Aplikasi Dapodik V.2016 Untuk Input Data Dapodik SD-SMP-SMA-SMK-SLB Mulai Tahun Pelajaran 2016/2017

Sahabat Operator Dapodik SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB di tahun pelajaran2016/2017 yang sedang berbahagia...

Alhamdulillah... Kepastian akan adanya penyatuan aplikasi Dapodikdas yang sebelumnya digunakan untuk input Dapodik jenjang SD, SMP, dan SLB dengan aplikasi Dapodikmen untuk input Dapodik jenjang pendidikan menengah (SMA dan SMK) mulai pada semester 1 (ganjil) tahun pelajaran 2016/2017 ini positif telah diintegrasikan dalam satu aplikasi Dapodik generasi 5 pada versi V.2016.

Seperti halnya yang telah diinformasikan secara resmi melalui portal Data Pokok Pendidikan secara nasional untuk jenjang pendidikan dasar sekaligus menengah yakni SD, SMP, SMA, SMK dan SLB yang ditujukan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Kepala Sekolah, Operator Dapodikdi Seluruh Nusantara bahwasannya Aplikasi Dapodik 2016 merupakan pengembangan dan penggabungan dari Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB dan Aplikasi Dapodik SMA/SMK.

Sehingga, aplikasi Dapodik 2016 dapat digunakan untuk sekolah jenjang SD, SMP, SLB, SMA dan SMK. Secara teknis Aplikasi Dapodik 2016 juga mendapatkan pengembangan dan perubahan yang cukup banyak, baik dari sisi tampilan, pengembangan prosedur Registrasi maupun penambahan fitur dan atribut-atribut data baru lainnya.

Lalu, apa saja penambahan fitur / fungsi baru dan pembaruan di aplikasi dapodik V.2016 SD, SMP, SMA, SMK dan SLB, selengkapnya silahkan baca pada artikel berikut ini.

Pada Aplikasi Dapodik Versi 2016 database nya telah dilakukan upgrade versi untuk mengakomodir perkembangan kebutuhan. Maka untuk menggunakan Aplikasi Dapodik V.2016 sekolah yang sebelumnya menggunakan Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB versi 4.1.1 dan Aplikasi Dapodik SMA/SMK versi 8.4.0 harus melakukan install ulang menggunakan Installer Dapodik 2016 dan melakukan registrasi ulang kembali.

Sebelum melakukan proses instalasi aplikasi Dapodik V.2016 nantinya, setiap sekolah perlu mempersiapkan sarana input data serta mempersiapkan segala hal yang mengumpulkan data awal dan validasi data kepada pemilik data ( peserta didik, GTK, sarpras, dll) dengan menggunakan format formulir untuk diinput datanya oleh masing-masing operator  sekolah di aplikasi Dapodik V.2016 nantinya. Adapun format formulir tersebut saat ini telah disiapkan Dirjen Dikdasmen yang dapat diunduh langsung pada links berikut.

Dan khususnya bagi rekan-rekan operator sekolah, silahkan pelajari dulu Panduan singkat aplikasi Dapodik V.2016 Pra Rilis untuk tahap pengenalan agar kita lebih siap dalam proses pengerjaan nantinya, download buk panduan singkat aplikasi Dapodik V.2016 pra rilis dapat didownload langsng dengan klik di sini.

Setelah aplikasi Dapodikdas V.2016 dirilis resmi nantinya, maka installer aplikasi Dapodik V.2016 yang kemungkinan juga akan disertakan juga Panduan Manual Aplikasi Dapodik V.2016 nantinya dapat diunduh langsung dari situs resminya pada URL  http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan.

Selamat bertugas bagi seluruh rekan Operator Dapodik jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB se-Nusantara. Semoga sukses selalu... Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Aplikasi Dapodik V.2016 Untuk Input Data Dapodik SD-SMP-SMA-SMK-SLB Mulai Tahun Pelajaran 2016/2017"

Post a Comment