Tips / Cara Memanfaatkan Waktu dan Kesehatan Dalam Hidup

Saudara/iku yang berbahagia...

Dalam perjalanan hidup ini, seringkali kita hanya siap dalam hal yang enak-enak saja ; kemenangan, kesuksesan, prestasi, dan mendapatkan apa yang kita inginkan. Sedangkan ketika mendapatkan cobaan berupa ujian kesakitan, kesedihan, kehilangan, kesiapan itu masih minim.

Padahal idealnya, dalam hidup ini, kita harus siap dalam setiap sisinya, duka kita siap, suka pun kita siap. Untuk itu, kita perlu mempersiapkan diri kita dengan ilmu tentunya, yakni ilmu pemahaman pada mekanisme hidup itu sendiri.

Dalam hidup ini, ada 2 potensi luar biasa yang seringkali disia-siakan, dan tentunya dari dua hal inilah yang seringkali menimbulkan penyesalan dalam hidup, karena telah salah dalam memanfaatkannya. Dua potensi besar itu adalah kesehatan dan kesempatan. Dan dua-duannya jika dikombinasikan ada kesehatan dan ada kesempatan itulah yang disebut waktu luang, di mana ada kesempatan untuk melakukan dengan berbagai tindakan baik yang dapat dilakukan karena kita dalam keadaan yang sehat.

Sebelum melangkah ke pembahasan selanjutnya, mari kita renungkan terlebih dahulu tentang waktu ataupun kesempatan.

Pernahkah kita membaca ataupun mendengar ada kalimat bijak yang mengatakan bahwa waktu itu relatif yang berarti lama atau cepatnya waktu itu sesungguhnya sangat dipengaruhi keadaan. Satu hari kebahagiaan yang berupa kesehatan seringkali disia-siakan dengan bermain-main saja, padahal dengan kesehatan itu jika dimanfaatkan untuk kegiatan belajar misalnya, maka sudah berapa lembar yang sudah dibaca atau sudah berapa ilmu yang dapat kita timba, jika bekerja, sudah berapa karya yang mampu dihasilkan. Sedangkan, 1 menit menunggu saja itu terasa lama, inilah salah satu contoh bahwa waktu itu relatif, bukan pada durasi masanya, akan tetapi relatif dalam rasanya.

Nabi Muhammad SAW telah bersabda : Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang”. (HR. Bukhari no. 6412, dari Ibnu ‘Abbas).

Lalu bagaimana agar kita tidak tertipu, tentu saja dengan memanfaatkan kesehatan untuk melakukan aktivitas ibadah, belajar, bekerja, membantu sesama, dan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dan baik lainnya. Sedangkan memanfaatkan waktu senggang adalah dengan memanfaatkan kesempatan yang ada dengan cerdas, bertindak dengan skala prioritas, mana yang harus didahulukan, serta memanajemen waktu agar tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

Semoga di bulan Puasa Ramadhan 1437 H / 2016 M ini kualitas ibadah kita semakin baik dengan adanya pemanfaatan kesehatan dan kesempatan yang tepat, amin... 

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Tips / Cara Memanfaatkan Waktu dan Kesehatan Dalam Hidup"

Post a Comment