Gebyar TIK Provinsi Jambi Tahun 2016 dan Kuis Kihajar 2016 Kembali Digelar Pada Tanggal 5 s.d. 8 September 2016, Ini Jadwal, Ketentuan dan Persyaratan Lengkapnya

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Pada tahun 2016 ini, ajang perlombaan pendidikan dalam upaya peningkatan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di wilayah provinsi Jambi kembali di gelar yakni dalam rangkaian acara Gebyar TIK Jambi 2016 yang mana jadwal pelaksanaan final Gebyar TIK Provinsi Jambi 2016 akan diselenggarakan pada tanggal 5 s.d. 8 September 2016.

Untuk diketahui bahwasannya untuk peserta Gebyar TIK di provinsi Jambi merupakan hasil pemenang terbaik yang telah diseleksi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. 

Dan di wilayah provinsi Jambi saat ini terdiri dari 11 Kabupaten/Kota dengan rincian 9 Kabupaten dan 2 Kota Madya yang dapat mengikuti Gebyar TIK Provinsi Jambi 2016 diantaranya adalah sebagai berikut:

1.   Kabupaten Batanghari
2.   Kabupaten Bungo
3.   Kabupaten Kerinci
4.   Kabupaten Merangin
5.   Kabupaten Muaro Jambi
6.   Kabupaten Sarolangun
7.   Kabupaten Tanjung Jabung Barat
8.   Kabupaten Tanjung Jabung Timur
9.   Kabupaten Tebo
10. Kota Jambi
11. Kota Sungai Penuh

Informasi mengenai akan adanya Gebyar TIK provinsi Jambi Tahun 2016 secara resmi telah dirilis pada website Gebyar TIK Dinas Provinsi Jambi sebagai berikut:

Seiring dengan terjangkaunya layanan dan perangkat teknologi internet sekarang sangatlah memasyarakat. Berbagai kalangan sudah tidak awam lagi dengan produk internet seperti website, blog, e-learning, chat, file-sharing dan lainnya.

Ada banyak kemudahan dan keutamaan mengapa banyak pihak memanfaatkan internet sebagai layanan, tak terkecuali bidang pendidikan. Persepsi internet yang identik dengan akses kapan saja dan dimana saja pun hampir selaras dengan motto pendidikan, belajar tanpa mengenal waktu dan tempat. Atas dasar pemanfaatan teknologi TIK tersebutlah diadakan Gebyar TIK, kegiatan tahunan ini merupakan rangkaian dari beberapa lomba (Kuis Kihajar, Film Dokumenter Pendidikan, Fotografi Pendidikan. Website, Blog dan Media Pembelajaran), Pameran, Kampanye Internet Sehat, Talk Show dan Seminar.

MAKSUD DAN TUJUAN :

Maksud :

Gebyar TIK diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada Sekolah dan Guru SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK yang berdedikasi memajukan pendidikan di Provinsi Jambi dengan mengembangkan dan memanfaatkan TIK untuk pendidikan.

Tujuan :

·       Mengaplikasikan Teknologi TIK dalam bidang Pendidikan
·       Wadah kreatifitas dan unjuk potensi TIK Guru/Sekolah se-Provinsi Jambi
·       Mendorong dan meningkatkan pengembangan dan pemanfaatan TIK di Sekolah
·       Menumbuhkan kesadaran pendayagunaan teknologi yang tepat-guna

SASARAN/PESERTA LOMBA :

Sasaran dari kegiatan ini adalah sekolah, guru dan siswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK serta Bupati/Wakikotase-Provinsi Jambi

KATEGORI LOMBA :

1. Lomba Blog Siswa, diikuti oleh siswa SMA, MA dan SMK se-Provinsi Jambi.
2. Lomba Blog Guru, diikuti oleh Guru se-Provinsi Jambi.
3. Lomba Website Sekolah, diikuti oleh Sekolah SD, SMP dan SMA sederajat se-Provinsi Jambi.
4. Lomba Pembuatan Media Pembelajaran, diikuti oleh Guru se-Provinsi Jambi.
5. Kuis Kihajar, diikuti oleh Siswa SD, SMP dan SMA se-Provinsi Jambi.
6. Lomba Film Dokumenter Pendidikan, diikuti oleh Siswa dan Guru se-Provinsi Jambi.
7. e-Learning Award, diikuti oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota se-Provinsi Jambi.

MEKANISME PELAKSANAAN :

Mekanisme pelaksanaan lomba meliputi tiga tahapan yaitu :

Tahap 1  : Pendaftaran

Dilakukan dengan melengkapi ketentuan dan persyaratan yang berlaku sebagaimana dijelaskan dalam halaman Juknis Perlombaan.

Tahap 2  : Penyisihan

Babak Penyisihan dilakukan di tingkat Kabupaten/Kota dan akan menentukan 1 Peserta Terbaik Lomba Blog Guru, 1 Peserta Terbaik Lomba Blog Siswa, 1 Peserta Terbaik Lomba Website Sekolah masing-masing tingkatan sekolah, 1 Peserta Terbaik Lomba Media Pembelajaran masing-masing kategori, 1 Peserta Terbaik Kuis Kihajar masing-masing tingkatan sekolah dan2 peserta terbaik lomba Film Dokumenter kategori guru dan siswa untuk diutus mengikuti Babak Final pada puncak acara Gebyar TIK / Kihajar Award tahun 2016.

Tahap 3  : Final

Peserta Terbaik dari setiap Kabupaten akan diundang untuk mengikuti babak final dalam puncak acara Gebyar TIK Jambi 2016 dan setiap peserta diminta untuk mempresentasikan hasil karyanya.

Tim Juri akan menentukan Juara dari semua lomba.

KETENTUAN DAN PERSYARATAN

Ketentuan Pendaftaran :

1.   Melengkapi formulir yang sudah lengkap dengan tanda tangan Kepala Sekolah. Pendaftaran dilakukan melalui Dinas Kabupaten/Kota
2.   Menyerahkan alamat URL Website atau Blog yang sudah online, atau file/data untuk media pembelajaran.
3.   Menyerahkan Deskripsi hasil Karya untuk Lomba Website dan Blog atau RPP untuk Lomba Media Pembelajaran

Ketentuan Peserta :

1.   Tercatat aktif sebagai sekolah atau guru dari sekolah bersangkutan pada tahun diselenggarakannya lomba ini.
2.   Peserta boleh mengikuti lebih dari satu lomba
3.   Peserta yang pernah menjadi Juara 1 pada pelaksanaan Gebyar TIK Jambi tahun sebelumnya tidak boleh mengikuti cabang lomba yang sama (dibolehkan mengikuti cabang lomba lainnya).

Ketentuan Hasil Karya :

1.   Website Sekolah adalah Website yang dikelola oleh sekolah dan berisi informasi mengenai sekolah serta memiliki layanan penunjang pendidikan (e-learning) di dalamnya.

2.   Blog Siswa atau Blog Guru adalah Blog yang dikelola secara pribadi oleh guru/siswa dan berisi artikel/tulisan seputar dunia pendidikan secara umum, sedangkan Media Pembelajaran adalah pengaplikasian materi/bahan ajar dalam sebuah media pembelajaran berbasis TIK.

3.   Deskripsi Hasil Karya adalah panduan/manual yang merangkum konsep dan penjelasan dari karya (Website dan Blog), sedangkan RPP adalah Rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus. Deskripsi Hasil Karya disertakan pada lomba Website dan Blog, sedangkan RPP disertakan pada lomba Media Pembelajaran

4.   Menampilkan link/tautan ke website  http://disdik.jambiprov.go.id/gebyartik2016

5.   Bebas menggunakan aplikasi perancang dan pendukung

ASPEK PENILAIAN :

1.    Deskripsi Hasil Karya/RPP (20%) : Isi/materi (15%) dan Metode Penulisan (5%)
2.    Presentasi (10%)
3.    Hasil Karya (70%)       

HADIAH DAN PENGHARGAAN :

·       Pemenang akan diberikan piagam dan/atau sertifikat serta uang pembinaan.
·       Daftar hadiah lomba Gebyar TIK 2016 untuk semua lomba dan jenjang. Berikut daftar hadiah bagi para pemenang / juara dalam Gebyar TIK Provinsi Jambi Tahun 2016 ini :
Juara
Lomba Website & Blog Guru
Lomba Media
Lomba Blog/Kuis Siswa
Juara I
Rp. 3.000.000,-
Rp. 4.000.000,-
Rp. 2.500.000,-
Juara II
Rp. 2.500.000,-
Rp. 3.500.000,-
Rp. 2.000.000,-
Juara III
Rp. 2.000.000,-
Rp. 3.000.000,-
Rp. 1.500.000,-
Juara Harapan I
Rp. 1.000.000,-
Rp. 1.500.000,-
Rp.    500.000,-
·       Pajak ditanggung pemenang
·       Penentuan pemenang Lomba Website dan Blog Guru diklasifikasikan tanpa jenjang, sedangkan untuk Lomba Blog Siswa diklasifikasikan dalam tiga kategori ; SMA, MA dan SMK, Lomba Media Pembelajaran, pemenang akan diklasifikasikan dalam dua jenjang yaitu SD/MI-SMP/MTs dan SMA/MA/SMK dan Lomba Sekolah Berbasis TIK diklasifikasikan dalam tiga jejang yaitu SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK.

JADWAL LOMBA :

·       Pendaftaran : 1 - 22 Agustus 2016 : Kab/Kota
·       Penilaian Babak Penyisihan : 22 - 31Agustus 2016 : Kab/Kota
·       Pengumuman Babak Penyisihan : 1 September 2016 : Kab/Kota
·       Babak Final  :   5 - 8 September 2016 : Provinsi

PAMERAN TIK :

Selain kegiatan lomba diatas, dalam Gebyar TIK Jambi Tahun 2016 juga diselenggarakan kegiatan Pameran TIK yang diikuti oleh PUSTEKKOM Kemdikbud RI, BPMTPK Surabaya dan BPMPK Semarang serta pihak lainnya yang berkaitan dengan TIK.

KONTAK PERSON :

Bpk. Thohir (085266206974)
Bpk. Zainul Haviz (08127412601)

Berikut links download gebyar TIK Provinsi Jambi Tahun 2016 selengkapnya:

2.   Download Info Kihajar Tahun 2016

Demikian informasi mengenai pelaksanaan Gebyar TIK Provinsi Jambi Tahun 2016 yang saya share dari laman resmi Gebyar TIK Jambi 2016 di http://disdik.jambiprov.go.id/gebyartik2016/content/juklak. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Gebyar TIK Provinsi Jambi Tahun 2016 dan Kuis Kihajar 2016 Kembali Digelar Pada Tanggal 5 s.d. 8 September 2016, Ini Jadwal, Ketentuan dan Persyaratan Lengkapnya"

Post a Comment