Info / Pengumuman Lomba Gebyar TIK Provinsi Jambi Tahun 2017

Sahabat Edukasi di wilayah provinsi Jambi yang berbahagia... Pelaksanaan Gebyar TIK Provinsi Jambi di tahun 2017 ini berbeda dengan pelaksanaan Gebyar TIK yang telah diadakan pada setiap tahunnya di provinsi Jambi sebelumnya. Di mana, kategori perlombaan pada tahun 2017 ini lebih sedikit dibandingkan dengan sebelumnya. Selain itu, untuk proses seleksi pada tahun ini pun langsung dilakukan oleh Panitia Gebyar TIK di Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, sedangkan pada tahun 2016 sebelumnya diseleksi terlebih dahulu pada tingkat kabupaten/kota. Berikut share info selengkapnya:

Gebyar TIK Jambi Tahun 2017 diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada Sekolah dan Guru SMA dan SMK yang berdedikasi memajukan pendidikan di Provinsi Jambi dengan mengembangkan dan memanfaatkan TIK untuk pendidikan.

Keberhasilan penyelenggaraan Gebyar TIK Jambi Tahun 2017 ini merupakan tanggung jawab dari semua unsur yang berperan termasuk Peserta yang mengikuti kegiatan ini, materi kegiatan, serta berbagai program/kegiatan dan informasi yang berkenaan dengan Gebyar TIK Jambi Tahun 2017. Panduan Gebyar TIK Jambi Tahun 2017 memuat berbagai hal yang berkaitan dengan Petunjuk Kegiatan, dilengkapi jadwal acara dan Petunjuk Tekhnis Kegiatan. Pedoman ini diharapkan dapat digunakan bagi semua pihak sehingga dapat berkontribusi secara maksimal sesuai dengan peran masing-masing. Kami sangat menghargai dan menyampaikan penghargaan yang tinggi atas kerjasama dan peran serta aktif dari berbagai pihak dalam penyelenggaraan Gebyar TIK Jambi tahun 2017 ini untuk mendukung terwujudnya tujuan dan hasil yang diharapkan.


PETUNJUK PELAKSANA GEBYAR TIK 2017

Seiring dengan terjangkaunya layanan dan perangkat teknologi internet sekarang sangatlah memasyarakat. Berbagai kalangan sudah tidak awam lagi dengan produk internet seperti website, blog, e-learning, chat, file-sharing dan lainnya. Ada banyak kemudahan dan keutamaan mengapa banyak pihak memanfaatkan internet sebagai layanan, tak terkecuali bidang pendidikan. Persepsi internet yang identik dengan akses kapan saja dan dimana saja pun hampir selaras dengan motto pendidikan, belajar tanpa mengenal waktu dan tempat. Atas dasar pemanfaatan teknologi TIK tersebutlah diadakan Gebyar TIK, kegiatan tahunan ini merupakan rangkaian dari beberapa lomba (Kuis Kihajar, Film Pendek Pendidikan, Media Mobile Edukasi (M-Edukasi), Media Video Pembelajaran, dan Media Pembelajaran Interaktif (MPI)).

MAKSUD DAN TUJUAN :

Maksud : Gebyar TIK diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada Sekolah dan Guru SMA/MA/SMK yang berdedikasi memajukan pendidikan di Provinsi Jambi dengan mengembangkan dan memanfaatkan TIK untuk pendidikan.

Tujuan :

•    Mengaplikasikan Teknologi TIK dalam bidang Pendidikan
•    Wadah kreatifitas dan unjuk potensi TIK Guru/Sekolah se-Provinsi Jambi
•    Mendorong dan meningkatkan pengembangan dan pemanfaatan TIK di Sekolah
•    Menumbuhkan kesadaran pendayagunaan teknologi yang tepat-guna

SASARAN/PESERTA LOMBA :

Sasaran dari kegiatan ini adalah sekolah, guru dan siswa SMA/SMK serta Bupati/Wakikota se-Provinsi Jambi.

KATEGORI LOMBA :

1.  Lomba Pembuatan Media Mobile Edukasi (M-Edukasi), diikuti oleh Guru SMA/SMK se-Provinsi Jambi.
2.  Lomba Media Video Pembelajaran, diikuti oleh Guru SMA/SMK se-Provinsi Jambi.
3.  Lomba Media Pembelajaran Interkatif (MPI), diikuti oleh Guru SMA/SMK se-Provinsi Jambi.
4.  Lomba Media Presentasi, diikuti oleh Guru SMA/SMK se-Provinsi Jambi.
5.  Lomba Film Pendek Pendidikan, diikuti oleh Siswa dan Guru SMA/SMK se-Provinsi Jambi.
6.  Kuis Kihajar, diikuti oleh Siswa SD, SMP dan SMA se-Provinsi Jambi.

MEKANISME PELAKSANAAN :

Mekanisme pelaksanaan lomba meliputi tiga tahapan yaitu :

1.   Tahap 1 : Pendaftaran Dilakukan secara online dengan melengkapi ketentuan dan persyaratan yang berlaku sebagaimana dijelaskan dalam halaman Juknis Perlombaan.
2.   Tahap 2 : Penyisihan Babak Penyisihan dilakukan di tingkat Provinsi, peserta akan di seleksi sebanyak 11 orang untuk setiap kategori lomba. Untuk peserta Kuis Kihajar sebanyak 1 Peserta Terbaik Kuis Kihajar masing-masing tingkatan sekolah untuk diutus mengikuti Babak Final pada puncak acara Gebyar TIK / Kihajar Award tahun 2017.
3.   Tahap 3 : Final Peserta yang telah terseleksi akan diundang untuk mengikuti babak final dalam puncak acara Gebyar TIK Jambi 2017 dan setiap peserta diminta untuk mempresentasikan hasil karyanya. Tim Juri akan menentukan Juara dari semua lomba.

KETENTUAN DAN PERSYARATAN

Ketentuan Pendaftaran :

1.   Mendaftar secara online melalui website : http://gebyartik.disdik.jambiprov.go.id/
2.   Mengupload Media/materi yang akan dilombakan khusus untuk peserta Lomba Media Pembelajaran Interaktif (MPI), Mobile Edukasi (M-Edukasi), Media Presentasi. Untuk peserta Lomba Video Pembelajaran dan Film Pendek Pendidikan wajib mengirimkan file media dalam bentuk Softcopy dan di burn dalam DVD kirmkan ke alamat kantor BTIKP DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAMBI : Jl. Jendral Ahmad Yani No. 06 Telanaipura Jambi Telp./ Faks (0741) 63197

Ketentuan Peserta :

1.   Tercatat aktif sebagai sekolah atau guru dari sekolah bersangkutan pada tahun diselenggarakannya lomba ini.
2.   Peserta hanya diperbolehkan mengikuti satu mata lomba.
3.   Peserta yang pernah menjadi Juara 1 pada pelaksanaan Gebyar TIK Jambi tahun sebelumnya tidak boleh mengikuti cabang lomba yang sama (dibolehkan mengikuti cabang lomba lainnya).

ASPEK PENILAIAN :

1.   Deskripsi Hasil Karya/RPP (20%)• Isi/materi (15%)• Metode Penulisan (5%)
2.   Presentasi (10%)
3.   Hasil Karya (70%)

HADIAH DAN PENGHARGAAN :

Pemenang akan diberikan piagam dan/atau sertifikat serta uang pembinaan.***
Daftar hadiah lomba Gebyar TIK 2017 untuk semua lomba dan jenjang :****
Juara
Lomba Media
Lomba Film Pendek Guru
Lomba Film Pendek Siswa
Lomba Kuis Kihajar
Juara I
Rp. 3.000.000,-
Rp. 4.000.000,-
Rp. 3.000.000,-
Rp. 2.000.000,-
Juara II
Rp. 2.000.000,-
Rp. 3.000.000,-
Rp. 2.000.000,-
Rp. 1.500.000,-
Juara III
Rp. 1.500.000,-
Rp. 2.000.000,-
Rp. 1.500.000,-
Rp. 1.000.000,-
** Pajak ditanggung pemenang
**** Penentuan pemenang Lomba Media Mobile Edukasi (M-Edukasi), Media Video Pembelajaran, Media MPI dan Media Presentasi, dan Film pendek pendidikan.

LOMBA MEDIA PEMBELAJARAN

Ketentuan Lomba :

1.      Peserta adalah Guru SMA, SMK sederajat se-Provinsi Jambi.
2.      Lomba Media Pembelajaran dibagi dalam 4(empat) kategori, yaitu Media Pembelajaran Interaktif (MPI), Media Pembelajaran Berbasis Persentasi, Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Edukasi (M-Edukasi).
3.      Media Pembelajaran Interaktif (MPI) berisi sajian materi pembelajaran dalam format swf dan format sajian : Instruksional. Peserta wajib menyertakan Naskah Media dan Source Code Program. Didalam aplikasi, diwajibkan mencantumkan opening dan closing dengan standar yang telah ditentukan panitia (didiwnlod di website lomba).
4.      Media Pembelajaran Presentasi berisi sajian materi pembelajaran dalam format PPT,berukuran file max 200 mb, format sajian : Belajar Mandiri dan Alat Bantu Mengajar. Peserta wajib menyerahkan file Rancangan PelaksanaanPembelajaran(RPP) bila program tersebut dimanfaatkan dikelas.
5.      Media Pembelajaran Berbasis Video berisi sajian materi pembelajaran dalam format Videodengan durasi sajian maks 15 menit. format sajian : Belajar Mandiri dan Alat Bantu Mengajar. Peserta wajib menyerahkan file Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) bila program tersebut dimanfaatkan dikelas.
6.      Media Pembelajaran Berbasis Mobile Edukasi berisi sajian materi pembelajaran dalam format Mobile Disajikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kecuali mata pelajaran bahasa asing/daerah/muatan lokal. Peserta wajib menyertakan Naskah Media dan SourceCode program. Didalam aplikasi, diwajibkan mencantumkan opening dan closing dengan standar yang telah ditentukan panitia (didiwnlod di website lomba).
7.      Peserta mendaftar online.
8.      Waktu Pendaftaran dan upload Media/Materi dari tanggal 1 Juni s.d. 12 Agustus 201
9.      Media Pembelajaran yang dilombakan adalah Karya yang dibuat secara pribadi oleh Guru, belum pernah dilombakan dan merupakan karya orisinil.
10.    Media Pembelajaran akan dinilai oleh Tim Provinsi pada tanggal 13 – 20 Agustus 2017.
11.    Peserta yang dinyatakan lulus dalam seleksi akan diumumkan pada tanggal 21 Agustus 2017 dan mengikuti babak final pada tanggal 28 – 31 Agustus 2017.
12.    Biaya Transportasi, Akomodasi dan Konsumsi peserta yang mengikuti Babak Final ditanggung oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.
13.    Dalam Babak Final, peserta diwajibkan membawa deskripsi hasil karya panduan/manual yang merangkum konsep dan penjelasan dari karya dan mempresentasikan dihadapan Dewan Juri.
14.    Peserta yang secara nyata dan dapat dibuktikan oleh Dewan Juri menampilkan karya yang tidak orisinil dan tidak dibuata secara langsung atau pribadi oleh peserta otomatis langsung digugurkan oleh Dewan Juri.
15.    Aspek Penilaian : Originalitas, Kreatifitas Ide, Pembelajaran.

Subtansi Materi, meliputi : kesesuaian dengan kurikulum, kebenaran isi, dan keutuhan materi. Desain Pembelajaran, meliputi kesesuaian antara tujuan pembelajaran dengan kandungan presentasi, kesesuaian dengan karakteristik peserta belajar

Teknis

Media Pembelajaran Interaktif (MPI) dan Mobile Edukasi (m-edukasi) meliputi : Kesesuaian prinsip gerak, Keunikan, Pose dan Inbethween, Waktu, Kehalusan gerak, Gerak Sekunder, Gerak Penutup, kompleksitas fungsi dan fitur, tanpa kesalahan program/bebas bug. Presentasi dan Video Pembelajaran meliputi : Kejelasan Pesan, Kualitas dan Kesesuaian pemilihan media pendukung

Penyajian

Komunikasi Visual meliputi visualisasi ide (krativitas),pusat perhatian, keseimbangan, kontras, proporsi, harmoni. Kemudahan pengoperasian, keunikan dan keselarasan penyajian materi, kelengkapan komponen menu. Tata letak/Layout meliputi : Komposisi dan Keserasian warna, keunikan penyajian dan kelancaran tampilan media dan kemenarikan tampilan secara menyeluruh Tipografi meliputi : Ukuran dan Keterbacaan

FILM PENDEK PENDIDIKAN

Kategori Guru :

Peserta adalah Guru SD-SMA sederajat se-Provinsi Jambi.

a.   Film peserta kompetisi harus film pendek pendidikan dengan tema “Insan Indonesia Hebat dan Berbudi Luhur”.
b.   Durasi film 5-10 menit.
c.   Karya film pendek merupakan produksi tahun 2017 dan belum mengikuti perlombaan apapundan belum/tidak terikat kontrak perjanjian dengan pihak lain.
d.   Materi film tidak melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI),pelanggaran dan gugatan atas HAKI terhadap karya yang disertakan, di luar tanggung jawab Panitia, Kurator, dan Juri.
e.   HAKI pada karya yang disetor tetap dimiliki oleh Peserta.
f.    Panitia berhak menggunakan semua karya peserta sebagai arsip serta menayangkannya kepada publik untuk keperluan Pendidikan di Jambi.
g.   Format materi karya yang disetor berupa DVD, dengan format AVI/MPEG/MOV/MKV/MP4 PAL resolusi minimal 720 x 576px dan dalam kualitas baik.
h.   File synopsis karya (DOC/PDF)
i.    File data teknis lainnya bila ada (behind the scene, foto, tim produksi, catatan proses kreatif)
j.    Menyertakan file Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bila program tersebut dimanfaatkan di kelas.

Kategori Pelajar :

a.   Peserta adalah Pelajar SMA/SMK sederajat se-Jambi (dibuktikan dengan salinan kartu pelajar atau surat keterangan lainnya).
b.   Film peserta kompetensi harus film pendek pendidikan dengan tema “Insan Indonesia Hebat dan Berbudi Luhur”.
c.   Durasi film 15-28 menit.
d.   Karya film dokumenter merupakan produksi tahun 2017 dan belum mengikuti perlombaan apapundan belum/tidak terikat kontrak perjanjian dengan pihak lain.
e.   Materi film tidak melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Pelanggaran dan gugatan atas HAKI terhadap karya yang disertakan, di luar tanggung jawab Panitia, Kurator, dan Juri.
f.    HAKI pada karya yang disetor tetap dimiliki oleh Peserta.
g.   Panitia berhak menggunakan semua karya peserta sebagai arsip serta menayangkannya kepada publik untuk keperluan Pendidikan di Jambi.
h.   Format materi karya yang disetor berupa DVD, dengan format AVI/MPEG/MOV/MKV/MP4 PAL resolusi minimal 720 x 576px dan dalam kualitas baik.
i.    File synopsis karya (DOC/PDF)
j.    File data teknis lainnya bila ada (behind the scene, foto, tim produksi, catatan proses kreatif).

JADWAL LOMBA :

1.  Pendaftaran : 1 Juni – 12 Agustus 2017
2.  Upload Media/Materi : 1 Juni – 12 Agustus 2017
3.  Penilaian Media : 13 – 20 Agustus 2017
4.  Pengumuman 11 Finalis : 21 Agustus 2017
5.  Final : 28 – 31 Agustus 2017

KONTAK PERSON :

•    Zainul Haviz (08127412601)
•    Hely Kurniawan (082175206467)
•    Aris Setiawan (082231764904)

Info selengkapnya bisa dilihat di link sumber artikel ini pada website Gebyar TIK 2016 http://gebyartik.disdik.jambiprov.go.id. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Info / Pengumuman Lomba Gebyar TIK Provinsi Jambi Tahun 2017"

Post a Comment