikasi dapodik.

2. Pengisian Mata Pelajaran Agama

Apabila dalam satu rombongan belajar terdapat mata pelajaran Agama lebih dari satu, maka silakan isikan JJM untuk mata pelajaran agama yang mayoritas dalam kelas tersebut sebanyak 2 jam dan untuk mata pelajaran yang minoritas sebanyak 0 jam.

Sebagai contoh misalkan dalam satu rombongan belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah mayoritas bagi peserta didik di kelas tersebut maka

- Isikan jam Pendidikan Agama Islam sebanyak 2 jam
- Isikan jam Pendidikan Agama lain sebanyak 0 jam

Gambar. Mengisi JJM mata pelajaran agama pada pembelajaran
Pengisian 0 jam ini dilakukan agar tidak masuk ke dalam validasi jadwal yang mengharuskan mata pelajaran yang memiliki jam tidak sama dengan 0 terinput ke dalam jadwal. Sehingga isian jadwal yang diinputkan adalah mata pelajaran untuk pendidikan agama mayoritas di kelas tersebut.


Gambar. Mengisi jadwal mata pelajaran agama

0 Response to "Cara Pengisian Jadwal Pelajaran BK, TIK, dan Agama di Aplikasi Dapodik Versi 2018 Kurikulum 2013"

Post a Comment