Panduan Cara Download Prefill Aplikasi Dapodik Versi 2016 Tahun Pelajaran 2016/2017 Untuk SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB

Sahabat Operator Dapodikdasmen jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB yang sedang berbahagia...

Sebelum kita dapat menggunakan Aplikasi Dapodik pada versi 2016 untuk input data Dapodik dari setiap satuan pendidikan di mana kita bertugas. 

Kita diharuskan terlebih dahulu mengunduh data prefill terbaru saat ini dan data prefill di tahun ajaran sebelumnya tidak lagi bisa digunakan di aplikasi Dapodik versi 2016 ini dikarenakan struktur berbeda dan data tahun sebelumnya sudah melalui proses pembersihan data (cleansing).

Dalam FAQ Dapodik V.2016 telah dijelaskan tentang apa itu prefill? Prefill adalah data sekolah beserta isinya yang telah “compressed” menjadi prf file. Prefill ini adalah database sekolah hasil pengiriman terakhir Dapodik. Prefill ini dimaksudkan agar data tahun ajaran sebelumnya dapat berlanjut ke data tahun ajaran berjalan. Selain itu agar operator sekolah tidak melakukan input data untuk kedua kalinya.

Data prefill berfungsi untuk registrasi dan berisi data-data sekolah yang telah dimasukkan pada aplikasi sebelumnya. Dalam mendapatkan file prefill terbaru saat ini tetap seperti sebelumnya yakni melalui proses generate data prefill yakni updating data awal prefill dengan hasil sinkronisasi terakhir ke server. Sehingga data prefill menjadi ter-update dengan data kiriman ke server terakhir.

Adapun beberapa ketentuan terkait dengan generate ulang prefill, sebagai berikut :

1.   Generate prefill adalah tahapan untuk mengambil database awal sekolah dari server agar dapat diregistrasikan di aplikasi dapodik secara offline
2.   Generate prefill merupakan database hasil sinkronisasi terakhir sekolah
3.   Masukkan username, password yang lama dan koderegistrasi sesuai di aplikasi dapodik, Jika lupa username / password silakan hubungi admin Dinas untuk direset ulang.
4.   Untuk sekolah baru, hubungi KKDATADIK dinas untuk mengaktivasikan username dan password
5.   Saat registrasi di aplikasi, isikan username dan password sesuai saat unduh prefill
6.   Registrasi awal masuk ke dalam aplikasi dapat dilakukan tanpa harus menggunakan prefill, dengan syarat harus online/ terhubung internet
7.   Dinas kab/kota dapat membantu men-generate prefill Sekolah di wilayahnya masing-masing untuk membantu sekolah-sekolah dengan keterbatasan infrastruktur (internet, SDM, komputer, listrik, dll) dengan menggunakan akun di web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
8.   Jangan registrasi dengan menggunakan prefill kadaluarsa (lama), jika ingin pindah ke komputer lain lakukan siklus "sinkronisasi > generate prefill ulang". (untuk mencegah duplikasi data)
9.   Koderegistrasi, username dan password dapat di-reset oleh Dinas jika diperlukan (terjadi pergantian operator)
10. Seluruh proses diatas tanpa pungutan biaya

Contact helpdesk : dapo.didkasmen@kemdikbud.go.id & info.dikdasmen@kemdikbud.go.id

Lalu bagaimana langkah-langkah untuk generate prefill ini, berikut panduan / cara selengkapnya:

1.   Silahkan kunjungi salah satu links generate prefill berikut : link 1, link 2, link 3, link 4.

2.   Jika sudah terbuka laman generate prefill Dapodikdasmen tersebut, silahkan pada bagian Masukkan Data Anda, pilih jenjang pendidikan SD-SMP-SLB atau SMA-SMK sesuai dengan tingkat/jenjang sekolah Anda.

3.   Kemudian masukkan Username dan Password yang telah Anda gunakan pada aplikasi Dapodik terakhir pada versi sebelumnya.

4.   Lalu masukkan kode registrasi Dapodik sekolah Anda dengan benar. Lalu klik tombol “Generate”.

5.   Tunggu sesaat proses generate prefill tersebut. Jika sudah selesai silahkan klik pada keterangan “Download”.

Sampai di sini Anda sudah berhasil mendapatkan prefill terbaru yang digunakan di aplikasi Dapodik Versi 2016. Selanjutnya pindahkan file prefill tersebut pada folder “prefill_dapodik” yang dibuat pada Local Disc (C).

Setelah itu silahkan instal aplikasi Dapodik V.2016 dengan installer Dapodik V.2016 sampai selesai. Setelah aplikasi terinstall sempurna, silahkan buka aplikasi Dapodik versi 2016-nya tersebut, kemudian lakukan registrasi operator sekolah yang dapat dilakukan secara online maupun offline.

Demikian panduan cara singkat generate prefill aplikasi Dapodik V.2016. Semoga bermanfaat bagi Rekan-rekan Operator Sekolah semuanya... Salam satu data...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Panduan Cara Download Prefill Aplikasi Dapodik Versi 2016 Tahun Pelajaran 2016/2017 Untuk SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB"

Post a Comment