Aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.1.0 dan Panduan Cara Instalasi dan Registrasi Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018

Sahabat Operator Dapodik PAUD Dikmas yang berbahagia... Pada tgl. 16 Agustus 2017 telah dirilis resmi installer aplikasi PAUD Dikmas Versi 3.1.0 untuk entry data pendidikan jenjang PAUD dan Dikmas pada periode semester 1 (ganjil) tahun pelajaran 2017/2018.

Sebagaimana informasi resmi yang disampaikan melalui laman https://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/ kepada seluruh Bapak/Ibu Operator Dapodik PAUD bahwasannya Pengisian Dapodik PAUD semester 2017/2018 Semester I (Ganjil) dapat dilaksanakan mulai hari ini 16 Agustus 2017 menggunakan aplikasi versi 3.1.0. Instalasi aplikasi versi baru dilakukan setelah melakukan penghapusan/uninstalasi aplikasi versi sebelumnya.

Untuk mencegah terjadinya data ganda karena sinkronisasi dari dua atau lebih laptop/komputer maka mulai tahun ajaran 2017/18 kami membatasi registrasi aplikasi hanya dari satu laptop/komputer saja. Laptop/komputer pertama sebuah lembaga yang diregistrasikan akan dikunci di server. Jika lembaga tersebut ingin berpindah melakukan pendataan dengan laptop/komputer lain maka lembaga tersebut harus menghubungi dinas untuk melakukan reset registrasi.

Langkah-langkah yang perlu diperhatikan setelah registrasi aplikasi Dapodik terbaru adalah:

1.   Luluskan peserta didik
2.   Salin penugasan PTK dari semester lalu
3.   Isi/lanjutkan data periodik peserta didik
4.   Input peserta didik baru
5.   Buat rombel
6.   Isi anggota rombel dan pembelajaran

Bagi kepala sekolah, jenis PTK wajib dipilih “Kepala Sekolah” dan wajib mengisikan tugas tambahan (Jam dapat diisikan 18 atau 24 jam). Kepala sekolah tidak wajib mengajar (diisikan pada pembelajaran di rombongan belajar).

Adapun untuk batas sinkronisasi aplikasi Dapodik PAUD semester Pengisian data dilakukan sampai akhir November 2017.

Sehubungan dengan telah dirilis resmi aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.0.1 ini, berikut saya share links unduhan installer aplikasi Dapodik PAUD V. 3.1.0 semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 sekaligus panduan cara singkat untuk install dan registrasi secara online aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.1.0 selengkapnya sebagai berikut:

1.   Uninstal terlebih dahulu aplikasi PAUD Dikmas Versi 3.0.3 atau Versi 3.0.2 maupun versi sebelumnya.

2.   Dowload installer aplikasi PAUD Dikmas pada tautan berikut ini:
3.   Untuk memperlancar pekerjaan Anda nantinya, jika memungkinkan silahkan update web browser yang akan Anda gunakan untuk jalankan aplikasi Dapo PAUD Dikmas Versi 3.1.0.

4.   Selanjutnya klik 2 x pada file installer aplikasi Dapopaud Versi 3.1.0. yang sudah berhasil Anda download dengan ukuran file sebesar 79.00 MB.

5.   Setelah itu silahkan buka kembali aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.1.0 kemudian pilih menu “Registrasi” dan pastikan koneksi internet Anda stabil untuk melakukan registasi secara online ini.

6.   Isi setiap kolomnya dengan benar mulai dari Nama Anda, No. HP, Email/Username, Password, Kode Registrasi dan seluruh isian lainnya. Jika sudah OK silahkan klik pada tombol “Simpan”.

7.   Tunggu sampai selesai proses registrasi Anda di aplikasi Dapodik PAUD Dikmas Versi 3.1.0 sampai proses keterangan prefill telah berhasil terupdate di aplikasi Dapodik PAUD Dikmas Anda sampai muncul keterangan Selesai 100% sebagaimana gambar di bawah ini, kemudian klik pada tombol “OK”.

8.   Kemudian silahkan buka aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.1.0 dan login menggunakan Username dan Password yang Anda gunakan saat Registrasi berhasil sebelumnya.

9.   Silahkan lanjutkan dengan entry pada setiap menu mulai dari menu Lembaga, Sarpras, PTK, Peserta Didik, Rombongan Belajar dan pada setiap data rincian hingga validasi 0 sehingga dapat kita lakukan sinkronisasi pada beberapa hari ke depan.

Baca di sini : Cara Mengatasi Kepala Sekolah Belum Dipilih di Aplikasi Dapodik PAUD V. 3.1.0

Selamat bekerja Rekan Operator Dapodik PAUD semuanya, semoga kesehatan dan kesuksesan senantiasa menyertai kita semua. Aamiin... Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.1.0 dan Panduan Cara Instalasi dan Registrasi Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018"

Post a Comment