Pentingnya Komputer dan Internet Bagi Anak Dikenalkan Sejak Usia Dini

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Masa anak-anak merupakan masa emas di mana mereka akan mudah sekali menerima sesuatu dan akan mengakar kuat di sepanjang hidupnya. Penanaman nilai kehidupan dan karakter yang mereka dapatkan khususnya dari lingkungan keluarga menjadi sangat menentukan di masa-masa depannya.

Sebagaimana kita ketahui bersama, di saat ini kemajuan era teknologi khususnya pada dunia komputer dan internet semakin melaju pesat, hal ini tentu akan menjadi sebuah tantangan baru bagi kita khususnya orang tua yang memiliki anak yang tidak ada pilihan kecuali mereka harus sedini mungkin diarahkan ke hal-hal yang positif lagi baik dalam menggunakan komputer maupun internet.

Beberapa hal yang dapat kita lakukan sebagai orang tua dalam rangka mengenalkan komputer dan internet kepada anak-anak kita sejak dini diantaranya:

1.   Mengenalkan secara umum dan mendasar akan fungsi komputer PC maupun laptop, perbedaan, persamaan, serta beberapa produk hasil dari perangkat teknologi tersebut, misalnya disebutkan buku, surat, atau bahkan uang yang mereka gunakan untuk jajan dalam prosesnya juga menggunakan sistem komputerisasi ini.

2.   Mengenalkan internet sesuai dengan kapasitas dan usianya, jangan semata dibiarkan main game secara berlebihan, sekali-kali eksplorasi bakat anak Anda dengan membuat video rekaman untuk diupload di Youtube salah satunya untuk mengasah kepercayaan diri mereka.

3.   Mengenalkan kepada anak untuk mencari informasi dari laman situs tertentu dengan menggunakan fasilitas mesin pencari dari Google yang didedikasikan untuk anak-anak yakni http://www.kiddle.co.

4.   Mengarahkan kepada anak untuk senantiasa disiplin dalam memanajemen waktu antara jam belajar di sekolah, belajar di rumah, belajar agama, belajar dari buku, belajar dari internet, bermain, istirahat, asupan makanan bergizi dan minuman yang baik baginya agar keseimbangan hidup yang berkualitas dapat dibiasakan sejak dini.

5.   Jangan lupa, setiap mengakses internet usahakan kita selalu dapat mendampingi sang anak sebagai pemandu selancar mereka di dunia maya agar tidak tersesat dalam mendapatkan informasi maupun sajian tulisan, gambar, suara, ataupun video yang tidak pantas dan tidak baik untuk mereka terima.

Semoga dengan pengenalan komputer dan internet bagi anak sejak dini, untuk selanjutnya kita akan dapat dengan mudah mengarahkan mereka di kemudian hari dengan selalu mengedepankan nilai-nilai kebaikan dan kemanfaatan dalam setiap penggunaan komputer dan internet, serta jauh dari penyalahgunaan produk serta fasilitas teknologi yang dapat mempermudah kita bukan malah mempersulit kita dan anak-anak kita kelak. Aamiin... Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Pentingnya Komputer dan Internet Bagi Anak Dikenalkan Sejak Usia Dini"

Post a Comment